Bagaimana Cara Kuliah di Amerika? Berikut 7 Caranya!

Bagaimana Cara Kuliah di Amerika? Berikut 7 Caranya!
https://www.freepik.com/free-photo/two-happy-students-with-backpacks-books-their-hands-smiling-camera_2583685.htm

Banyak di antara kamu yang bermimpi menginjakkan kaki dan berkuliah di Amerika Serikat, namun tidak tahu bagaimana caranya. Kamu mungkin tahu persis universitas Amerika mana yang ingin kamu pilih dan apa yang ingin kamu pelajari di sana tapi kamu tetap membutuhkan bimbingan tentang bagaimana langkah-langkah dan cara kuliah di Amerika Serikat.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara kuliah di Amerika, yuk cari tahu alasan kenapa Amerika menjadi salah satu negara tujuan studi yang terbaik!

Alasan Kamu Harus Kuliah di Amerika

(1) Fasilitas dan Kualitas Pendidikan

Kayaknya nggak perlu diragukan lagi ya kalau ngomongin fasilitas dan kualitas pendidikan di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, beberapa universitas terbaik dunia ada di benua itu. Amerika memiliki standar akademis yang bermutu. Fasilitasnya pun tidak main-main, berbagai teknologi canggih dan terbaru bisa kamu temukan di sana. 

(2) Ramah untuk Mahasiswa Internasional

Maksud ramah di sini adalah memberikan support system dan dukungan yang baik kepada para mahasiswa yang berasal dari mancanegara. Di Amerika, kamu bisa menemukan workshop dan training khusus untuk membantu mahasiswa internasional yang mungkin mengalami kesulitan.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dibantu dan dibimbing untuk dapat mudah beradaptasi dengan kultur setempat.

(3) Suasana Kampus yang Menyenangkan

Mungkin bagi sebagian mahasiswa, hidup di tengah negara asing akan cukup sulit dan sama sekali tidak menyenangkan. Namun, ternyata kuliah luar negeri tidak semenyeramkan itu. Kehidupan kampus di sana sangat menyenangkan. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai manca negara. Kamu juga dapat belajar kebudayaan unik yang belum pernah kamu tahu sebelumnya.

(4) Membantumu Lebih Mudah Mengejar Karier Impian

Kebanyakan kampus di Amerika menawarkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang. Hal tersebut bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa pada karier impian secara profesional. Selain menambah pengalaman dan ilmu baru, program magang juga dapat menambah penghasilanmu.

Belajar ke Luar Negeri Bersama Cakap, Berinteraksi Langsung Dengan Banyak Native, Nikmati Pengalaman Baru Kamu. Ayo Download Aplikasi Cakap!

Langkah atau Cara-Cara Kuliah di Amerika

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk mendaftar sekolah di Amerika Serikat.

(1) Tentukan Tujuan

Langkah atau cara kuliah di Amerika pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu perguruan tinggi mana yang cocok untukmu. Ketika memulai penelitian, mulailah dengan apa yang kamu ketahui tentang diri kamu. Ini dapat memberi kamu arahan dan membantu mempersempit daftar lembaga yang sesuai.

Ajukan pertanyaan seperti:

  • Apa tujuan karir saya?
  • Apa yang ingin saya pelajari?
  • Apakah saya perlu belajar bahasa Inggris atau meningkatkannya sebelum memulai masa perkuliahan?
  • Di mana saya ingin tinggal?
  • Pengalaman pendidikan seperti apa yang ingin saya miliki?
  • Apakah pengalaman sosial dan budaya juga penting?
  • Apakah saya unggul dalam lingkungan belajar dengan siswa yang lebih sedikit?
  • Apakah ada masalah biaya?
  • Apakah saya memiliki afiliasi agama yang perlu dipertimbangkan?

Sebagai siswa internasional, kamu juga harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apakah program gelar universitas atau perguruan tinggi Amerika diakui oleh pemerintah negara saya?
  • Apakah negara asal saya menerapkan peraturan apa pun sehubungan dengan belajar di Amerika Serikat?

Setelah kamu menjawab sebagian besar pertanyaan ini, kamu akan dapat menentukan kota, universitas, dan jurusan yang terbaik untuk kamu. Misalnya, jika kamu perlu belajar bahasa Inggris, mungkin kamu akan mempertimbangkan sebuah perguruan tinggi dengan kursus bahasa Inggris yang baik atau belajar bahasa Inggris di Indonesia melalui kursus bahasa Inggris online atau yang konvensional.

