Cara Mendeskripsikan 5 Jenis Cuaca dalam Bahasa Mandarin

Cara Mendeskripsikan 5 Jenis Cuaca dalam Bahasa Mandarin

Salah satu hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika mengunjungi suatu Negara adalah memahami cuaca yang ada di Negara tersebut. Sebagai contoh, ketika kamu mengunjungi Negara Tiongkok yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan Bahasa Mandarin, kamu juga harus memahami bagaimana cara mendeskripsikan cuaca dalam Bahasa Mandarin. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kosakata dalam Deskripsikan Jenis Cuaca dalam Bahasa Mandarin

Istilah cuaca dalam Bahasa Mandarin dikenal dengan sebutan 天气 (tiānqì). Jenis cuaca dan musim yang ada di Negara Tiongkok memiliki tipe subtropik, yaitu merupakan hasil percampuran antara belahan bumi utara dan selatan. 

Hal ini membuat cuaca dan musim yang ada di Tiongkok berbeda dengan cuaca dan musim yang ada di Indonesia.

Selain belajar Bahasa Mandarin, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu apa saja kosakata yang digunakan untuk mendeskripsikan cuaca dalam Bahasa Mandarin sebelum berkunjung ke Negara Tiongkok. Tujuannya adalah agar kamu dapat membaca dan mengerti tentang artikel atau berita-berita seputar ramalan cuaca.

Jika kamu bisa membaca dan mengerti tentang artikel dan berita tentang ramalan cuaca, maka perjalananmu di Negara Tiongkok akan lebih menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasi jika ramalan cuaca mengatakan akan terjadi cuaca buruk saat kamu berkunjung ke Negara Tiongkok.

Mendeskripsikan Cuaca

Ada beberapa cuaca atau 天气 (tiānqì) yang umum dan bisa kamu pelajari dengan mudah sebelum berkunjung ke Negara Tiongkok. Berikut adalah beberapa cara untuk mendeskripsikan cuaca dalam Bahasa Mandarin:

1. Sunny – Cerah

Kebanyakan orang percaya jika cuaca bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Beberapa orang juga akan merasa gembira ketika cuaca sedang cerah atau sunny. Di Negara Tiongkok, kamu bisa menemui cuaca cerah saat musim panas atau summer. Cuaca dalam Bahasa Mandarin yang pertama bisa kamu pelajari, yaitu 晴天 atau qíngtiān yang berarti “hari yang cerah”. 晴天 atau qíngtiān terdiri dari dua kata benda, yaitu “晴” (qíng) yang berarti “cerah” dan “天” (tiān) yang berarti “hari”. 

Contoh penggunaan istilah 晴天 atau qíngtiān dalam Bahasa Mandarin, yaitu 今天是晴天 yang dibaca jīntiān shì qíngtiān. Kalimat tersebut memiliki arti “hari ini adalah hari yang cerah”.

2. Cloudy – Berawan

Cuaca yang kedua, yaitu cloudy atau berawan. Cloudy atau berawan, yaitu kondisi cuaca dimana sinar matahari sedang tertutup oleh awan. Cuaca saat cloudy biasanya masih terlihat cerah, namun terdapat banyak awan, sehingga tidak secerah saat kondisi sunny. Di Negara Tiongkok, cuaca berawan ini sering terjadi ketika musim gugur atau autumn. 
Untuk mendeskripsikan cloudy atau berawan dalam Bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan istilah 多云 atau duōyún yang berarti “berawan”. 多云 atau duōyún terdiri dari dua kata sifat, yaitu “多” (duō) yang berarti “banyak” dan “云” (yún) yang berarti “awan”.

Contoh penggunaan istilah 多云 atau duōyún dalam Bahasa Mandarin, yaitu 我喜欢多云的天气 yang dibaca wǒ xǐhuan duōyún de tiānqì. Kalimat tersebut memiliki arti “aku menyukai ketika cuaca sedang berawan”.

3. Overcast – Mendung

Overcast atau mendung adalah kondisi cuaca saat langit menjadi gelap akibat tertutup oleh awan hitam. Ketika cuaca sedang mendung, sering kali akan terjadi hujan. Ketika ramalan cuaca mengatakan jika cuaca akan mendung, sebaiknya kamu siap-siap dengan membawa payung saat beraktivitas di luar ruangan.

