Arti Itadakimasu dan Makna yang Sebenarnya

itadakimasu

Pas lagi nonton anime atau film Jepang kamu sering dengar kata itadakimasu (いただきます)? Yap, kata ini identik banget dengan makanan. Itadakimasu (いただきます) adalah frasa yang diucapkan ketika orang Jepang hendak menyantap makanan. 

Dalam bahasa Indonesia, itadakimasu (いただきます) artinya selamat makan. Namun, apakah kamu tahu apa arti itadakimasu (いただきます) yang sebenarnya? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Apa Arti Itadakimasu?

source: giphy.com

Itadakimasu (いただきます) adalah bentuk formal dari kata itadaku (いただく). Secara harfiah, itadakimasu artinya ‘akan menerima’ atau ‘akan mengambil’ yang maksudnya menyampaikan terima kasih atau apresiasi setelah menerima benda terwujud.

Itadakimasu mulai populer diucapkan sejak era Perang Dunia ke-2. Di saat itu, makanan cukup langka sehingga masyarakat mengucapkan itadakimasu sebagai rasa syukur mereka. Media massa juga membantu kata ini semakin populer.

Itadakimasu memiliki kaitan dengan ajaran agama Budha, agama mayoritas penduduk Jepang. Itadakimasu dimaksudkan untuk mengucapkan terima kasih kepada hewan dan tumbuhan karena telah menyerahkan hidup mereka untuk dimakan.

Selain itu, itadakimasu juga dimaksudkan untuk mengucapkan terima kasih kepada para petani, nelayan, koki, dan pihak-pihak lainnya yang telah berperan hingga akhirnya makanan tersebut bisa disantap.

Psst, Ini Cara Mahir Bahasa Jepang dari Rumah!

Cara Menggunakan Itadakimasu

Ketika mengucapkan itadakimasu, kamu tidak bisa sembarang mengucapkannya. Kata ini tidak bisa diucapkan seperti ‘selamat makan’ di Indonesia, ada tradisi yang perlu kamu lakukan sebelum mengucapkan kata ini.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kata itadakimasu (いただきます)? Caranya, kamu perlu tepuk tangan kecil (gassho) dan menundukkan kepala sedikit sebelum mengucapkan itadakimasu. Setelah itu kamu baru bisa mulai makan.

Namun, kini sudah tidak banyak penduduk Jepang yang menjalani tradisi ini karena sebagian orang merasa itadakimasu memiliki pengaruh agama di baliknya. Meski begitu, wisatawan masih bisa mengucapkannya untuk menjaga tradisi.

Sebelum kamu liburan ke Jepang, ada baiknya kamu memperkaya kosakata bahasa Jepang terlebih dahulu. Sebab tidak banyak orang Jepang yang menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu bisa ikut kursus bahasa Jepang di Cakap. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks