5 Program Beasiswa Jepang buat Kamu yang Mau Kuliah di Jepang

beasiswa jepang

Jepang bukan hanya terkenal akan budaya dan teknologinya aja. Sistem pendidikan di Jepang juga patut diacungi jempol. Nggak heran kalo orang berlomba-lomba daftar beasiswa Jepang dan mengincar kampus-kampus favoritnya.

Kamu juga mau kuliah ke Jepang tanpa mengeluarkan duit orang tua? Nah berikut program beasiswa Jepang yang bisa jadi kesempatan kamu untuk kuliah di luar negeri!

Table of Contents

Beasiswa Kuliah di Jepang

(1) Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia

Kamu tau Jerome Polin, Youtuber asal Indonesia yang kuliah di Jepang? Yap, dia adalah salah satu penerima beasiswa ini loh!

Mitsui Bussan Scholarship Program merupakan program beasiswa yang didanai oleh perusahaan manufaktur asal Jepang, Mitsui & co. Program ini diberikan khusus untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi sarjana di Jepang.

Berapa dana yang akan penerima beasiswa dapat? Wait, kamu perlu tahu berapa lama waktu studi kamu di Jepang sebelum bahas dana. Jadi, kamu akan kuliah selama 5,5 tahun. Selama 5,5 tahun kamu akan belajar bahasa Jepang untuk test JLPT selama 1,5 tahun dan kuliah reguler selama 4 tahun. 

Nah, Mitsui Bussan Scholarship Program terbuka untuk pelajar SMA baik dari IPA maupun IPS dengan nilai mata pelajaran minimal 80. Bidang studi yang ditawarkan diantaranya:

Study of Science and Engineering:

  • Matematika, Fisika, Kimia, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Biologi, Biofisika, Geologi;
  • Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, dan masih banyak lagi

Study of Social Sciences, Business, and Commerce:

  • Ilmu Politik, Hukum
  • Ekonomi, Sejarah Ekonomi, Kebijakan Ekonomi
  • Akuntansi, Pemasaran, dan masih banyak lagi

Berbicara soal benefit, kamu sebagai penerima beasiswa akan mendapat pembiayaan penuh untuk biaya studi. Selain itu kamu akan mendapat ¥ 145.000/bulan, ¥ 50.000 pada awal kedatangan, biaya belajar bahasa, dan tempat tinggal.

Enak banget kan? Jadi kamu tinggal bawa koper aja, engga perlu pusing-pusing mikirin duit lagi. Kamu bisa riset lebih lanjut soal beasiswa ini terkait tanggal pendaftaran dan seleksinya. Semangat!

Baca Juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa Asing di Jepang?

(2) Ajinomoto Scholarship

Beasiswa Jepang selanjutnya yang bisa kalian daftar adalah Ajinomoto Scholarship. Ajinomoto Scholarship merupakan beasiswa post-graduate atau S2 untuk pelajar Indonesia yang diberikan oleh Ajinomoto Foundation. Beasiswa ini telah berjalan sejak 2010 dan tiap tahunnya mengirimkan satu orang ke Jepang.

Ada enam pilihan universitas yang ditawarkan oleh Ajinomoto Scholarship yaitu Tokyo University, Kyoto University, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, Nagoya University, dan Waseda University.

Ajinomoto Scholarship memberikan beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di bidang Nutrition, Pure Chemistry, Biology, Public Health, dan Food Technology. Kalau mau daftar, minimal ipk yang dibutuhkan yaitu 3,5.

Nah, benefit apa aja sih yang bakalan kamu terima kalau terpilih menjadi penerima beasiswa? Kamu bakal dapet pembiayaan penuh, ¥ 150.000/bulan, tiket pesawat ke Jepang, biaya kursus bahasa, dan masih banyak lagi!

Kalau kamu masih kuliah dan ingin mengejar beasiswa ini, kamu harus semangat belajar agar setidaknya kamu bisa lolos dari syarat minimum ipk.

(3) Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program

Joint Japan World Bank Scholarship Program (JJ/WBGSP) adalah program beasiswa yang diberikan untuk negara berkembang yang menjadi anggota World Bank. Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi S2, guys.

JJ/WGSP dibuka untuk sekitar 50-an negara di dunia termasuk Indonesia salah satunya. Gak hanya di Jepang, program ini juga menawarkan untuk kuliah di negara lain seperti Amerika dan Afrika.

Ada berbagai jurusan atau bidang studi yang ditawarkan oleh program beasiswa ini, contohnya seperti Ekonomi, International Relations, Information Science and Engineering, dan masih banyak lagi.

Nah soal benefit, sebagai penerima beasiswa kamu gak perlu pusing mikir biaya kuliahnya karena udah dibayarin penuh sama program ini. Udah gitu kamu juga bakal dapet tunjangan hidup bulanan, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi.

