Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jepang!

kuliah-di-jepang

Jepang menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang terkenal dengan fasilitas teknologi dan pendidikan yang mumpuni. Sebagai negara maju, banyak orang bermimpi untuk mengunjungi negeri tersebut, baik untuk mengejar karier, maupun melanjutkan pendidikan. Bicara tentang pendidikan, bukan rahasia umum lagi kalau Jepang menjadi salah satu negara favorit bagi para pelajar untuk melanjutkan kuliah di sana. 

Buat kamu yang masih ragu buat lanjutin kuliah di Jepang, yuk baca dulu alasan kenapa kamu harus kuliah di Jepang! Dan untuk kamu yang tahun ini sudah merencanakan study ke Jepang, cek dulu yuk cara-cara dan syarat kuliah di Jepang!

Alasan Kuliah di Jepang

 

alasan-kuliah-di-jepang
Photo from Freepik

Kira-kira ada hal menarik apa sih yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus kuliah di Jepang? Let’s check it out!

Kualitas Pendidikan


Alasan pertama adalah kualitas pendidikan. Jepang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Tidak hanya itu, Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu negara dengan fasilitas kampus terbaik, lho.

Belajar Budaya dan Tradisi Jepang


Hal menarik yang bisa jadi alasan kamu kuliah di Jepang adalah budaya dan tradisi. Jepang menjadi salah satu negara di kawasan Asia Timur yang terkenal dengan kebudayaannya yang kental serta tradisinya yang unik dan beragam.

Jepang Salah Satu Negara Teraman di Dunia


Alasan ketiga ini penting banget! Merantau jauh ke negeri orang membuat kita dan keluarga khawatir akan keselamatan dan keamanan ketika di sana. Eits, tapi jangan khawatir! Karena Jepang merupakan salah satu negara paling aman di dunia.

Meningkatkan Kedisiplinan dan Belajar Hidup Teratur


Kamu pasti pernah dong dengar kabar kalau Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan gaya hidup teratur dan tingkat kedisiplinan yang tinggi? Melanjutkan kuliah di Jepang akan melatihmu untuk disiplin dan menjalankan hidup teratur melalui kebiasaan dan lingkungan sekitar.

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Cara Kuliah di Jepang

 

cara-kuliah-di-jepang
Photo from Freepik

Ada dua cara untuk melanjutkan kuliah di Jepang (dilihat dari sumber pendanaan). Yang pertama, kamu bisa menggunakan biaya pribadi. Cara ini mengharuskanmu untuk mendaftar kuliah secara mandiri menggunakan biaya sendiri.

Nah, cara yang kedua adalah cara yang paling banyak dicari, yaitu melalui beasiswa. Ada banyak beasiswa kuliah di Jepang yang bisa kamu ambil, beberapa di antaranya adalah Mitsui Bussan Scholarship Program, Ajinomoto Scholarship, dan Joint Japan World Bank Scholarship Program (JJ/WBGSP).

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Syarat Kuliah di Jepang

 

syarat-kuliah-di-jepang
Photo from Pexels

Ada beberapa syarat kuliah di Jepang yang harus kamu penuhi. Yuk, simak baik-baik dan catat syarat-syaratnya!

Mampu Berbahasa Jepang


Syarat kuliah di Jepang yang pertama adalah mampu berbahasa Jepang. Mengapa demikian? Karena mayoritas bahasa pengantar perkuliahan di sana menggunakan bahasa Jepang. Maka tak heran jika para mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke Jepang, akan mengambil kursus bahasa Jepang terlebih dahulu, guna memperlancar bahasa Jepang mereka.

Memiliki Sertifikat Kemampuan bahasa


Mahir berbahasa asing saja tidaklah lengkap tanpa adanya sertifikat yang membuktikan kemampuan bahasa seseorang. Bagi para mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang, harus memiliki sertifikat bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Tidak menutup kemungkinan juga kalau ada universitas yang mewajibkan calon mahasiswanya untuk melampirkan sertifikat
JLPT.

Mengikuti Ujian Masuk Universitas


Syarat yang terakhir ini nggak boleh sampai ke-skip! Para calon mahasiswa internasional harus mengikuti ujian masuk universitas yang dikenal dengan EJU (Examinations for Japanese University). EJU ini biasanya diadakan selama 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan November.

Itu dia alasan kenapa Jepang menjadi salah satu negara yang layak kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan. Tidak hanya itu, sekarang kamu sudah punya banyak informasi tentang cara dan syarat kuliah di Jepang, bukan?

Untuk mewujudkan mimpimu kuliah di Jepang, yuk persiapkan dari sekarang! Asah kemampuan berbahasa Jepangmu melalui kursus bahasa Jepang online di Cakap! Di sana kamu bisa improve bahasa Jepangmu bersama para teachers professional. Yuk, daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.