Ini Arti Wibu dan Perbedaannya dengan Otaku

apa itu wibu

Istilah wibu semakin sering berlalu-lalang di sosial media. Istilah ini kerap digunakan untuk menyebut fans anime dan segala hal yang berbau Jepang. Namun, tidak semua fans anime rela dikategorikan sebagai wibu.

Sebab, sebagian fans anime merasa istilah wibu adalah sebuah ejekan. Namun begitu, masih ada juga kok yang bangga dipanggil wibu. Nah, biar gak bingung lagi, yuk cari tau apa itu wibu!

Apa itu Wibu?

source: giphy.com

Wibu adalah istilah untuk orang-orang non-Jepang yang memiliki ketertarikan secara berlebihan pada budaya Jepang. Jadi, jika kamu atau temanmu hanya menyukai anime, berarti kamu belom tergolong wibu.

Dari mana asal istilah ini? Wibu adalah istilah yang diserap dari bahasa Inggris yaitu Weeaboo. Istilah Weeaboo muncul pertama kali di komik yang berjudul Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch.

Awalnya Weeaboo tidak memiliki makna apapun. Namun, pada tahun 2000an, sebuah forum online 4Chan ramai menggunakan Weeaboo untuk mengejek orang-orang yang terobsesi pada segala hal yang berbau Jepang.

Istilah ini dikenal hingga sekarang dan masih populer hingga sekarang. Jadi, jangan heran jika teman kamu, yang cuma hobi nonton naruto, baper kalau kamu anggep dia wibu karena wibu lebih dari sekedar fans anime.

Yuk Belajar Bahasa Jepang di Cakap, Bisa Nonton Anime tanpa Subtitle!

Perbedaan Wibu dan Otaku

source: giphy.com

Ada yang bilang otaku adalah versi hardcore dari wibu, ada juga yang bilang kalau wibu dan otaku adalah istilah yang sama. Lalu, mana yang benar? Nah, baik otaku maupun wibu, keduanya memiliki arti masing-masing.

Otaku adalah istilah bagi orang yang menekuni suatu bidang secara mendalam. Istilah ini bermakna ganda, positif dan negatif, tergantung kepada siapa kamu mengungkapkannya.

Jika ditujukan pada seseorang yang ahli di bidangnya, Otaku menjadi sebuah pujian. Namun, jika ditujukan pada orang yang terlalu fanatik hingga menjadi anti-sosial, Otaku bermaka negatif dan menjadi sebuah ejekan.

Lalu, perbedaan otaku dan wibu adalah otaku fanatik pada satu hal, sedang wibu fanatik pada segala yang berbau Jepang. Jadi, istilah apa yang tepat untuk fans anime? Supaya aman, kamu bisa gunakan “Anime Lovers” atau “Anime Fans”.

Sekarang kamu udah tau apa itu wibu dan perbedaannya dengan otaku. Jika kamu menyukai anime atau manga, bakal lebih seru kalau kamu enggak perlu nunggu subtitle. Caranya tinggal belajar bahasa Jepang di Cakap, bisa tau jalan cerita lebih cepat deh!

cakap semi private

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks