Ingin Kuliah di Amerika Serikat? Berikut Beberapa Beasiswa yang Harus Kalian Pertimbangkan

Siapa nih yang mau kuliah ke Amerika Serikat? Pastinya banyak yang harus kalian persiapkan, seperti biaya, tempat tinggal, dan lainnya. Biasanya untuk kuliah keluar negeri dibutuhkan biaya yang besar. Tapi, kalian tidak perlu takut karena banyak beasiswa yang tersedia.

Amerika Serikat sendiri merupakan negara favorit mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kebanyakan dari mahasiswa yang pergi kuliah ke Amerika merupakan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, baik itu dari pemerintah mau pun swasta.

Tips yang harus kalian laksanakan sebelum pergi kuliah ke Amerika yaitu mencaritahu jurusan yang akan kalian ambil dan kampus tujuan, ikuti tes bahasa, dan mengambil program beasiswa yang tersedia. Berikut beberapa beasiswa untuk kalian yang ingin melanjutkan studi ke Amerika.

1. Foreign Fulbright Student Program

 

beasiswa Fulbright sumber : iq.usembassy.gov

Ini merupakan program beasiswa untuk S2 yang terpopular dikalangan mahasiswa internasional. Beasiswa ini dapat di temukan di 155 negara dan setiap tahunnya menerima 4 ribu mahasiswa asing yang siap di kuliahkan di universitas yang ada di Amerika. Program ini merupakan program pemerintah Amerika Serikat.

2. Hubert Humphrey Fellowship Program

sumber : www.lasuinfo.com

Program yang satu ini diambil dari nama salah satu mantan Wakil Presiden Amerika Serikat pada tahun 1965 – 1969 yaitu Hubert Humphrey, Program ini memberikan beasiswa selama 10 bulan di 13 kampus yang telah bekerjasama dengan Humphrey. Ada lebih dari 5 ribu orang di seluruh dunia yang ikut di program ini sejak terbentuknya. Program ini juga merupakan program pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga :

3. Abbey Road Summer Scholarship

Abbey Road programs sumber : michaelcottam.com

Program Abbey Road ini ditujukan kepada orang yang ingin melakukan kegiatan ketika sedang berlibur musim panas. Beasiswa ini menawarkan $ 1000 untuk mahasiswa jurusan Seni dan Bahasa, dan $ 500 untuk kelas di musim panas. Program beasiswa ini merupakan beasiswa non-pemerintah.

4. The Next Gen Scholarship Fund

Program beasiswa ini ditujukan untuk siswa international dan bukan warga negara Amerika Serikat. Andrena Sawyer berharap dengan adanya program ini siswa yang mengikutinya memperoleh pendidikan yang tinggi dan menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk siswa itu sendiri. Program ini berlaku di kampus-kampus yang ada di Washington DC, Maryland, an Virginia. The Next Gen memberikan beasiswa sebesar $ 1000 pada musim gugur. Syarat dari beasiswa ini yaitu harus memiliki IPK minimal 3.0, harus warga negara asing, dan harus mengisi semua aplikasi dengan lengkap (Jika tidak lengkap maka aplikasi yang di ajukan akan ditolak). Program ini merupakan program beasiswa non-pemerintah.

Baca Juga :

5. East-West Center Scholarship and Fellowship

sumber : mh.usembassy.gov

Selanjutnya, East-West Center Scholarship adalah program beasiswa non-pemerintah yang ditujukan bagi pelajar yang ada di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Program ini dibuat sejak tahun 1960 dan telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 8 ribu pelajar di Asia Pasifik. Program ini berfokus di pengembangan komunitas lokal dan budaya.

6. Model UN – UNESCO Center for Peace (CFP)

sumber : harvardmun.org

Siapa sih yang tidak tau UNESCO? UNESCO merupakan salah satu badan milik PBB. UNESCO memiliki program pendidikan yang didedikasikan khusus untuk kepentingan seluruh anak di dunia, karena program tersebut, maka terbentuklah UNESCO Center for Peace. UNESCO CFP membuat sebuah oraganisasi yang berjalan di banyak universitas yang ada di Amerika, organisasi itu disebut Model UN. Para anggota Model UN akan mendapatkan beasiswa dan sertifikat ekslusif dari UNESCO. Ada beberapa syarat agar kaluan bisa di terima di Model UN, diantaranya adalah memiliki IPK minimal 3.3 atau nilai rata-rata 8, menulis essay 300 kata dengan tema “How does International Education Support Global Citizenship”, dan memiliki pengalaman dalam sebuah organisasi atau komunitas.

7. Rotary Peace Fellowship

sumber : youthop.com

Program beasiswa ini memberikan hingga 100 beasiswa yang didanai penuh (uang sekolah dan biaya, kamar dan asrama, transportasi pulang pergi, dan semua biaya magang dan studi lapangan) untuk para siswa yang siap untuk menjadi pemimpin dan belajar di salah satu Rotary Peace Center. melalui pelatihan akademik, praktik, dan peluang jaringan global, program Rotary Peace Center. Setiap tahun, The Rotary Foundation memberikan hingga 50 beasiswa untuk gelar master dan 50 untuk studi sertifikat di universitas-universitas terkemuka.

Nah, itu dia beberapa beasiswa yang akan membantu mu untuk mencapai impian mu belajar di universitas yang ada di Amerika Serikat. Kalian harus ingat beberapa tips yang tadi telah disampaikan ya. Terutama, kalian harus menguasai bahasa Inggris sebelum pergi ke Amerika. Kalian bisa mencoba kelas Bahasa Inggris di Cakap. Caranya, kalian hanya perlu mendownload apps-nya di smartphone kalian dan mendaftarkan diri. Kalian akan mendapatkan trial class selama 7 hari loh. Buruan daftar!

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google