Kamu tahu MandoPop? Yuk coba dengarkan 5 Lagu Ini!

lagu mandarin

Merasa bahasa Mandarin kamu masih stuck di tempat yang sama? Selain nonton serial Mandarin, coba deh dengarkan lagu-lagu Mandarin untuk mengembangkan listening skill kamu. Nggak kalah dengan lagu western, lagu-lagu Mandarin, atau MandoPop, juga punya banyak genre yang bisa kamu nikmati.

MandoPop atau Mandarin popular music mengacu pada lagu-lagu berbahasa Mandarin yang terkenal di masyarakat. MandoPop. Biasanya, lagu-lagu MandoPop didengarkan di negara-negara seperti Tiongkok, Makau,Taiwan, dan Malaysia. Penyanyi MandoPop pun nggak terbatas hanya berkebangsaan Tiongkok, tapi juga dari Australia hingga Singapura.

Dari R&B hingga ballad, banyak banget pilihan lagu-lagu MandoPop yang bisa masuk ke playlist kamu. Let’s give a try to these songs!

Jay Chou – Mojito

source: giphy.com

Pernah dengar nama Jay Chou sebelumnya? Mandopop legend yang satu ini baru aja merilis lagu terbaru yang catchy banget. “Mojito” sendiri berasal dari nama minuman cocktail asal Kuba. Kebayang kan, gimana suasana yang dibawakan di lagu ini?

Jay Chou dikenal dengan lagu-lagunya yang emosional dan menyentuh. But, “Mojito” is different. Lagu ini memiliki beat yang fun didukung video musiknya yang benar-benar diambil di Kuba. Liriknya juga lebih menceritakan suasana kota Havana tempat ia melakukan shooting untuk lagu ini. 

“Mojito” bisa banget masuk ke summer playlist kamu! Lagu ini cocok diputar di suasana riang sambil menikmati segelas mojito bareng teman-temanmu. Coba dengarkan yuk!

Julia Wu feat Kimberley Chen – Better

source: giphy.com

I know you’re feelin better. Rain or the sunny weather~”. Musisi berkebangsaan Australia ini merilis “Better” bulan April lalu. Kalau kamu sedang mood mendengarkan lagu dengan beat yang pelan apalagi ditambah suasana yang lagi hujan, this might be your cup of tea.

Julia Wu dan Kimberley Chen berhasil membawakan vibes persahabatan mereka lewat lagu ini. Yup, “Better” menceritakan tentang persahabatan yang berusaha melindungi satu sama lain dalam kondisi rainy maupun sunny

Yuk dengar lagu ini bareng sahabat kamu!

Eric Chou – Enough

source: giphy.com

Eric Chou merupakan penyanyi asal Taiwan yang debut di tahun 2014. Pada Januari 2020, Eric Chou merilis album studio ke-5 nya yang bertajuk “When We Were Young”. Salah satu lagu dari album tersebut adalah “Enough” yang menduduki posisi 6 di tangga lagu KKBOX periode November 2019-Juli 2020.

“Enough” menceritakan tentang Eric yang berpisah dengan pasangannya. Lagu ini mengungkapkan kesedihan Eric tentang perpisahan tersebut. Eric merasa cukup menyesal ia nggak lagi bisa bersama pasangannya.

Lagu “Enough” milik Eric Chou ini cocok didengarkan di tengah suasana sepi ketika patah hati. Nggak kaget kalau media Taiwan menjuluki Eric Chou dengan “King of the Lovelorn People” karena lagu-lagu ballad miliknya terkenal cukup menyayat hati. Give a listen ya! Siapa tahu liriknya cocok dengan kamu.

E.SO – Change

source: giphy.com

“Change” merupakan lead single dari album E.SO di tahun 2020 yang dinamakan “Outta Body”. Rapper asal Taiwan ini sudah mulai berkarir di tahun 2006 dan “Outta Body” merupakan karya kreatif ke-11 yang ia rilis.

Lagu bergenre R&B ini menempati posisi ke-11 di chart KKBOX periode November 2019-Juli 2020. Sama seperti judulnya, lewat lagu ini, E.SO menceritakan tentang dirinya yang nggak mau berubah jadi orang lain hanya untuk menyenangkan pasangannya.

Apa kamu juga pernah merasa seperti lagu ini?

Hebe – Let It

source: giphy.com

Heart-wrenching. Mungkin itu satu kalimat untuk mendeskripsikan lagu yang satu ini. “Let It” menceritakan tentang perempuan yang menyukai sahabatnya sendiri dan harus menyaksikan sahabatnya itu bahagia dengan perempuan lain. Meski demikian, ia nggak pernah bisa menyatakan perasaan tersebut.

Sedih? Banget. Apalagi suara Hebe yang soft mendukung liriknya yang to the point tentang kisah patah hati sehingga makin terasa oleh pendengar. Di penghujung liriknya, “Let It” menjadi suatu ekspresi melepaskan perasaan yang pernah ada agar perempuan tersebut juga bisa bahagia.

Belajar bahasa Mandarin lewat lagu-lagu MandoPop, kamu bisa belajar membaca dan menulis pinyin lewat lirik-liriknya lho. Lewat mendengarkan lagu, kamu lebih bisa mengingat kata-kata bahasa Mandarin dibanding hanya belajar biasa. 

Nah, dari-dari lagu tersebut, mana yang liriknya jadi Mandarin quotes favorit kamu? Sedikit tips, tuliskan lirik favorit kamu di notes. Hitung-hitung sambil melatih agar makin terbiasa menulis pinyin, kan?

Baca Lagi
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google