5 Penjelasan Ungkapan “Ara-ara” dalam Bahasa Jepang

ara-ara-artinya
Photo by benzoix from freepik

Banyak kata dan ungkapan dalam bahasa Jepang yang sebenarnya sulit diterjemahkan artinya ke dalam bahasa Inggris, maupun bahasa Indonesia. Misalnya saja ungkapan itadakimasu yang diucapkan orang Jepang sebelum makan, atau yoroshiku onegaishimasu ketika memperkenalan diri. 

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu kata Jepang yang mungkin familiar bagi banyak penggemar anime, yaitu ara-ara. Ungkapan ini memiliki banyak makna dan konteks penggunaan. Check it out!

Secara Umum Berarti “Ya Ampun”

Ara-ara termasuk ekspresi yang dapat digunakan dalam berbagai konteks, meskipun secara umum dapat berarti “ya ampun”. Kamu dapat menggunakan ungkapan ketika berbicara dengan diri sendiri, maupun sebagai respon terhadap orang lain.  

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

ara-ara
Photo by cookie_studio from freepik

Ekspresi Keterkejutan

Jika tiba-tiba kamu menemukan sebuah kotak paket di mejamu pada suatu pagi, kamu bisa menggunakan ara-ara sebagai ekspresi terkejut. Hal ini dapat berarti ekspresi terkejut untuk hal yang baik dan yang hal tidak menyenangkan yang terjadi. 

Ungkapan Ketertarikan 

Ketika kamu sedang berjalan dengan temanmu, kamu melihat seseorang yang berpakaian unik dan menarik. Dalam situasi ini, kamu bisa mengatakan ungkapan ara-ara. Selain itu, kamu juga bisa mengungkapkan rasa tertarik terhadap sesuatu yang baru pertama kali dilihat. 

Ekspresi ketika Seseorang Berbuat Kenakalan

Mirip dengan ungkapan, “hayoo” dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan ara-ara saat kamu melihat orang melakukan kenakalan kecil. Misalnya mengambil makanan di piring orang lain. Meski begitu, ara-ara tidak tepat untuk menegur kesalahan besar. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

 
ara ara anime
Photo by jcomp from freepik

Lebih Sering Digunakan Perempuan dalam Anime

Meskipun kata ini begitu familiar dan sering digunakan dalam berbagai adegan di anime, faktanya ungkapan ini tidak terlalu dipakai di dunia nyata. Selain itu, kata ini juga cenderung digunakan oleh tokoh perempuan daripada laki-laki. 

Nah, itu lah makna dan beberapa konteks penjelasan tentang bagaimana ungkapan ara-ara tersebut dapat digunakan. Jangan heran jika kamu menemukan konteks lain di mana ungkapan ara-ara digunakan. 

Berbagai ekspresi dan ungkapan dalam bahasa Jepang dapat kamu pelajari dalam kelas bahasa Jepang di Cakap, lho. Mantapkan bahasa dan pengetahuanmu mengenai Jepang dengan ambil paket belajar bahasa Jepang sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.