Arti Itadakimasu dan Makna yang Sebenarnya

arti itadakimasu

Ketika sedang nonton anime atau film Jepang kamu sering dengar kata itadakimasu (いただきます), bukan? Yap, kata ini identik banget dengan makanan. Itadakimasu (いただきます) adalah salah satu ekspresi yang diucapkan ketika orang Jepang hendak menyantap makanan. 

Dalam bahasa Indonesia, itadakimasu (いただきます) sering diterjemahkan sebagai “selamat makan”. Namun, apakah kamu tahu apa arti itadakimasu (いただきます) yang sebenarnya? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Apa Arti Itadakimasu?

apa arti itadakimasu

Itadakimasu (いただきます) adalah bentuk formal dari kata dasar itadaku (いただく). Secara harfiah, itadakimasu artinya “akan menerima” atau “akan mengambil” yang maksudnya menyampaikan terima kasih atau apresiasi setelah menerima sesuatu.

Dalam budaya Jepang, ucapan itadakimasu memiliki konteks penggunaan yang sama dengan ucapan “selamat makan”. Sementara maknanya lebih identik dengan rasa syukur atau rasa terima kasih, layaknya doa yang biasa diucapkan sebelum makan. 

Ucapan itadakimasu sendiri tidak terikat dengan konteks khusus, sehingga bisa digunakan ketika memakan apa saja dan kapan saja. Kamu bisa mengucapkannya saat akan makan bersama keluarga, maupun sebelum mulai makan sendirian. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Sejarah di Balik Ucapan Itadakimasu

sejarah itadakimasu

Itadakimasu mulai populer diucapkan sejak era Perang Dunia ke-2. Pada saat itu, makanan cukup langka sehingga masyarakat mengucapkan itadakimasu sebagai rasa syukur mereka saat menerima makanan. Ucapan itadakimasu pun semakin populer sejak saat itu. 

Itadakimasu juga memiliki kaitan dengan ajaran agama Buddha yang merupakan agama mayoritas penduduk Jepang. Itadakimasu dimaksudkan untuk mengucapkan terima kasih kepada hewan dan tumbuhan karena telah menyerahkan hidup mereka untuk dimakan. 

Selain itu, itadakimasu juga bermakna ungkapkan terima kasih kepada petani, nelayan, koki, dan pihak lainnya yang terkait dengan pengadaan makanan. Dengan mengucapkan itadakimasu, kamu sepenuhnya bersyukur bahwa makanan terjadi dan siap disantap.

Psst, Begini Caranya Supaya Bisa Jago Bahasa Jepang Tanpa Keluar Rumah

Cara Menggunakan Itadakimasu

cara menggunakan itadakimasu

Ketika mengucapkan itadakimasu, kamu tidak bisa sembarang mengucapkannya. Kata ini tidak bisa diucapkan seperti “selamat makan” di Indonesia, ada tradisi yang perlu kamu lakukan sebelum mengucapkan kata ini.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kata itadakimasu (いただきます)? Kamu perlu menangkup kedua telapak tangan di depan dada (gassho) dan menundukkan kepala sedikit sebelum mengucapkan itadakimasu. Setelah itu kamu baru bisa mulai untuk menyantap makanan. 

Tradisi ini sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat Jepang, karena sangat identik dengan pengaruh agama buddha. Meski demikian, sebagian yang lain masih terus melakukannya sebagai ungkapan syukur terhadap makanan yang terhidang. 

Sebelum kamu liburan ke Jepang, ada baiknya kamu memperkaya kosakata bahasa Jepang terlebih dahulu. Sebab tidak banyak orang Jepang yang menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu bisa ikut kursus bahasa Jepang di Cakap. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat