Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri untuk S1 dan S2

cara-dapat-beasiswa-luar-negri

Mimpi kuliah di luar negeri dengan beasiswa, bukanlah sesuatu yang mustahil didapat. Buktinya, ada banyak anak-anak muda Indonesia yang dapat mengenyam pendidikan S1, S2, dan S3 di luar negeri dengan bantuan beasiswa. Kesempatan juga terbuka lebar untukmu bisa merasakan kuliah di luar negeri dengan beasiswa fully funded. Tapi gimana ya cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri untuk mahasiswa maupun umum?

Tenang, untuk pertanyaan dan keresahan ini, Cakap punya jawaban untukmu! Yuk, intip cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri plus beberapa jenis beasiswanya!

Table of Contents

Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Berikut ini tips sukses cara mendapatkan beasiswa kuliah S1 dan S2 di luar negeri!

(1) Rajin Bertanya dan Mencari Informasi

Ada pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat di jalan”. Dalam kasus ini, malu bertanya sama dengan kekurangan informasi. Buat kamu yang benar-benar niat lanjut kuliah di luar negri, wajib hukumnya untuk banyak bertanya dan mengumpulkan informasi.

Tapi yang menjadi pertanyaan, harus tanya ke siapa ya? Gampang! Kamu bisa bertanya pada orang-orang yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Kamu bisa mengikuti seminar-seminar yang membahas info beasiswa. Ajukan pertanyaan secukupnya dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

(2) Pilih Beasiswa dan Kampus yang Ingin Kamu Tuju

Ini Penting! ketika kamu membuat sebuah keinginan, pastikan kamu menyusun sebuah tujuan. Cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri selanjutnya mengharuskanmu untuk menentukan tujuan kampus, negara, dan beasiswa yang ingin kamu tuju secara jelas.

Misalnya, kamu ingin melanjutkan S2 Linguistic di Leiden University Belanda, dengan beasiswa dari pemerintah, yaitu beasiswa LPDP.

(3) Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Setelah mengumpulkan informasi dan memilih kampus tujuan yang pasti, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen dan surat-surat yang diperlukan.

Biasanya, untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu membutuhkan dokumen, seperti ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi, paspor, fotokopi KTP, pas photo, dll.

(4) Buat Motivation Letter, Artikel, Essay yang Menarik

Melanjutkan dari poin sebelumnya, salah satu yang biasanya menjadi syarat mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri adalah membuat motivation letter, CV beasiswa, artikel, dan essay.

Pastikan kamu menyiapkannya dengan baik dan matang. Buatlah semenarik dan semeyakinkan mungkin. Ingat, tulisan yang kamu buat akan menjadi wakil dari kepribadian dan tingkat kecerdasanmu. 

(5) Latihan Interview

Kamu mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri kamu harus menghadapi yang namanya tes atau seleksi interview.

Maka dari itu, sebelum hari H, perbanyaklah berlatih dan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan muncul dalam sesi interview. Selain menyiapkan materi yang akan ditanyakan, kamu juga perlu menyiapkan mental yang kuat agar kamu dapat terlihat percaya diri. 

(6) Siapkan Bekal Bahasa

Cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri yang satu ini adalah sebuah persyaratan wajib dan dasar. Mengapa demikian? Untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, tentu kamu harus memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, terlebih bahasa yang digunakan sebagai pengantar perkuliahan.

Jauh sebelum itu, kamu juga perlu menyiapkan bekal bahasa karena nantinya kamu harus melampirkan surat bukti kemahiran berbahasa asing, seperti TOEFL, IELTS, HSK, TOPIK, JLPT, dll.

Jenis Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Ada beberapa jenis beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa kamu daftar. Berikut uraiannya!

Beasiswa Prestasi

Jenis beasiswa ini ditawarkan untuk kamu yang memiliki prestasi dan kemampuan yang mumpuni di bidang akademik tertentu. Biasanya, untuk mendapatkan beasiswa prestasi, akan dilakukan penilaian dari riwayat pendidikan akademis pendaftar.

Beasiswa Pemerintah

Salah satu jenis beasiswa yang cukup banyak diminati adalah beasiswa dari pemerintah. Sumber beasiswa ini dari berbagai lembaga pemerintahan yang dibuka untuk umum. Beberapa beasiswa dari pemerintah yang paling terkenal dan banyak diminati adalah LPDP, LIPI, dan Bappenas.

Beasiswa Swasta

Lembaga swasta juga nggak mau ketinggalan nih. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pihak swasta. Namun, biasanya beasiswa yang diberikan oleh pihak swasta bergantung pada suatu industri dan program studi tertentu.

Misalnya, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertanian membuka kesempatan beasiswa, akan tetapi program beasiswa yang diambil biasanya terbatas hanya di lingkup yang berkaitan dengan industri perusahaan tersebut.

Beasiswa Perguruan Tinggi

Biar lebih praktis, kamu bisa nih coba jenis beasiswa yang satu ini. Langkah pertama yang bisa kamu mulai adalah menetapkan kampus luar negeri tujuan, kemudian cari tahu informasi beasiswa yang ada di perguruan tinggi tujuanmu.

Beasiswa Atletik

Beasiswa ini cocok banget buat para pelajar atau mahasiswa yang memiliki bakat tertentu dalam bidang atletis. Program beasiswa tidak terbatas hanya untuk akademis saja, mereka yang memiliki kemampuan baik di bidang olahraga juga bisa mendapatkan beasiswa.

So, gimana? Sekarang udah punya lebih banyak gambaran untuk menyusun strategi dapetin beasiswa kuliah di luar negeri, bukan? Sambil cari-cari beasiswa kuliah di luar negeri, jangan lupa juga untuk cari informasi persiapan kuliah di luar negeri. Semoga mimpi dan cita-citamu lekas mendekat dan tercapai ya, Sobat Cakap!

Referensi:
-idp.com
-ehef.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.