Beberapa Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Mandarin

xie xie

Terima kasih dalam Bahasa Inggris yaitu thank you atau thanks, sedangkan dalam Bahasa Jepang yaitu ありがとうございました (arigatogozaimashita). Lalu, bagaimana dengan ucapan terima kasih dalam Bahasa Mandarin?

Kamu pasti udah familiar dengan xie xie, ucapan terima kasih paling umum dalam Bahasa Mandarin. Namun, apakah kamu yakin udah memahami xie xie serta ucapan terima kasih Bahasa Mandarin lainnya? Pantengin terus yuk!

Xie xie

Kebanyakan orang udah tau dengan arti kata ini, bahkan mungkin xie xie adalah kata Bahasa Mandarin yang pertama dipelajari bagi sebagian orang. Ada beberapa bentuk xie xie yang perlu kamu ketahui:

Xie xie secara Formal

谢谢
Xièxiè
Terimakasih

谢谢您
Xiè xiè nín
Terima kasih

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, kedua kata tersebut tidak terlihat perbedaan. Akan terlihat perbedaan jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Xie xie artinya thanks, sedangkan xie xie nin artinya thank you.

Xie xie secara Informal

谢谢你
Xièxiè nǐ
Terimakasih

谢了
Xiè le
Terima kasih

Xièxiè nǐ adalah bentuk informal dari xiè xiè nín. Meskipun hanya berbeda satu kata, sifatnya sudah berbeda lho. Sedangkan xiè le umumnya digunakan antara teman dekat. Jadi jangan ucapkan xiè le ke laoshi kamu ya!

Cara Menanggapi Xiexie

Ada dua bentuk kata yang biasanya digunakan untuk menanggapi xie xie. Berikut ini adalah dua bentuk kata tersebut:

不用谢
Bùyòng xiè
Tidak perlu berterima kasih

不客气
Bù kèqì 
Tidak usah sungkan.

Baik 不用谢 (Bùyòng xiè) maupun 不客气 (Bù kèqì) sebenarnya memiliki arti yang sama jika diucapkan dalam Bahasa Mandarin yaitu sama-sama atau your welcome.

Karir Melejit dengan Skill Bahasa Mandarin, Belajar Sekarang di Cakap!

Kamsia

Sering engga denger temen kamu ngomong kamsia? Bukan, ini bukan singkatan dari kamsahamida. Kamsia adalah Bahasa Hokkien yang biasa digunakan oleh orang China yang merantau ke Asia Tenggara.

Padanan kata kamsia dalam Bahasa Mandarin dikenal sebagai berikut:
感謝
Gǎnxiè
Terima kasih

Nalinali

Kalau temanmu yang memberikan pujian, kamu akan dianggap sombong jika mengucapkan xiexie. Nah, biar keep humble dan menghindari nyinyiran, kamu bisa gunakan nǎlǐnǎlǐ sebagai ganti xiexie.

哪里哪里 
Nǎlǐnǎlǐ
Terima kasih

Nǎlǐnǎlǐ jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia maka artinya adalah dimana dimana. Namun begitu, bagi penutur Bahasa Mandarin nǎlǐnǎlǐ artinya seperti “ah bisa aja” atau dalam Bahasa Inggris yaitu “i’m flattered”.

Bu, bu, bu

Sama seperti nalinali, bù adalah ungkapan yang digunakan ketika seseorang memberikan pujian padamu. Jadi, kamu bisa gunakan kata ini biar tidak terkesan sombong.



Tidak

Jika bù diterjemahkan ke Bahasa Indonesia maka artinya tidak, sehigga bù, bù, bù artinya adalah tidak, tidak, tidak. Semakin banyak kamu mengucapkan bù berarti kamu semakin menolak pujian tersebut.

Itu adalah beberapa ucapan terimakasih dalam Bahasa Mandarin. Kamu bisa gunakan keempat ucapan tersebut, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan keadaan saja.

Untuk melatih kosakata lain, kamu bisa gabung kelas Bahasa Mandarin di Cakap. Belajar bahasa asing itu perlu praktek agar lebih cepat menyerap materi. Nah, kamu bisa sekaligus praktek kalau belajar di Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google