Lanjut Kuliah di AS atau Inggris ya? Ketahui Dulu Perbedaannya

Dari 10 universitas terbaik di dunia, hanya ada 1 yang tidak terletak di AS atau Inggris. 5 berada di Amerika Serikat dan 4 di Inggris. Amerika dan Inggris sama-sama merupakan negara maju yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan reputasi yang mapan. Maka tak heran apabila Amerika dan Inggris menjadi pilihan banyak orang dari berbagai penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikan.

Tak hanya kualitas pendidikan saja, kedua negara ini juga menawarkan pengalaman belajar yang seru. Sebelum memutuskan untuk lanjut kuliah ke salah satu universitas dari dua negara ini, ada baiknya kamu cari tahu dulu perbedaan kehidupan pelajar di AS dan Inggris supaya kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Fleksibilitas Belajar

 

Fleksibilitas Belajar source: giphy.com

Inggris

Program gelar sarjana di Inggris biasanya ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun. Begitu memilih jurusan, biasanya kamu tidak bisa mengubah-ubah pilihanmu, kecuali kamu mengulang lagi dari awal. Namun, ada beberapa universitas yang memiliki program joint degree dimana kamu bisa belajar dua subjek sekaligus.

AS

Program gelar sarjana di AS biasanya ditempuh dalam kurun waktu yang lebih lama yakni 4 tahun. Namun, universitas-universitas di AS memperbolehkan pelajarnya untuk mengganti jurusan dalam dua tahun pertama studi mereka.

Pelajar diberikan waktu yang lebih panjang untuk memutuskan bidang yang ingin ditekuni. Selain itu, mereka juga bisa mengambil mata kuliah tambahan (minor) yang memungkinkan mereka untuk belajar banyak hal dari berbagai bidang.

Baca Juga

 

Akomodasi

 

Akomodasi source: giphy.com

Inggris

Student Hall atau asrama sangat populer di kalangan mahasiswa baru. Banyak universitas di Inggris menawarkan akomodasi dengan kamar tidur pribadi dan dapur bersama. Beberapa bahkan memiliki kamar en-suite, dimana pelajar bisa memiliki kamar mandi sendiri di kamarnya.

AS

Banyak universitas di AS yang menyediakan akomodasi dalam kampus bagi pelajar.

Namun berbeda dengan akomodasi pelajar di Inggris, kebanyakan pelajar di AS memiliki teman sekamar atau roommate. Selain itu, tiap lantai rata-rata hanya memiliki satu kamar mandi untuk dipakai bersama oleh seluruh mahasiswa pada lantai tersebut.

Kesempatan kerja

Inggris

Saat ini, pelajar Eropa memiliki kebebasan untuk bekerja di Inggris, walaupun universitas menyarankan pelajarnya untuk bekerja hanya beberapa jam saja per minggu agar tidak mengganggu studi mereka. Jika kamu ingin berkuliah sambil kerja di Inggris, kamu bisa cek izin kerja berdasarkan visa pelajarmu terlebih dahulu.

AS

Kebanyakan pelajar internasional hanya diperbolehkan untuk bekerja di dalam kampus. Walaupun demikian, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang relevan melalui program Optional Practical Training (OPT) atau Curricular Practical Training (CPT).

Sistem penilaian

 

Sistem penilaian source: giphy.com

Inggris

Di Inggris, nilai diberikan dalam bentuk skala persentase. Nilai di bawah 40% dianggap gagal (fail), 40-50% masuk dalam kategori Third, 50-60% sama dengan 2.2, 60-70% sama dengan 2.1, dan nilai diatas 70% masuk kategori First. Nilai di atas 60% dianggap baik dan nilai di atas 70% dianggap sangat baik.

AS

Berbeda dengan Inggris, sistem penilaian di AS menggunakan huruf abjad. Semua tugas, proyek, dan ujian akan dinilai dengan huruf dengan rentang A-F. Huruf abjad ini memiliki rentang nilai numerik, dimana A mewakili nilai 90-100, B 80-89, C 70-79, D 60-69, dan F 0-59. Nilai di bawah C biasanya dianggap gagal.

Kegiatan kampus

Kegiatan kampus source: giphy.com

Inggris

Kegiatan ekstrakulikuler tidak terlalu penting untuk masuk ke perguruan tinggi di Inggris. Hal ini karena kampus-kampus di Inggris lebih menekankan pada kedalaman penguasaan pelajarnya pada satu bidang. Universitas ternama di Inggris umumnya tidak menawarkan beasiswa olahraga. Kegiatan ekstrakulikuler biasanya hanya dipandang sebagai aktivitas tambahan saja.

AS

Sebaliknya, memiliki aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler seperti olahraga, musik, atau yang lainnya cukup menentukan untuk masuk ke perguruan tinggi AS. Beasiswa olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan kampus di AS. Kampus-kampus di AS melihat kegiatan non-akademik sebagai bagian integral dari misi dan tujuan mereka, sehingga kegiatan tersebut memiliki prioritas yang sama dengan sisi akademik pelajarnya.

Setelah tahu perbedaan-perbedaannya, kira-kira kamu mau masuk ke perguruan tinggi di mana, Sobat Cakap? Mau di Inggris ataupun AS, sebelum mendaftar yuk ikut kelas Persiapan TOEFL Cakap biar kamu makin yakin mengerjakan tesnya dan bisa diterima di universitas favoritmu!

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google