Sudah Tahu Arti Kata Kimochi? Baca Penjelasannya, yuk!

arti-kata-kimochi

気持ち atau kimochi merupakan salah satu kata bahasa Jepang yang sudah cukup familiar, terutama jika kamu merupakan pencinta budaya populer Jepang. Kata kimochi sendiri sebenarnya juga sangat umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kali ini akan dibahas penjelasan mengenai arti kata bahasa Jepangkimochi dan konteks penggunaanya. Baca penjelasannya ya!

Arti Kata Kimochi (気持ち)

Kata 気持ち atau “kimochi” ditulis dengan menggunakan campuran huruf kanji dan hiragana berarti perasaan dan merupakan golongan kata benda. Kata ini digunakan untuk menggambarkan perasaan yang berkaitan dengan kondisi emosional seseorang. Kamu dapat menggunakan kata kimochi untuk menyatakan perasaan yang tidak dapat dikontrol atau terjadi begitu saja, misalnya perasaan senang dan nyaman atau sebaliknya. 

Kata ini memiliki makna yang berdekatan dengan kata 気分 atau “kibun” yang juga berarti perasaan. Bedanya, kata kibun cenderung digunakan untuk mendeskripsikan keadaan secara fisik atau menggambarkan kondisi kesehatan. Misalnya ketika kamu terkena hujan saat pulang sekolah dan keesokannya kamu akan ‘tidak enak badan’. Nah, dalam konteks ini lah kata kibun digunakan. 

Penggunaan Kata Kimochi dalam Ekspresi Perasaan

Dalam percakapan sehari-hari, kata kimochi biasa dipakai untuk mengekspersikan perasaan, baik dalam konteks yang menyenangkan maupun tidak. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

気持ちがいい (kimochi ga ii)

Jika kamu ingin mengungkapkan perasaan senang atau suka, kamu bisa menggunakan frasa kimochi ga ii. Dalam bahasa Jepang, いい (ii) berarti baik, senang, atau bagus. Jadi, 気持ちがいい (kimochi ga ii) berarti ‘perasaan yang senang atau baik atau bagus’ yang menandakan suasana hati yang baik, atau good feeling secara umum. 

Contoh penggunaan dalam kalimat:

今日の空がすごくきれいの出、気持ちがいい。

Kyou no sora ga sugoku kirei node, kimochi ga ii. 

Hari ini langitnya sangat bagus, senang deh

気持ちが悪い (kimochi ga warui)

Kata ini dapat kamu gunakan ketika kamu ingin mengekspresikan perasaan tidak senangmu terhadap sesuatu. 悪い (warui) sendiri berarti tidak baik, tidak senang, atau buruk. Jadi, frasa 気持ちが悪い (kimochi ga warui) berarti ‘perasaan tidak senang’ yang menandakan suasana hati yang tidak baik, atau bad feeling secara umum. 

Contoh dalam kalimat:

この食べ物が変な匂いがするので、気持ち悪い。

Kono tabemono ga henna nioi ga suru no de, kimochi warui. 

Makanan ini baunya aneh, nggak suka deh

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

気持ちいい (kimochi-ii) dan 気持ち悪い (kimochi-warui)

Jika kamu adalah penikmat budaya populer jepang seperti anime atau film, kamu mungkin juga akan familiar dengan frasa kimochi ii dan kimochi-warui. Keduanya sebenarnya adalah versi lebih singkat dari kimochi ga ii dan kimochi ga warui sehingga relatif lebih mudah diucapkan. 

Seringkali, frasa kimochi ii sendiri menjadi seruan tunggal yang merupakan ekspresi perasaan atau emosi positif. Misalnya ketika seorang pelajar yang lelah berada di kelas, ia bisa menyerukan “kimochi-ii!” ketika ia akhirnya keluar kelas dan berdiri di rooftop

Contoh lainnya adalah misalnya jika seseorang keluar rumah di pagi hari dan disambut cuaca yang cerah dan hangat. Dalam konteks ini, “kimochi-ii!” pun bisa digunakan. 

Sementara itu, kimochi-warui memiliki arti yang ‘tidak senang’ atau ‘tidak suka’, atau ‘tidak baik’ secara umum. Kamu juga bisa menjadikannya seruan tunggal “kimochi-warui!” ketika kamu melihat atau mengalami hal yang tidak kamu sukai, misalnya ketika ada kecoa di kakimu atau ketika kamu bertemu dengan orang aneh yang membuatmu bergumam tidak suka. 

Frasa kimochi-warui ini juga memiliki versi slang yang lebih singkat yaitu kimoi yang ditulis dengan menggunakan katakana (キモイ). Kata ini mengandung ungkapan ketidaksukaan yang lebih kuat daripada kimochi-warui. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kimoi lebih dekat dengan kata ‘muak’ atau ‘jijik’. Kata ini merupakan slang yang hanya cocok digunakan dalam situasi informal, jadi jangan sembarangan menggunakannya ya!

Nah, itu dia penjelasan mengenai arti kata kimochi dalam bahasa Indonesia serta berbagai konteks dan penggunaanya. Bagi kamu yang ingin lebih lancar berbahasa Jepang, kamu bisa ambil kursus Bahasa Jepang di Cakap, lho! Download aplikasi Cakap di PlayStore atau AppStore sekarang!

Baca juga: 

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks