Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat untuk Mahasiswa S1 dan S2

Beasiswa-Amerika-Serikat

Siapa nih yang mau kuliah ke Amerika Serikat? Pastinya banyak yang harus kalian persiapkan, seperti biaya, tempat tinggal, dan lainnya. Biasanya untuk kuliah keluar negeri dibutuhkan biaya yang besar. Tapi, kalian tidak perlu takut karena banyak beasiswa kuliah di Amerika yang tersedia.

Amerika Serikat sendiri merupakan negara favorit mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kebanyakan dari mahasiswa yang pergi kuliah ke Amerika merupakan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, baik itu dari pemerintah maupun swasta.

Buat kalian yang tertarik mencari beasiswa kuliah di Amerika, berikut beberapa beasiswa yang bisa diambil!

1. Foreign Fulbright Student Program

 

beasiswa Fulbright sumber : iq.usembassy.gov

Ini merupakan program beasiswa untuk S2 yang terpopuler dikalangan mahasiswa internasional. Beasiswa ini dapat ditemukan di 155 negara dan setiap tahunnya menerima 4 ribu mahasiswa asing yang siap menempuh pendidikan di universitas yang ada di Amerika. Program ini merupakan program pemerintah Amerika Serikat.

2. Hubert Humphrey Fellowship Program

Hubert Humphrey Fellowship Program sumber : www.lasuinfo.com

Program yang satu ini diambil dari nama salah satu mantan Wakil Presiden Amerika Serikat pada tahun 1965 – 1969 yaitu Hubert Humphrey, Program ini memberikan beasiswa selama 10 bulan di 13 kampus yang telah bekerjasama dengan Humphrey. Ada lebih dari 5 ribu orang di seluruh dunia yang ikut di program ini sejak terbentuknya. Program ini juga merupakan program pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga :

3. Abbey Road Summer Scholarship

Abbey Road programs sumber : michaelcottam.com

Program Abbey Road ini ditujukan kepada orang yang ingin melakukan kegiatan ketika sedang berlibur musim panas. Beasiswa ini menawarkan $ 1000 untuk mahasiswa jurusan Seni dan Bahasa, dan $ 500 untuk kelas di musim panas. Program beasiswa ini merupakan beasiswa non-pemerintah.

4. The Next Gen Scholarship Fund

Program beasiswa ini ditujukan untuk siswa international dan bukan warga negara Amerika Serikat. Andrena Sawyer berharap dengan adanya program ini siswa yang mengikutinya memperoleh pendidikan yang tinggi dan menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk siswa itu sendiri. Program ini berlaku di kampus-kampus yang ada di Washington DC, Maryland, an Virginia. The Next Gen memberikan beasiswa sebesar $ 1000 pada musim gugur. Syarat dari beasiswa ini yaitu harus memiliki IPK minimal 3.0, harus warga negara asing, dan harus mengisi semua aplikasi dengan lengkap (Jika tidak lengkap maka aplikasi yang diajukan akan ditolak). Program ini merupakan program beasiswa non-pemerintah.

5. East-West Center Scholarship and Fellowship

East-West Center Scholarship and Fellowship sumber : mh.usembassy.gov

Selanjutnya, East-West Center Scholarship adalah program beasiswa non-pemerintah yang ditujukan bagi pelajar yang ada di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Program ini dibuat sejak tahun 1960 dan telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 8 ribu pelajar di Asia Pasifik. Program ini berfokus di pengembangan komunitas lokal dan budaya.

6. Knight Hennessy Scholars

Knight Hennessy Scholars

                                         sumber : scholarsofficial.com

Beasiswa ini dipersembahkan oleh salah satu universita terbaik di dunia, yaitu Stanford University. Selain memberikan tunjangan akademik, Knight Hennessy Scholars juga memberikan tunjangan berupa biaya hidup dan biaya perjalanan untuk satu tahun perjalanan. So, buat kamu para lulusan sarjana yang tertarik melanjutkan program pascasarjana, yuk coba beasiswa yang satu ini!

7. Rotary Peace Fellowship

Rotary Peace Fellowship sumber : youthop.com

Program beasiswa ini memberikan hingga 100 beasiswa yang didanai penuh (uang sekolah dan biaya, kamar dan asrama, transportasi pulang pergi, dan semua biaya magang dan studi lapangan) untuk para siswa yang siap untuk menjadi pemimpin dan belajar di salah satu Rotary Peace Center. melalui pelatihan akademik, praktik, dan peluang jaringan global, program Rotary Peace Center. Setiap tahun, The Rotary Foundation memberikan hingga 50 beasiswa untuk gelar master dan 50 untuk studi sertifikat di universitas-universitas terkemuka.

Nah, itu dia beberapa beasiswa yang akan membantu mu untuk mencapai impianmu belajar di universitas yang ada di Amerika Serikat. Selain mencari tahu program beasiswa, beberapa tips dan persiapan kuliah di luar negeri khususnya Amerika adalah mencari tahu jurusan yang akan kalian ambil, kampus tujuan, dan mengikuti tes bahasa. Maka dari itu, kalian harus menguasai bahasa Inggris sebelum pergi ke Amerika. Untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrismu, yuk coba belajar di kelas Bahasa Inggris Cakap!

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup