Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?

Melanjutkan pendidikan di Jepang bisa dibilang merupakan impian dari banyak pelajar Indonesia. Selain karena kualitas pendidikan yang baik, Jepang juga menawarkan kehidupan yang berbeda dengan Indonesia sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Berbagai usaha dilakukan untuk kuliah di Jepang, mulai dari mencari beasiswa Jepang hingga kursus bahasa Jepang online.

Beasiswa kuliah di Jepang menawarkan berbagai macam bantuan untuk pendidikanmu di sana. Nominalnya pun beragam, ada yang berupa beasiswa penuh dan ada juga yang parsial. Dari biaya yang ditanggung tersebut, kamu tidak serta merta langsung bisa hidup enak dan foya-foya. Untuk memberi gambaran, kamu perlu mencari tahu tentang biaya hidup mahasiswa di Jepang.

Di bawah ini memberikan gambaran tentang biaya hidup untuk siswa asing di Tokyo dan tidak termasuk biaya sekolah. Untuk nilai tukar dari Yen ke Rupiah, kamu dapat mengeceknya di internet.

Akomodasi

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

Akomodasi tidak diragukan lagi merupakan pengeluaran tunggal terbesar siswa selain biaya pendidikan. Siswa internasional memiliki tiga pilihan untuk tempat tinggal:

  • Asrama milik universitas
  • Homestay
  • Sewa pribadi

Pada 2015, sekitar 85% siswa menyewa apartemen secara pribadi. Survei menunjukkan bahwa rata-rata sewa bulanan untuk siswa (termasuk biaya layanan) di Tokyo adalah sekitar ¥ 60.000, meskipun kamu harus menyadari bahwa ini bukan mewakili biaya sebenarnya dari harga sewa di ibukota.

Belajar Bahasa Jepang Kini Lebih Mudah Dengan Cakap Apps. Download Sekarang!

Transportasi

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

Japan Rail East (JR East), sejauh ini merupakan operator jaringan kereta api terbesar di Jepang. Mereka menawarkan kepada siswa diskon 20% untuk tiket komuter yang juga berlaku di akhir pekan. Untuk perjalanan dalam 23 distrk khusus Tokyo, ini sama dengan biaya tiket kereta api untuk 3 bulan atau sekitar ¥ 20.000 untuk pelajar. Secara alami, semakin dekat kamu dengan universitas, biaya transportasi yang lebih murah akan menjadi, dan biaya rata-rata 1 bulan untuk siswa diperkirakan ¥ 5.000.

Makanan dan Minuman

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

Biaya hidup secara umum dan kelangkaan ruang di Jepang, khususnya Tokyo, berarti bahwa dapur yang dimiliki biasanya berukuran kecil, sekalipun di rumah-rumah besar. Sebagian karena ada banyak restoran yang menawarkan makan siang dan makan malam seharga ¥ 800-1000. Paket sarapan di kafe dapat dibeli seharga ¥ 400. Tentu saja ini adalah jika kamu memilih untuk makan di luar.

Biaya makan akan turun secara signifikan jika kamu memasak sendiri atau makan di kantin universitas biasanya menyediakan makanan seperti ramen dan irisan daging babi kari seharga ¥ 300-500. Toko serba ada juga dapat menjadi pilihan lain yang baik karena menjual salad segar, roti lapis, dan makanan lainnya seharga 200-500 yen. Biaya makanan rata-rata per bulan diperkirakan sekitar ¥ 25.000.

Telepon, Buku, Medis

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

  • Biaya telepom. Tidak ada sistem bayar saat digunakan di Jepang, tetapi ada opsi untuk kontrak telepon bulanan dengan harga di bawah ¥ 2.000.
  • Buku teks dan bahan studi lainnya rata-rata sekitar ¥ 3.000 per bulan.
  • Asuransi kesehatan. Semua siswa diwajibkan untuk memasuki skema asuransi kesehatan nasional yang biayanya sekitar ¥ 2.500 per bulan.

Sosial

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

Secara alami, kamu tidak hanya ingin belajar dan tertahan selama masa kuliah kamu namun bersenang-senang biasanya melibatkan uang. Sejumlah restauran di Tokyo menyediakan hidangan yang bisa kamu nikmati sepuasnya dengan harga ¥ 3.000 atau kurang. Selain itu kamu juga bergabung dalam komunitas di kampus, di mana kamu dapat melakukan hal-hal seperti berpartisipasi dalam upacara minum teh Jepang, bermain tenis, atau belajar menari.

Gambaran Besar

Untuk siswa yang belajar di Tokyo, rincian pengeluaran bulanan (tidak termasuk biaya sekolah) mungkin terlihat seperti ini:

Akomodasi ¥60,000
Transportasi ¥5,000
Makanan dan Minuman ¥25,000
Telepom, Buku, dan Medis ¥7,500
Sosial ¥15,000
Total ¥112,500

Bisakah saya bekerja selama studi?

Berapa Biaya Hidup Pelajar Asing di Jepang?
sumber: giphy

Visa pelajar memungkinkan pemegang untuk bekerja hingga 28 jam per minggu dan hingga 8 jam per hari selama liburan sekolah dengan beberapa batasan pada jenis pekerjaan tertentu. Upah per jam untuk staf di restoran dan toko-toko biasanya sekitar ¥ 1.000, meskipun beberapa pekerjaan mungkin bersedia membayarmu hingga ¥ 1.200-1.300 untuk shift larut malam.

Siswa internasional juga memiliki pilihan untuk mengajar bahasa mereka sendiri secara pribadi. Menjadi tutor privat dapat menghasilkan sekitar ¥ 3.000 per jam dan kamu mungkin juga dapat melakukan pekerjaan terjemahan yang, sekali lagi, harus membayar lebih baik daripada pekerjaan paruh waktu standar.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google