5 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Mandarin yang Berkesan

selamat ulang tahun bahasa mandarin

Ketika teman atau keluargamu sedang berulang tahun, pasti kamu ingin memberikannya sebuah ucapan yang menarik dan berkesan. Nah, ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin bisa jadi pilihanmu, nih.

Bahasa Mandarin memiliki beberapa ucapan selamat ulang tahun yang disesuaikan dengan tingkat kesopanan atau formal dan semi-formal. Biar kamu gak salah kaprah pas ngucapin, ayo simak 5 ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin di bawah ini!

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Mandarin

source: giphy.com

生日快乐  (Shēngrì kuàilè)

生日快乐 (Shēngrì kuàilè) merupakan ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin paling umum. Penutur bahasa Mandarin sering menggunakan ucapan ini untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada teman, rekan kerja, dan lain-lain. Dalam bahasa Indonesia, ucapan ini memiliki arti ‘selamat ulang tahun’.

生日快乐

Shēngrì kuàilè

Selamat ulang tahun

祝您生日快乐 (Zhù nín shēngrì kuàilè)

祝您生日快乐 (Zhù nín shēngrì kuàilè) memiliki arti yang sama dengan ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin 生日快乐 (Shēngrì kuàilè).

Namun, ucapan ini biasanya ditujukan untuk seseorang yang lebih tua atau jabatan lebih tinggi darimu. Ucapan ini juga tergolong sopan dan formal karena menambahkan kata 您 nín.

Selain itu, ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin ini juga dapat diucapkan kepada orang yang baru kamu kenal.

祝您生日快乐

Zhù nín shēngrì kuàilè

Selamat ulang tahun

祝您福如东海,寿比南山 (Zhù nín fú rú dōnghǎi, shòu bǐ nánshān)

祝您福如东海,寿比南山 (Zhù nín fú rú dōnghǎi, shòu bǐ nánshān) merupakan ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin untuk orang tua, kakek, dan nenek. Ucapan ini tergolong puitis karena di dalamnya terdapat kata bijak bahasa Mandarin yang terkenal. 

Jika diterjemahkan secara harfiah ucapan ini artinya ‘saya berharap kamu beruntung di Laut Cina Timur dan umur panjang daripada Nanshan’. Namun, makna dari ucapan ini adalah semoga selalu bahagia dan panjang umur.

祝您福如东海,寿比南山 

Zhù nín fú rú dōnghǎi, shòu bǐ nánshān

Semoga selalu bahagia dan panjang umur

愿您梦想成真 (Yuàn nín mèngxiǎng chéng zhēn)

愿您梦想成真 (Yuàn nín mèngxiǎng chéng zhēn) merupakan ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin yang dapat digunakan untuk berbagai perayaan. Sebab, makna dari ucapan ini adalah ‘semoga mimpimu menjadi kenyataan’.

Ucapan ini sama seperti ‘wish you all the best’ yang juga bisa diucapkan untuk berbagai perayaan di luar ulang tahun.

愿您梦想成真 

Yuàn nín mèngxiǎng chéng zhēn

Semoga mimpimu menjadi kenyataan

祝您身体健康,越活越年轻  (Zhù nín shēntǐ jiànkāng, yuè huó yuè niánqīng)

祝您身体健康,越活越年轻  (Zhù nín shēntǐ jiànkāng, yuè huó yuè niánqīng) merupakan ucapan selamat ulang tahun bahasa Mandarin untuk anggota keluarga. Arti dari ucapan ini adalah ‘semoga sehat selalu dan terus bertambah muda’.

祝您身体健康,越活越年轻

Zhù nín shēntǐ jiànkāng, yuè huó yuè niánqīng

Semoga sehat selalu dan terus bertambah muda

Skill Bahasa Mandarin Tingkatkan Peluang Karier

Kamu juga bisa menambahkan ucapan semangat bahasa Mandarin di dalam ucapan selamat ulang tahunmu itu. Dengan begitu, ucapanmu lebih lengkap dan memberikan kesan yang positif.

Untuk menguasai berbagai ucapan bahasa Mandarin, kamu bisa gabung kursus bahasa Mandarin di Cakap. Di sana, kamu bakal belajar bareng tutor lokal profesional secara online. Eits, meskipun online, kamu masih bisa berinteraksi, lho!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat