Kumpulan Kata Bahasa Mandarin dan Artinya

Kumpulan Kata Bahasa Mandarin dan Artinya
Kumpulan Kata Bahasa Mandarin dan Artinya
Photo by Alexandre Valdivia on Unsplash

Dalam masa belajar bahasa Mandarin, contoh bisa menjadi bahan pembelajaran yang sangat efektif untuk dilakukan. Melalui contoh menulis bahasa Mandarin, kamu tentu akan mudah menyesuaikan diri untuk menulis kalimat bahasa Mandarin secara benar.

Melalui contoh pengucapan bahasa Mandarin, kamu akan dengan mudah dituntun untuk melafalkan bahasa Mandarin sesuai dengan nada-nada yang ada. Jelas saja, contoh-contoh itu akan senantiasa menuntunmu untuk menguasai bahasa Mandarin.

Contoh-contoh bahasa Mandarin di bawah ini mudah dalam mengaplikasikannya. Apakah itu? Mari kita lihat kumpulan kata bahasa Mandarin dan artinya yang harus kamu tahu untuk meningkatkan pemahaman bahasa Mandarinmu.

Kumpulan Kata Bahasa Mandarin dan Artinya

Oh iya, kumpulan kata bahasa Mandarin dan artinya di sini itu bisa mencakup dari beberapa macam kata. Bisa kata-kata biasa, kata mutiara dan juga kata bijak. Untuk itu, kita akan membagi contoh itu menjadi tiga bagian. Cus, kita lihat:

1. Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Mandarin dan Artinya

kata-kata-mandarin

Pada hakikatnya, bahasa kata mutiara merupakan sebuah karya sastra yang mana memiliki fungsi untuk memberikan motivasi-motivasi kepada seseorang, entah itu diri sendiri atau pun orang lain.

Kata mutiara ini dirangkai sedemikian rupa agar dapat menggetarkan hati seseorang itu untuk bersemangat dan bangkit dari keterpurukan.

Bagaimana dengan kata mutiara dalam bahasa Mandarin? Tentu saja kata-kata bahasa Mandarin tersebut juga dapat menyejukkan hati serta memunculkan semangat bagi pendengarnya. Berikut kumpulan kata mutiara dalam bahasa Mandarin:

  • 问渊博的人,懂了还要问; 问浅薄的人,不懂也不问
    Xué wèn yuān bó de rén, dǒng le hái yào wèn; xué wèn qiǎn bó de rén, bù dǒng yě bù wèn
    Orang-orang yang berpengetahuan tinggi adalah mereka yang mengerti dan masih bertanya, orang-orang yang berpengetahuan rendah  adalah mereka yang tidak mengerti dan tidak mau bertanya
  • 一天不练手脚慢,两天不练丢一半,三天不练门外汉,四天不练瞪眼
    Yī tiān bù liàn shǒu jiǎo màn, liǎng tiān bù liàn diū yī bàn, sān tiān bù liàn mén wài hàn, sì tiān bù liàn dèngyǎn kàn
    Satu hari tidak melatih akan menjadi lambat, Dua hari tidak melatih setengah ilmunya hilang. Tiga hari tidak melatih menjadi orang awam, Empat hari tidak melatih hanya melihat saja.

  • 如果你花时间说服不爱你爱你是谁的人,你抓紧时间爱谁爱你的人
    Rúguǒ nǐ huā shíjiān shuōfú bù ài nǐ ài nǐ shì shuí de rén, nǐ zhuājǐn shíjiān ài shuí ài nǐ de rén.
    Jika kamu habiskan waktu yakinkan orang yang tak cintaimu untuk mencintaimu, kamu kehilangan waktu untuk dicintai orang yang mencintaimu.

  • 时候,你不懂得欣赏爱你,全心全意谁的人,直到,直到你失去它。当时,这是没用的,因为后悔也不用心碎一次
    Yǒu shíhou, nǐ bù dǒngde xīnshǎng ài nǐ, quánxīnquányì shuí de rén, zhídào, zhídào nǐ shīqù tā. Dāngshí, zhè shì méi yòng de, yīnwèi hòuhuǐ yě bùyòngxīn suì yīcì.
    Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa patah hati lagi.

  • 生活在继续增长。如果我们停止生长,身体上和精神上,我们都与死者
    Shēnghuó zài jìxù zēngzhǎng. Rúguǒ wǒmen tíngzhǐ shēngzhǎng, shēntǐ shàng hé jīngshén shàng, wǒmen dōu yǔ sǐzhě tóng
    Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati

 

2.Kumpulan Kata Bijak Bahasa Mandarin dan Artinya

kata-mutiara-mandarin

Setelah bicara tentang kata mutiara bahasa Mandarin di atas, maka selanjutnya kita akan membahas tentang kata bijak, tentu dalam hal ini masih dalam bahasa Mandarin. Dengan adanya rangkaian kata-kata bijak ini, seseorang bisa saja bangkit dari kegagalan, menemukan jalan yang selama ini dia cari, ataupun menemukan solusi tepat atas permasalahan-permasalahannya. Intinya, walaupun hanya sekedar kata, namun kata-kata bijak ini dapat memberikan manfaat untuk manusia.

Nah, untuk kata-kata bijak dalam bahasa Mandarin tentunya tidak beda jauh dengan kata-kata bijak pada umunya. Mari kita lihat!

  • 人老心不老, 穷志不穷
    Rén lǎo xīn bùlǎo, rén qióng zhì bù qióng
    Orang yang berusia tua tetapi hatinya harus tetap muda, Orang yang miskin harta tidak boleh miskin semangat.

  • 药苦口利于病,忠言逆耳利于
    Liáng yào kǔ kǒu lì yú bìng, zhōng yán nì’ěr lì yú xíng
    Obat yang Pahit bermanfaat untuk kesehatan, Perkataan yang Setia menyakitkan telinga tetapi bermanfaat untuk kebaikan.

  • 爱一个人面部/面部,他的财富和地位,但心爱的他的善良和他的诚意,因为这一切之中,只是善良和真诚的他的心脏依然存在
    Nǐ ài yīgè rén miànbù/miànbù, tā de cáifù hé dìwèi, dàn xīn’ài de tā de shànliáng hé tā de chéngyì, yīnwèi zhè yīqiè zhī zhōng, zhǐshì shànliáng hé zhēnchéng de tā de xīnzàng yīrán cúnzài.
    Janganlah kamu mencintai seseorang karena paras/wajahnya, hartanya dan jabatannya, tapi cintai karena kebaikan dan ketulusan hatinya karena di antara itu semua, hanya kebaikan dan ketulusan hatinya yang tetap abadi.

  • 远不要低估自己。如果你不满意你的生活,解决了什么问题,并保持步进
    Yǒngyuǎn bùyào dīgū zìjǐ. Rúguǒ nǐ bù mǎnyì nǐ de shēnghuó, jiějuéle shénme wèntí, bìng bǎochí bù jìn.
    Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tidak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah.

  • 当我们感到背叛和失望,祈祷有一天你不会背叛和失望,因为你也感到被背叛的痛苦和失望
    Dāng wǒmen gǎndào bèipàn hé shīwàng, qídǎo yǒu yītiān nǐ bù huì bèipàn hé shīwàng, yīnwèi nǐ yě gǎndào bèi bèipàn de tòngkǔ hé shīwàng.
    Ketika diri kita merasa telah dikhianati dan dikecewakan, berdoalah agar suatu saat kau tidak akan mengkhianati dan mengecewakan, karena kamu juga telah merasakan betapa sakitnya dikhianati dan dikecewakan.

Ini Rahasia Cepat Fasih Bahasa Mandarin dari Rumah!

3. Kumpulan Kata Motivasi Diri Bahasa Mandarin dan Artinya

kata-mutiara-bahasa-mandarin

Setiap orang pasti pernah merasakan roda hidup yang berbagai macam rasanya. Bahagia, sedih, senang, susah, gundah, resah, gagal, berhasil dan lain sebagainya. Nah, oleh karena roda yang senantiasa berputar menuju pada sensasi perasaan yang demikian itulah akhirnya muncullah orang-orang dengan rangkaian kata-kata motivasi.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Nah, untuk yang penasaran akan bagaimana kata motivasi diri dalam bahasa Mandarin? Mari kita lihat!

  • 人的一生,没有一味的苦,没有永远的痛;没有迈不过的坎,没有闯不过的
    Rén de yī shēng, méi yǒu yī wèi de kǔ, méi yǒu yǒng yuǎn de tòng; méi yǒu mài bù guò de kǎn, méi yǒu chuǎng bù guò de guān
    Dalam Kehidupan manusia, tidak hanya ada rasa kepahitan, tidak ada kesakitan yang selama-lamanya; tidak ada lubang yang tidak bisa dilangkahi, tidak ada kesulitan yang tidak bisa dilewati

  • 你若不想做,会找一个或无数个借口;你若想做,会想一个或无数个
    Nǐ ruò bù xiǎng zuò, huì zhǎo yī gè huò wú shù gè jiè kǒu; nǐ ruò xiǎng zuò, huì xiǎng yī gè huò wú shù gè bàn fǎ
    Jika kamu tidak ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau beberapa alasan; Jika kamu ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau beberapa caranya

  • 一旦你做的事,不要怕失败,不要离开它。谁以诚工作的人是他们最快乐
    Yīdàn nǐ zuò de shì, bùyào pà shībài, bùyào líkāi tā. Shuí yǐ chéng gōngzuò de rén shì tāmen zuì kuàilè.
    Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia.

  • 那里汲取知识是重要的,什么是不重要的,所以你会知道该怎么做,让你的生活变得专
    Nàlǐ jīqǔ zhīshì shì zhòngyào de, shénme shì bù chóng yào de, suǒyǐ nǐ huì zhīdào gāi zěnme zuò, ràng nǐ de shēnghuó biàn de zhuānzhù
    Pelajarilah mana ilmu yang penting dan  mana yang tidak penting, Sehingga kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan, sehingga hidup kamu menjadi terarah

  • 侮辱,侮辱和他人的侮辱是一个粗略的宝贵意见,因为他们已经找到了你,告诉你,然后他们表示感谢
    Wǔrǔ, wǔrǔ hé tārén de wǔrǔ shì yīgè cūlüè de bǎoguì yìjiàn, yīnwèi tāmen yǐjīng zhǎodàole nǐ, gàosu nǐ, ránhòu tāmen biǎoshì gǎnxiè.
    Cacian, hinaan, dan makian dari orang lain merupakan sebuah nasihat kasar yang berharga, karena mereka telah menemukannya darimu dan mengatakannya, maka berterima kasihlah kepada mereka.

 

4.Kumpulan Kata Biasa Bahasa Mandarin dan Artinya

kata-mutiara-mandarin-dan-terjemahannya

Selain kata mutiara bahasa Mandarin, kata bijak, dan juga kata motivasi, ada baiknya kita pun memahami akan kata-kata biasa dalam bahasa Mandarin. Hal itu penting mengingat kita tidak mungkin bicara dengan seseorang terus-terusan menggunakan kata mutiara. Ada baiknya kita pun bicara senormalnya dengan menggunakan kata-kata biasa. Mari kita lihat contoh-contohnya:

  • 我永远不会离开你独自一
    Wǒ yǒngyuǎn bù huì líkāi nǐ dúzì yīrén
    Saya tidak akan pernah meninggalkanmu sendirian

  • 我的目标是要成为火
    Wǒ de mùbiāo shì yào chéngwéi huǒyǐng
    Cita-cita saya adalah menjadi hokage

  • 你真的爱我,真诚的心脏
    Nǐ zhēn de ài wǒ, zhēnchéng de xīnzàng?
    Apakah kamu benar-benar mencintaiku setulus hatimu?

  • 们是兄弟,无论何时何
    Wǒmen shì xiōngdì, wúlùn hé shí hé de
    Kita akan menjadi saudara, kapan pun dan dimanapun

  • 千万不要忘记我,虽然我们现在是遥远,距
    Qiān wàn bùyào wàngjì wǒ, suīrán wǒmen xiànzài shì yáoyuǎn, jùlí
    Jangan pernah lupakan aku meskipun sekarang kita berjauh-jauhan

Nah, kira-kira itulah beberapa kumpulan contoh kata bahasa Mandarin beserta artinya. Sekilas, apabila kita membaca dan memaknainya secara dalam, tentu kita bisa termotivasi untuk mempelajari bahasa Mandarin ini sebaik dan secepat mungkin.

Bukankah menarik belajar bahasa Mandarin sembari membaca kalimat-kalimat yang memberikan motivasi untuk terus semangat menjalani hidup? Jadi, masih semangat untuk belajar bahasa Mandarin bukan?

Jika kamu ingin belajar bahasa Mandarin, Cakap dapat membantu kamu. Hanya dengan 1 sentuhan kamu dapat belajar bahasa Mandarin online.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat