Cari Tahu Lebih Jauh Yuk 4 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah

beasiswa pemerintah indonesia

Apakah saat ini kamu sedang kebingungan mencari cara untuk melanjutkan studi mu? Atau mau mewujudkan cita-citamu tapi terhalang oleh biaya kuliah yang semakin mahal? Tenang, karena sekarang pemerintah sudah menyediakan berbagai macam program beasiswa lho untuk memfasilitasi mimpimu! Bahkan, kabar baiknya beasiswa-beasiswa tersebut tidak hanya terbatas bagi universitas dalam negeri, tetapi juga sampai ke universitas luar negeri.

Wah, seru banget ya sekarang semakin banyak jalan menuju Roma! Tertarik untuk mengetahui apa saja beasiswanya? Berikut penjelasan singkat tentang 4 beasiswa pemerintah tersebut yang siap membantu kuliahmu:

Beasiswa DIKTI

source: pendaftaranmahasiswa.web.id

Tak hanya untuk jenjang kuliah S1, beasiswa DIKTI juga terbuka bagi yang mau melanjutkan kuliah S2 dan S3. Selain mahasiswa, target dari beasiswa DIKTI pun termasuk dosen dan tenaga kependidikan. Sementara untuk program ke luar negeri, dosen dan tenaga kependidikan juga diberi kesempatan untuk ikut setiap tahunnya.

Secara keseluruhan, beasiswa DIKTI meliputi biaya pendidikan, biaya kehidupan, dan biaya perjalanan. Universitas yang sudah bekerja sama dengan Lembaga DIKTI dijamin memiliki kualitas yang sudah diakui secara global dan berstandar internasional.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

beasiswa unggulan kemendikbud
source: pendaftaranmahasiswa.web.id

Sama seperti DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia juga menawarkan beasiswa untuk S1, S2, dan S3 di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu program andalan Kemendikbud yaitu Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang dibuka untuk siswa berprestasi supaya dapat melanjutkan studi S1, S2, dan S3 di luar negeri.

Program yang pendaftarannya hanya dibuka 2 tahun sekali ini mencakup biaya yang cukup lengkap mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, visa, biaya buku, biaya penelitian, hingga tunjangan kedatangan. Pegawai yang bekerja di Kemendikbud juga mendapat kesempatan dan cakupan biaya yang sama untuk belajar di luar negeri agar dapat meningkatkan kualitas kinerjanya.

Beasiswa LPDP

beasiswa lpdp
source: ehef.id

Dikelola oleh Kementerian Keuangan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan membuka beasiswa bagi siswa yang tak hanya berprestasi secara akademik, tapi juga memiliki keterampilan dan keinginan untuk memajukan Indonesia. Program beasiswa ini hanya dibuka untuk studi S2 dan S3 untuk di dalam serta di luar negeri. Untuk studi di luar negeri, LPDP akan membiayai biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, visa, asuransi kesehatan, tunjangan keluarga, dan lainnya.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

beasiswa pbsb
source: ditpdpontren.kemenag.go.id

PBSB adalah program di bawah naungan Kementerian Agama yang berfokus pada perluasan akses santri untuk meneruskan gelar sarjana dan profesi. Program ini pun tidak main-main karena melewati cukup banyak proses seperti system seleksi untuk santri hingga proses pembinaan saat sedang studi maupun pengabdian setelah lulus. Jadi, kalau kamu sebelumnya sedang studi di Madrasah Aliyah ataupun Pesantren, sangat bisa mencoba program yang sudah bekerja sama dengan 13 universitas di Indonesia ini.

Setelah mengetahu rangkuman informasi beasiswa-beasiswa tersebut, apakah kalian tertarik untuk mencoba salah satunya? Nah, pastikan kalian membaca lebih lanjut ya persyaratan dan proses seleksi di Lembaga yang bersangkutan! Sebelumnya kalian juga bisa mengikuti persiapan belajar dengan aplikasi Cakap, terutama yang tertarik untuk mendaftar beasiswa studi ke luar negeri. Kalian bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing kalian kapan saja dan dimana saja dengan tenaga ahli professional di Cakap.

Yuk, Coba Beasiswa BLCC. Kamu Bisa Belajar Bahasa Langsung Lho ke Cina. Klik Dibawah Ini

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google