Ini Arti Nani, Kata yang Sering Muncul di Anime

arti nani

Jika kamu sering nonton anime atau dorama, pasti kamu sering dengar kata nani. Kata ini biasanya diucapkan dengan nada tinggi sehingga banyak yang menganggap nani adalah ungkapan marah atau kekecewaan dalam bahasa Jepang.

Namun, itu bukanlah arti nani yang sebenarnya. Untuk mengetahui arti nani yang benar, kamu bisa cari tahu di bawah ini. Kamu juga dapat mengetahui bagaimana bentuk formal dan cara menggunakan kata nani dalam sebuah kalimat. Simak, yuk!

Arti なに(Nani)

なに
Nani
Apa

なに (nani) artinya apa dalam bahasa Jepang. Namun begitu, kamu tidak bisa sembarang mengucapkan nani. Sebab, なに (nani) bersifat informal sehingga hanya dapat diucapkan pada orang terdekat, teman seumuran atau yang lebih muda.

なんだと
Nandato
Apa (kasar)

Namun, masih ada lho versi yang lebih santai dari なに (nani) yaitu なんだと (nandato). Nandato memiliki arti yang sama dengan nani yaitu apa tapi karena sifatnya lebih santai maka nandato dinilai lebih kasar dibandingkan nani. 

Biasanya なんだと (nandato) digunakan ketika seseorang marah atau kecewa. Meski begitu, nandato tergolong jarang diucapkan oleh orang Jepang karena kata ini bukan kosakata bahasa Jepang sehari-hari.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kalau ungkapan marah bukan なに (nani) melainkan なんだと (nandato) dan mengucapkan nani tidak memerlukan nada tinggi seperti yang ada di anime atau dorama.

Psst, Ini Cara Mudah Mahir Berbahasa Jepang dari Rumah!

Bentuk Lain なに (Nani)

Mengucapkan apa dalam bahasa Jepang tidak hanya なに (nani) atau なんだと (nandato) saja lho. Masih ada bentuk-bentuk lainnya, salah satunya adalah bentuk formal di mana lebih sopan dibandingkan なに (nani).

なんですか
Nandesuka
Apa (formal)

Bentuk formal apa dalam bahasa Jepang adalah なんですか (nandesuka). Penambahan ですか(desuka) di akhir membuatnya jadi lebih sopan. Karena sifatnya formal, kamu bisa menggunakan ini ketika bertanya pada orang yang lebih tua atau orang tua. 

Nah, masih ada bentuk-bentuk lain selain bentuk formal, diantaranya:

なんだよ
Nandayo
Apa itu

なにか / なんか
Nanika / Nanka
Sesuatu

Contoh Kalimat Nani dan Bentuk Lainnya

なんか紙ちょうだい?
Nanka kami chōdai?
Boleh pinjam sesuatu untuk menulis?

それは何ですか?
Sorewanandesuka?
Apakah itu?

何を見ましたか
Nani o mimashita ka
Apa yang kamu lihat?

Itu dia arti nani, kata yang sering muncul di anime. Masih banyak lho kata-kata yang identik dengan anime, seperti daijoubu, wibu, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lengkap, kamu bisa gabung kelas bahasa Jepang di Cakap.

Di sana, kamu bakal belajar sama tutor profesional berpengalaman. Dengan fitur kelas virtual, kamu bisa ngobrol langsung sama tutor sehingga tingkat kepercayaan dirimu dalam berbahasa Jepang dapat meningkat. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks