Mau Dapat Beasiswa Sekolah ke Luar Negeri? Simak 5 Cara Berikut

Beasiswa biasanya identik dengan seseorang yang memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan di sini tidak melulu soal akademis, namun juga lebih ke masalah tekad ataupun minat seseorang terhadap suatu hal. Sudah pasti akan ada perasaan bangga jika kamu berhasil meraih beasiswa sesuai dengan apa yang dicita-citakan.

Kali ini, Cakap akan sedikit membahas mengenai cara mudah mendapatkan beasiswa khususnya buat kamu yang mau melanjutkan sekolah ke luar negeri. Jika kamu berorientasi untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi atau bahkan ingin menjajal dunia internasional, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan beasiswa.

Ada dua jenis beasiswa yang biasanya diperebutkan oleh banyak mahasiswa, yakni beasiswa dari pemerintah dan juga beasiswa dari swasta. Sudah jelas jika beasiswa pemerintah merupakan bentuk apresisasi pemerintah khususnya kementerian pendidikan dalam memajukan pendidikan bangsa.

Selain itu ada juga beasiswa swasta yang penyelenggaranya merupakan perusahaan atau lembaga non-kepemerintahan. Beasiswa swasta ini bisa berasal dari universitas maupun juga dari perusahaan tertentu yang concern dalam memajukan pendidikan di negeri ini.

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa

Cukup pembahasan mengenai beasiswanya, sekarang mari kita telusuri lebih dalam bagaimana sih supaya bisa dapat beasiswa dengan mudah. Simak kiat-kiat berikut ini.

1. Cerdik Melihat Peluang

Meraih beasiswa yang kamu cita-citakan tidak akan berhasil jika kamu tidak berusaha dengan sungguh-sungguh. Salah satu caranya adalah dengan melihat berbagai macam peluang yang ada. Jika di kampusmu sedang ada pembukaan beasiswa maka sesegera mungkin untuk mencari tahu syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan. Selain itu kamu juga wajib tahu kapan batas waktu penyelenggaraannya. Jangan sampai terlambat!

Ketahuilah kemampuan dirimu. Jika kamu memiliki bakat sebagai atlet olahraga, maka hal tersebutlah yang harus kamu latih dan kembangkan lebih jauh lagi. Kumpulkan sebanyak mungkin portofolio yang pernah kamu raih untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu layak untuk diberi penghargaan berupa beasiswa.

2. Sering-seringlah Belajar, Berlatih, dan Berdoa

Hal ini merupakan modal utama bagi kamu yang ingin lolos beasiswa incaran. Jangan merasa bahwa kamu sudah ahli, namun terus asah kemampuanmu untuk membangun kualitas diri. Semakin besar cakupan beasiswa yang kamu ikuti, maka semakin berat pula pesaingnya. Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa supaya bisa dimudahkan dalam proses seleksi beasiswa.

Baca Juga:

3. Carilah Informasi Sebanyak Mungkin

Biasanya pengumuman beasiswa dipampang di papan pengumuman atau pun di website dan iklan-iklan lainnya. Rajin-rajinlah mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan beasiswa tersebut. Jangan sampai kamu gagal karena informasi yang ada tidak sampai di telingamu. Hal ini tentunya akan membuat kamu sangat kecewa.

4. Mintalah Rekomendasi dari Dosen

Hal yang tidak kalah penting adalah rekomendasi dari dosen kamu. Pastikan jika kamu mencari rekomendasi ini, carilah dosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Contohnya kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen linguistik jika memang kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang tersebut.

Selain itu pastikan juga dosen tersebut memiliki jabatan khusus di kampusmu. Semakin tinggi jabatan strukturalnya maka rekomendasinya akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

5. Pelajari Bahasa Asing

Jika kamu memiliki impian untuk dapat melanjutkan studi kamu ke kancah internasional, kamu patut mencoba mempelajari bahasa asing mulai dari sekarang. Jika kamu kesulitan untuk menemukan bahasa apa yang ingin kamu pelajari, kamu bisa mulai dengan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris atau Mandarin.

Jika kamu kesulitan untuk mencari waktu belajar atau tutor bahasa Mandarin atau Inggris, kamu bisa mencoba di Cakap.com. Cakap menyediakan platform untuk belajar bahasa Mandarin dan Inggris langsung dari gadget kamu.

Tidak hanya itu, Cakap juga menyediakan beasiswa bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Tiongkok. Beasiswa ini bersifat half tuition scholarship. Kamu bisa mendapatkan beasiswa ini untuk belajar bahasa Mandarin langsung di BLCC, Tiongkok dengan proses seleksi yang sudah ditentukan.

beasiswa beijing blcc

Mengapa kamu harus coba Beasiswa Beijing dari Cakap? Kamu akan memiliki kesempatan untuk fasih berbahasa Mandarin dengan lebih singkat karena langsung belajar di Beijing. Jika kamu sudah selesai melanjutkan studi di sana, kamu bisa melanjutkan S-2 di Beijing. Kamu juga bisa menambah relasi dan teman baru dari seluruh dunia. Urusan tempat tinggal, kamu tidak perlu khawatir karena BLCC menyediakan fasilitas berupa asrama.

Nah, sekarang semakin yakinkah kamu untuk mengajukan beasiswa? Selain akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, sudah barang tentu orang tua kamu akan semakin bahagia melihat anaknya bisa berprestasi. Semoga berhasil ya guys dalam meraih beasiswa impianmu.

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google