(2) Meneliti dan Memilih Sekolah

Agar realistis dan fleksibel, kamu harus tahu pilihan kamu. Ada ribuan universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat, mulai dari perguruan tinggi negeri hingga swasta, sekolah seni liberal, dan universitas negeri besar. Ivy Leagues bukan satu-satunya universitas dengan program bintang.

Pilih 5-10 sekolah untuk mendaftar. Jangan lupa untuk membaca persyaratan penerimaan mereka sebelum mendaftar.

(3) Daftar dan Ikuti Tes Penerimaan

Sebagian besar universitas dan perguruan tinggi akan meminta kamu untuk mengikuti tes penerimaan sebagai bagian dari aplikasi kamu, tesnya bisa berupa SAT atau ACT atau tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Skor kamu akan memainkan peran besar dalam menentukan apakah kamu diterima di universitas tersebut atau tidak. Perlu diingat bahwa setiap lembaga, serta program khusus di dalam lembaga tersebut, akan memiliki persyaratan skor yang berbeda.

Beberapa akademi komunitas dan program bahasa tidak memerlukan nilai ujian masuk untuk mendaftar. Jika skor kamu rendah, mungkin kamu harus mengikuti program bahasa Inggris intensif, atau menghadiri community college dan kemudian pindah ke universitas.

Baca Juga:

(4) Apply!

Menyelesaikan aplikasi bisa jadi hal yang rumit dan sangat menyibukan, tetapi prosesnya bisa menjadi jauh lebih mudah dan cepat, jika kamu mengumpulkan semua yang diperlukan untuk aplikasi itu sebelum memulai. Secara umum, berikut ini biasanya diperlukan:

  • Transkrip resmi sekolah menengah atas atau pendidikan perguruan tinggi terakhir dalam bahasa Inggris
  • Ijazah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris
  • Nilai tes (mis. SAT, ACT, TOEFL, IELTS, dll.)
  • Biaya pendaftaran
  • Surat rekomendasi
  • Esai yang sesuai dengan permintaan pihak kampus
  • Laporan keuangan

Banyak universitas dan perguruan tinggi akan memberi tahu informasi apa yang akan kamu butuhkan sebelum mendaftar. Setelah kamu memiliki segalanya, cari tempat yang tenang, ambil secangkir kopi atau teh, dan mulai mendaftar.

(5) Tentukan Anggaran

Sayangnya, kuliah di universitas Amerika bisa sangat mahal. Jika kamu merasa perlu bantuan keuangan, jangan mendaftar ke universitas yang tidak menawarkan bantuan keuangan atau beasiswa kepada siswa internasional. Setiap sekolah akan memiliki instruksi untuk mengajukan beasiswa atau bantuan.

Setelah kamu diterima di universitas pilihan kamu, kamu harus membayar deposit untuk jangka waktu mendatang.

(6) Ajukan Visa Pelajar kamu

Setelah kamu diterima oleh sekolah atau program SEVP (Student and Exchange Visitor Program), mereka akan mengirimi kamu formulir I-20 untuk diisi. Dengan formulir itu, kamu dapat mengajukan permohonan visa pelajar kamu secara online. Kemudian, kamu perlu membayar biaya SEVIS dan menjadwalkan wawancara visa kamu.

Baca Juga:

(7) Bersiap untuk Keberangkatan

Sebelum memulai studi kamu di AS, kamu perlu membuat pengaturan perjalanan, mencari dan memesan rumah siswa baik berupa kamar asrama atau apartemen sendiri, mendapatkan asuransi kesehatan, mengatur keuangan kamu untuk membayar uang sekolah dan pengeluaran lainnya.

Dengan semua saran ini, salah satu bagian terpenting adalah berbicara dengan universitas dan penasihat siswa internasional di universitas pilihan kamu selama proses ini. Mereka ingin membantu kamu, mereka ingin kamu menghadiri program mereka, dan mereka ingin membuat transisi kamu semulus mungkin. Semoga berhasil!

Itulah penjelasan mengenai kenapa kamu harus melanjutkan studi ke Amerika dan beberapa cara kuliah di Amerika. Untuk menggapai mimpimu selangkah lebih maju, selain melakukan persiapan kuliah di luar negeri, kamu juga perlu mempersiapkan bekal berupa bahasa Inggris. Yuk, gabung di kursus bahasa Inggris online Cakap! Di sana kamu akan dibimbing langsung oleh para teachers professional.

Referensi:
-easyuni.co.id
-westwork.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat