Berapa Lama waktu yang Dibutuhkan untuk Fasih Bahasa Jepang?

Berapa Lama waktu yang Dibutuhkan untuk Fasih Bahasa Jepang?
https://unsplash.com/photos/fYhyC7LKctw

Ketika ingin memulai untuk mempelajari sesuatu, salah satu pertanyaan yang terlintas adalah “berapa lama saya harus belajar agar saya bisa?” pertanyaan ini tidak hanya untuk seseorang yang belajar untuk melakukan sesuatu tapi juga untuk mereka yang sedang belajar bahasa asing.

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang, mungkin pertanyaan serupa pernah terlitas dibenakmu. “Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk bisa fasih bahasa Jepang?” atau “Saya harus kursus berapa agar dapat fasih berbahasa Jepang?” Kedua pertanyaan tersebut adalah wajar untuk dipertanyakan karena tidak semua orang memiliki kegigihan sedemikian rupa untuk mempelajari sesuatu. Untuk kamu yang masih pemula, yuk baca artikel 15 cara belajar bahasa Jepang untuk Pemula.

Kali ini, Cakap akan membahas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat fasih bahasa Jepang. Mau tahu? Yuk, simak artikel berikut!

Tujuan Belajar

source: giphy.com

Kamu harus tahu sejauh mana definisi “bisa berbahasa Jepang” bagimu. Apakah hanya sekedar percakapan semata atau hingga mengetahui seluk linguistic bahasa Jepang? Dari sana saja waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Jepang sudah berbeda. Tentu saja mereka yang hanya ingin belajar tentang percakapan sehari-hari akan membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada kamu yang ingin lulus ujian level N1 JLPT.

Lama Belajar

source: giphy.com

Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk belajar bahasa Jepang per harinya? Tidak hanya lama tapi juga seberapa efektifnya metode belajar yang kamu gunakan. Kamu yang belajar selama 25 menit dengan seorang pengajar bisa saja setara dengan belajar 3 jam sehari tanpa dibantu oleh seorang pengajar.

Belajar tidak selalu terpaku dengan apa yang ada di buku tapi juga latihan yang kamu lakukan. Berapa lama waktu latihan yang kamu habiskan setiap harinya? Jika kamu ingin lulus ujian JLPT, tentu kamu perlu latihan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara, ini pun membutuhkan waktu yang lebih lama daripada mereka yang hanya perlu salah satu kemampuan tertentu.

Bahasa Ibu

source: giphy.com

Bahasa Ibu sangat menentukan cepat tidaknya seseorang untuk menjadi fasih akan bahasa asing. Mereka yang memiliki bahasa asing dekat dengan bahasa Jepang tentu akan lebih cepat fasih bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki bahasa ibu yang jauh dari bahasa Jepang. Sebagai contoh, mereka yang berbahasa ibu Mandarin akan lebih cepat fasih bahasa Jepang dibandingkan dengan mereka yang memilki bahasa Arab sebagai bahasa ibu.

Bagusnya, bahasa Indonesia memiliki beberapa kemiripan dengan bahasa Jepang sehingga akan sedikit lebih mudah untuk mempelajarinya dan secara pelafalan, lidah Indonesia dapat membunyikan hampir semua bunyi dalam bahasa Jepang dengan sempurna. Masalah mungkin terletak pada aksara Hiragana, Katakana, dan Kanji karena bahasa Indonesia menggunakan aksara yang berbeda, yaitu aksara Latin.

Sopan Santun

source: giphy.com

Ini berkaitan dengan bahasa ibu, jika memang bahasa ibu atau bahasa aslimu tidak membiasakan hal formal atau yang lebih sopan, mungkin bahasa Jepang agak lebih rumit dan kamu akan membutuhkan waktu belajar yang lebih lama.

Jika kamu memang sudah terbiasa untuk bahasa yang formal dan informal seperti bahasa Indonesia, bentuk ini seharusnya tidak menjadi masalah berarti bagimu dan kamu bisa belajar bahasa Jepang lebih cepat dari mereka yang tidak terbiasa dengan bentuk kalimat formal dan informal.

Seperti yang kamu lihat, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan ketika mencari tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk belajar bahasa Jepang. Intinya di sini adalah memberimu gambaran tentang berapa lama, bukan untuk membuat kamu merasa kewalahan.

Semua membutuhkan waktu bahkan untuk kursus bahasa Jepang online sekalipun. Kamu tidak dapat mengharapkan hasil instan atau kelancaran berbahasa dalam hitungan minggu. Kamu mendapatkan hasilnya secara bertahap seiring kemajuan kamu, tidak sekaligus.

Situasi setiap orang berbeda. Jika kamu merasa lambat, mungkin saja ada orang lain yang membutuhkan waktu lebih lama atau cepat dari kamu untuk belajar. Tetap belajar dan berlatih dengan aplikasi Cakap yang dapat kamu unduh melalui App Store atau Play Store dan belajar dengan pengajar bahasa Jepang profesional kapanpun dan di manapun.  Selain belajar bahasa kamu juga bisa mengembangkan skill umum lainnya dengan Cakap Expert. Disana kamu bisa belajar skill yang saat ini sedang kamu minati dengan para ahlinya.

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat