Syarat dan Cara Kuliah di Jepang yang Wajib Kamu Tau!

kuliah-di-jepang

Jepang menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang terkenal dengan fasilitas teknologi dan pendidikan yang mumpuni. Sebagai negara maju, banyak orang bermimpi untuk mengunjungi negeri tersebut, baik untuk mengejar karier, maupun melanjutkan pendidikan. Bicara tentang pendidikan, bukan rahasia umum lagi kalau Jepang menjadi salah satu negara favorit bagi para pelajar untuk melanjutkan kuliah di sana. 

Buat kamu yang masih ragu buat lanjutin kuliah di Jepang, yuk baca dulu alasan kenapa kamu harus kuliah di Jepang! Dan untuk kamu yang tahun ini sudah merencanakan study ke Jepang, cek dulu yuk cara-cara dan syarat kuliah di Jepang!

Table of Contents

Alasan Kuliah di Jepang

alasan-kuliah-di-jepang

Kira-kira ada hal menarik apa sih yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus kuliah di Jepang? Let’s check it out!

(1) Kualitas Pendidikan

Alasan pertama adalah kualitas pendidikan. Jepang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Tidak hanya itu, Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu negara dengan fasilitas kampus terbaik, lho.

(2) Belajar Budaya dan Tradisi Jepang

Hal menarik yang bisa jadi alasan kamu kuliah di Jepang adalah budaya dan tradisi. Jepang menjadi salah satu negara di kawasan Asia Timur yang terkenal dengan kebudayaannya yang kental serta tradisinya yang unik dan beragam.

(3) Jepang Salah Satu Negara Teraman di Dunia

Alasan ketiga ini penting banget! Merantau jauh ke negeri orang membuat kita dan keluarga khawatir akan keselamatan dan keamanan ketika di sana. Eits, tapi jangan khawatir! Karena Jepang merupakan salah satu negara paling aman di dunia.

(4)Meningkatkan Kedisiplinan dan Belajar Hidup Teratur

Kamu pasti pernah dong dengar kabar kalau Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan gaya hidup teratur dan tingkat kedisiplinan yang tinggi? Melanjutkan kuliah di Jepang akan melatihmu untuk disiplin dan menjalankan hidup teratur melalui kebiasaan dan lingkungan sekitar.

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Cara Kuliah di Jepang

cara-kuliah-di-jepang

Ada dua cara untuk melanjutkan kuliah di Jepang (dilihat dari sumber pendanaan). Yang pertama, kamu bisa menggunakan biaya pribadi. Cara ini mengharuskanmu untuk mendaftar kuliah secara mandiri menggunakan biaya sendiri.

Nah, cara yang kedua adalah cara yang paling banyak dicari, yaitu melalui beasiswa. Ada banyak beasiswa kuliah di Jepang yang bisa kamu ambil, beberapa di antaranya adalah Mitsui Bussan Scholarship Program, Ajinomoto Scholarship, dan Joint Japan World Bank Scholarship Program (JJ/WBGSP).

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Syarat Kuliah di Jepang

syarat-kuliah-di-jepang

Ada beberapa syarat kuliah di Jepang yang harus kamu penuhi. Yuk, simak baik-baik dan catat syarat-syaratnya!

(1) Mampu Berbahasa Jepang

Syarat kuliah di Jepang yang pertama adalah mampu berbahasa Jepang. Mengapa demikian? Karena mayoritas bahasa pengantar perkuliahan di sana menggunakan bahasa Jepang.

Maka tak heran jika para mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke Jepang, akan mengambil kursus bahasa Jepang terlebih dahulu, guna memperlancar bahasa Jepang mereka.

(2) Memiliki Sertifikat Kemampuan bahasa

Mahir berbahasa asing saja tidaklah lengkap tanpa adanya sertifikat yang membuktikan kemampuan bahasa seseorang. Bagi para mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang, harus memiliki sertifikat bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Tidak menutup kemungkinan juga kalau ada universitas yang mewajibkan calon mahasiswanya untuk melampirkan sertifikat JLPT.

Penjelasan lengkap tentang JLPT dapat kamu baca di sini

(3) Mengikuti Ujian Masuk Universitas

Syarat yang terakhir ini nggak boleh sampai ke-skip! Para calon mahasiswa internasional harus mengikuti ujian masuk universitas yang dikenal dengan EJU (Examinations for Japanese University). EJU ini biasanya diadakan selama 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan November.

Selain syarat-syarat utama di atas, berikut ini ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke Jepang:

  • Telah menamatkan atau menyelesaikan pendidikan tingkat SMA, SMK, dan sederajat
  • Menyerahkan bukti kelulusan (Ijazah)
  • Melampirkan transkrip nilai
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah asal
  • Melampirkan surat keterangan sehat
  • Menyiapkan pasfoto
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Paspor yang masih berlaku
  • Surat keterangan penjamin (serta dokumen yang membuktikan kemampuan membayar kuliah dan memenuhi biaya hidup di Jepang)

 

Biaya Kuliah di Jepang

Jika kamu tidak mengikuti beasiswa, maka kamu diwajibkan untuk turut melampirkan dokumen atau surat pernyataan yang membuktikan bahwa kamu mampu membayar biaya selama masa perkuliahan berlangsung. Hem, kira-kira berapa sih kisaran biaya kuliah di Jepang, yuk cek!

(1) Biaya Kuliah di Jepang untuk Rumpun Soshum

Berikut adalah biaya kuliah di Jepang untuk beberapa jurusan yang ada di rumpun Soshum:

Program Studi

Admission Fee (hanya di tahun pertama)

Tuition Fee

Arts

259,312¥

1,376,891¥

Economics

255,704¥

997,399¥

Social Welfare

214,439¥

930,751¥

Law

232,284¥

920,231

Commerce & Economics

232,284¥

920,231

Theology

214,288¥

888,940¥

Business

120,000¥

935,000¥

Literature & Education

233,136¥

952,976¥

 

(2) Biaya Kuliah di Jepang untuk Rumpun Saintek

Berikut biaya kuliah di Jepang untuk beberapa jurusan di rumpun Saintek:

Program Studi

Admission Fee (hanya di Tahun Pertama)

Tuition Fee

Medicine 

1,325,507¥

3,717,720¥

Dentistry 

563,403¥

3,725,836¥

Pharmacy 

341,541¥

1,741,001¥

Health Care

272,467¥

1,228,341¥

Science & Engineering

242,670¥

1,231,676¥

Agricultural & Veterinary Science

246,282¥

1,166,879¥

Physical Education

258,265¥

1,035,887¥

 

Biaya Hidup Mahasiswa di Jepang

Biaya hidup di Jepang untuk mahasiswa, meliputi biaya tempat tinggal & utilitas, biaya makan & belanja bulanan, biaya transportasi, biaya asuransi, dll. Berikut rincian lengkapnya:

Jenis Pengeluaran

Biaya yang Dikeluarkan/bulan

Sewa Apartemen

38,000-60,000¥

Listrik, air, sampah, internet

12,000-15,000¥

Biaya makan

20,000-45,000¥

Biaya transportasi

9,000-10,000¥

Biaya lain-lain (buku & hiburan)

20,000-35,000¥

Cara Mendapatkan Beasiswa di Jepang

Biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang terbilang cukup mahal, maka dari itu mendapatkan beasiswa adalah salah satu solusi paling tepat yang bisa kamu coba usahakan. Buat kamu yang ingin kuliah di Jepang dengan dana beasiswa, yuk perhatikan cara-cara berikut:

(1) Cari Informasi seputar Beasiswa di Jepang

Untuk mendapatkan beasiswa tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu informasi seputar beasiswa di Jepang. Ada 5 beasiswa kuliah di Jepang yang bisa kamu coba daftar, yaitu:

  • Mitsui Bussan Scholarship Program
  • Ajinomoto Scholarship
  • Joint Japan World Bank Scholarship Program (JJ/WBGSP)
  • Monbukagakusho (MEXT)
  • Asian Development Bank-Japan Scholarship Program

 

(2) Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Selanjutnya, siapkan persyaratan demi persyaratan yang dibutuhkan oleh peserta beasiswa. Biasanya, setiap beasiswa memiliki persyaratannya masing-masing. Salah satu syarat yang yang tergolong sangat penting adalah melampirkan sertifikat kemahiran berbahasa Jepang, dalam hal ini adalah JLPT.

Jika kamu ingin mendaftar beasiswa, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes JLPT. Agar nilai JLPT-mu bisa lolos untuk mendaftar beasiswa, kamu bisa mengikuti persiapan dan simulasi JLPT di Cakap.

(3) Buat CV dan Essay Terbaikmu

Setiap beasiswa biasanya mewajibkan pesertanya untuk menulis essay beasiswa, beberapa bahkan mengharuskan peserta menulis CV beasiswa. Maka dari itu kamu perlu membuat CV dan essay terbaik versimu. Perlu ada visi misi dan alasan yang kuat mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa di Jepang.

(4) Latihan Ujian dan Interview

Cara mendapatkan beasiswa di Jepang selanjutnya adalah mulai berlatih untuk ujian dan interview beasiswa.

Pertama-tama kamu akan mengikuti ujian tertulis untuk materi-materi pelajaran umum, seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dll. 

Nah, jika kamu sudah lolos tahap ujian tulis, maka kamu akan dipanggil untuk mengikuti interview. Tahap ini menjadi salah satu tahap akhir yang bisa menentukan apakah kamu lolos atau tidak. So, rajin-rajin belajar untuk ujian dan berlatih untuk interview, ya!

Itu dia alasan kenapa Jepang menjadi salah satu negara yang layak kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan. Tidak hanya itu, sekarang kamu sudah punya banyak informasi tentang cara dan syarat kuliah di Jepang, bukan?

Untuk mewujudkan mimpimu kuliah di Jepang, yuk persiapkan dari sekarang! Asah kemampuan berbahasa Jepangmu melalui kursus bahasa Jepang online di Cakap! Di sana kamu bisa improve bahasa Jepangmu bersama para teachers professional. Yuk, daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.