Ayo Kuasai Bahasa Jepang di Cakap,

Biar Siap Kuliah di Jepang!

(4) Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Jepang selanjutnya adalah beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa ini diberikan oleh Kementrian Pendidikan, Olahraga, Budaya, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang. Program beasiswa ini ditujukan untuk para pelajar yang ingin melanjutkan studi S1 hingga Pascasarjana.

Beasiswa Monbukagakusho menyediakan banyak pilihan program studi yang bisa dipilih para pelajar Indonesia, baik di rumpun humaniora maupun sains. Ketika mendaftar, peserta dibolehkan untuk memilih 1-3 program studi yang paling diminati. Setelah diterima di salah satu program studi, para pendaftar beasiswa ini tidak langsung berangkat kuliah ke Jepang.

Sebelum mulai masa perkuliahan, mereka akan dibekali training dan mengikuti sekolah persiapan selama satu tahun. Dalam sekolah persiapan tersebut, mereka akan mempelajari bahasa Jepang, bahasa Inggris, dll.

Beberapa keuntungan yang didapat dari beasiswa ini adalah:

  • Beasiswa kuliah fully funded
  • Tiket pesawat
  • Biaya pendaftaran dan seleksi gratis
  • Uang tunjangan
  • Tidak terikat ikatan dinas

(5) Beasiswa Panasonic

Beasiswa kuliah di Jepang yang satu ini juga nggak kalah menarik, lho. Beasiswa Panasonic masuk ke dalam kategori beasiswa dari yayasan dan perusahaan Jepang. Program beasiswa Jepang ini khusus ditujukan untuk kalian yang ingin mengambil program S2 dalam studi Matematika, Engineering, Agricultural, Biotechnology, Teknologi Informasi, dll.

Beasiswa Panasonic menunjang keperluan beasiswa kuliah selama 3 tahun. Beberapa keuntungan yang didapat dalam beasiswa ini adalah:

  • Biaya kuliah SPP per semester maksimal 250.000 yen
  • Uang saku
  • Tiket pesawat


Jurusan Kuliah di Jepang yang Paling Populer

Setelah membahas beasiswa Jepang, kalian juga perlu mengetahui beberapa jurusan kuliah di Jepang yang paling populer.

(1) Animasi

Jepang dikenal dengan negara penghasil animasi-animasi yang populer. Tak heran jika jurusan kuliah ini menjadi incaran bagi mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional. Buat kalian yang sangat menyukai dan mengikuti animasi-animasi Jepang, bisa banget ambil program studi ini. 

Universitas di Jepang dengan jurusan Animasi terbaik yang bisa kamu tuju adalah Tokyo University of Arts, Japan Animation and Manga Collage, Kyoto Seika University, dll.

 (2) Bisnis dan Manajemen

Jurusan Bisnis dan Manajemen juga menjadi salah satu jurusan yang paling diincar oleh para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang. Derasnya arus globalisasi dan bisnis yang kian berkembang menjadikan program studi ini ramai diminati. Jika kalian ingin kuliah di Jepang dan mengambil jurusan Bisnis Manajemen, kalian bisa masuk ke Waseda University, Kwansei Gakuin University, dan Nagoya University.

(3) Teknologi Informatika

Kemajuan negara Jepang dalam bidang teknologi di kawasan Asia, menjadikan banyak pelajar ingin belajar langsung seputar Teknologi Informatika di Negeri Sakura tersebut. Beberapa kampus dengan jurusan Teknologi Informatika terbaik adalah Teikyo University, Fukuoka University, dll.

(4) Pariwisata

Nggak kalah populer dari jurusan yang sudah disebutkan sebelumnya, jurusan kuliah Pariwisata ini menjadi jurusan yang paling diidam-idamkan banyak orang. Hal tersebut tentu berkaitan dengan banyak dan pesatnya perkembangan industri pariwisata di Jepang.

Beberapa universitas di Jepang dengan jurusan Pariwisata terbaik adalah Tokyo Institute of Tourism, Hokkaido University, dan Meikai University.

Masih banyak program beasiswa Jepang yang bisa kamu cari untuk kuliah ke Jepang. Selain mengetahui program apa aja, kamu juga harus tau jenis beasiswa yang ditawarkan karena ada beragam, guys.

Untuk kuliah ke Jepang kamu wajib fasih bahasa Jepang dan kursus bahasa jepang. Meskipun kebanyakan program beasiswa menyediakan kelas bahasa, kamu bisa lho colong start dari sekarang dengan gabung kelas bahasa Jepang atau Tes Simulasi JLPT di Cakap. Kamu bisa belajar dimana dan kapan aja, jadi aktivitasmu yang lain gak keganggu.

Referensi:
-ican-education.com
-indobeasiswa.com

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.