Cuaca overcast atau mendung dalam Bahasa Mandarin disebut juga dengan 阴天 atau yīntiān yang berarti “hari yang mendung”. Pengucapan mendung atau “阴天” (yīntiān) dalam Bahasa Mandarin hampir sama dengan kata cuaca atau “晴天” (qíngtiān). Oleh karena itu, secara singkat dapat disimpulkan jika “阴” atau yīn berarti “mendung”.  Kondisi cuaca mendung adalah salah satu kondisi yang kurang disukai oleh masyarakat Tiongkok. Saat sedang mengunjungi Negara Tiongkok dan cuaca sedang mendung, ada baiknya kamu mengantisipasinya dengan membawa payung atau menghindari aktivitas di luar ruangan.

Contoh penggunaan istilah 阴天 atau yīntiān dalam Bahasa Mandarin, yaitu 阴天的时候我不喜欢出门 yang dibaca yīntiān de shíhou wǒ bù xǐhuan chū mén. Kalimat tersebut memiliki makna, “aku tidak suka keluar ketika cuaca sedang mendung”.

4. Rainy – Hujan

Cuaca dalam Bahasa Mandarin selanjutnya, yaitu 下雨 atau xià yǔ yang berarti “hujan”. 下雨 atau xià yǔ terdiri dari dua kata benda, yaitu “下” (xià) yang berarti “bawah” dan “雨” (yǔ) yang berarti “hujan”.
Di Negara Tiongkok, cuaca hujan sering terjadi saat musim semi atau spring. Selain melihat bunga-bunga yang bermekaran saat musim semi, kamu juga bisa menikmati hujan yang cukup sering terjadi saat musim semi tersebut.

Contoh penggunaan istilah 下雨 atau xià yǔ dalam Bahasa Mandarin, yaitu 昨天下雨了,有点冷 yang dibaca zuótiān xià yǔ le, yǒudiǎn lěng. Kalimat tersebut berarti “kemarin hujan, karena itu hari ini sedikit dingin”.

5. Snowy – Bersalju

Cuaca dalam Bahasa Mandarin yang terakhir, yaitu 下雪 atau xià xuě yang berarti “bersalju”. 下雪 atau xià xuě terdiri dari dua kata benda, yaitu “下” (xià) yang berarti “bawah” dan “雪” (xuě) yang berarti “salju”.
Di Negara Tiongkok, banyak gadis-gadis yang menyukai cuaca bersalju, karena cuaca tersebut identik dengan hal-hal yang romantis. Beberapa masyarakat Tiongkok juga menyukai cuaca bersalju, karena mereka bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari jendela kamar mereka yang hangat.

Contoh penggunaan istilah 下雪 atau xià xuě dalam Bahasa Mandarin, yaitu 冬天经常下雪 yang dibaca dōngtiān jīngcháng xià xuě. Kalimat tersebut berarti “salju sering turun saat musim dingin”.

Kata Lain yang Mendeskripsikan Cuaca

Selain beberapa istilah cuaca dalam Bahasa Mandarin tersebut, ada juga beberapa kata Bahasa Mandarin lain yang bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan cuaca. Kata pertama, yaitu 热 atau rè yang berarti “panas”. Selanjutnya ada juga kata 冷 atau lěng yang berarti “dingin”.

Ada juga istilah 凉 atau liáng yang memiliki arti hampir sama dengan 热 (rè), yaitu “dingin” atau “sejuk”. Jika cuaca sedang berangin, kamu bisa menggunakan kata 刮风atau guā fēng yang berarti “berangin”. Terakhir ada juga istilah 度 atau dù yang berarti “derajat”.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Belajar Mandarin Jadi Lebih Mudah dengan Cakap

Setelah membaca ulasan tentang beberapa istilah cuaca dalam Bahasa Mandarin tersebut, apakah kamu tertarik untuk mempelajari tentang Bahasa Mandarin lebih lanjut? Jika iya, kamu bisa mengunjungi website Cakap dan dapatkan penawaran kursus Bahasa Mandarin menarik dan menyenangkan.

Terdapat berbagai macam kelas yang bisa kamu pilih, mulai dari kelas anak hingga kelas dewasa. Dalam kelas bahasa mandarin ini, kamu akan diajarkan oleh pengajar professional yang sudah memiliki pengalaman dalam memberikan ilmu bahasanya. Ayo tingkatkan skill kamu bersama Kursus Mandarin Cakap sekarang juga.

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.