Arti Yamete Kudasai Bahasa Jepang Yang Wajib Dimeng

yamete kudasai
Familiar dengan Yamete Kudasai? Baca Penjelasannya!

Dari sekian banyak ekspresi dan ungkapan dalam bahasa Jepang, kamu pasti familiar dengan yamete kudasai, bukan? Ekspresi ini kerap diucapkan ketika seseorang meminta orang lain berhenti melakukan sesuatu. Lalu apa sebenarnya arti dari yamete kudasai

Dalam artikel kali ini, Cakap akan mengajak kamu untuk lebih mengenal ekspresi yamete kudasai serta bagaimana penggunaannya. Simak bentuk-bentuk dan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang, ya!

Arti Ungkapan Yamete Kudasai

arti yamete kudasai
Photo by freepik from freepik

Yamete berasal dari kata yameru yang merupakan kata kerja bahasa Jepang yang artinya “berhenti”, sementara kudasai artinya “tolong”. Dengan demikian, yamete kudasai dapat berarti “tolong berhenti” dalam bahasa Indonesia. 

Sebenarnya, kamu bisa menggunakan “yamete!” saja karena dapat menjadi kata seru yang berarti “berhenti!”. Meski begitu, penambahan kudasai sendiri memberikan kesan yang lebih sopan sehingga bisa kamu gunakan untuk orang asing. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Kapan Yamete Kudasai Digunakan? 

yamete kudasai bahasa indonesia
Photo by stockking from freepik

Kamu bisa menggunakan ungkapan atau ekspresi ini ketika kamu ingin meminta seseorang berhenti melakukan sesuatu. Misalnya jika kamu merasa tidak nyaman dengan perlakuan orang tersebut, atau orang itu melakukan hal yang berbahaya. 

  • Yamete kudasai (やめてください) : digunakan ketika berbicara dengan orang yang tidak dikenal dekat atau untuk menunjukkan kesopanan. Namun bisa juga ketika ingin menegaskan bahwa kamu benar-benar ingin orang tersebut berhenti. 
  • Yamete kudasai yo (やめてくださいよ) : merupakan bentuk sopan, namun kerap digunakan sembari bercanda, misalnya dengan sesama rekan kerja. 
  • Yamete (やめて) : bentuk kasual, diucapkan untuk orang yang dikenal baik. Tetapi kadang bisa juga digunakan dengan sengaja tidak menunjukkan kesopanan. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Contoh Penggunaan Yamete Kudasai

apa arti yamete kudasai
Photo by benzoix from freepik

Biar Sobat Cakap makin paham, silakan perhatikan penggunaannya dalam contoh kalimat berikut ini, ya. 

  • 冗談はやめてください。
    じょうだんはやめてください。
    Jyoudan wa yamete kudasai.
    “Tolong berhenti bercanda.”
  • やめてくださいよ、本当に!
    やめてくださいよ、ほんとうに!
    Yamete kudasai yo, hontou ni!
    “Tolong berhenti, serius deh.”
  • 喧嘩はやめて!
    けんかはやめて!
    Kenka wa yamete!
    “Berhenti bertengkar!”

source: giphy.com

Perlu diperhatikan, meski berarti “tolong berhenti”, kamu tidak bisa meminta seseorang berhenti untuk menunggu dengan menggunakan yamete kudasai. Dalam situasi demikian, chotto matte lebih lazim digunakan karena jatuhnya meminta seseorang menunggu. 

Nah, sekarang kamu sudah lebih paham dengan ungkapan yamete kudasai dan bagaimana penggunaannya. Cari tahu lebih banyak ekspresi dan ungkapan yang sering digunakan sehari-hari di kelas bahasa Jepang Cakap, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: