Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana

Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana

Oke, kamu berhasil kuliah di UK atau mungkin baru mempertimbangkannya saja. Kamu mungkin sudah memikirkan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti. Inggris menarik sebagian besar dari semua siswa internasional.

Di antara banyak hal yang menarik bagi siswa internasional untuk melanjutkan pendidikannya di Inggris, salah satunya adalah kualitas hidup yang tinggi dan prospek pekerjaan yang baik setelah lulus. Tetapi kecuali jika kamu adalah penduduk suatu negara di dalam Uni Eropa, atau Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), dalam hal ini kamu dapat tinggal di Inggris dengan beberapa batasan.

Segera setelah kamu lulus, siswa internasional perlu mengalihkan visa mereka ke visa yang terkait dengan pekerjaan jika mereka ingin memperpanjang masa tinggal mereka. Namun, undang-undang baru telah membuatnya lebih sulit bagi siswa internasional untuk melakukannya  dan visa kerja pasca-studi dihapuskan pada tahun 2012.

Pilihan Visa

Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana
sumber: giphy

Ada beberapa opsi yang tersedia saat mengajukan permohonan visa dan kamu harus membacanya dengan cermat sebelum memutuskan mana yang tepat. Meskipun kamu biasanya harus menyelesaikan masa kuliah sebelum mendaftar, kamu harus merencanakan terlebih dahulu sehingga kamu dapat bertindak cepat. Butuh waktu lama bagi sponsor kamu untuk mengeluarkan sertifikat dan agar visa kamu diproses. Daftar lengkap dapat ditemukan di situs web pemerintah Inggris, tetapi sebagian besar lulusan mendaftar untuk satu dari tiga visa. Jenis visanya adalah:

Tier 2

Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana
sumber: giphy

Tier 2 adalah rute visa yang paling umum untuk lulusan internasional. Untuk memenuhi syarat, kamu harus mencari pekerjaan di tempat yang bersedia memberimu gaji minimum £ 20.800 per tahun. Lebih jauh dari ini, bos kamu biasanya diharuskan menunjukkan bahwa mereka telah mengiklankan pekerjaan itu dan tidak dapat menemukan pelamar dari UK yang cocok untuk mengisi pos sebelum mereka dapat menawarkannya kepada siswa internasional.

Tidak dapat disangkal bahwa sulit untuk mendapatkan visa Tier 2. Namun, menemukan pekerjaan sebagai siswa internasional bukanlah hal yang tidak mungkin. Pada tahun 2014, 5.639 siswa diberikan izin untuk tinggal di UK di bawah Tier 2, menurut dewan UK untuk urusan kemahasiswaan.

Bagaimana cara meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan Visa Tier 2?

Pekerjaan paruh waktu

Sebagian besar lulusan perlu mendapatkan pengalaman kerja di samping gelar mereka untuk menjadi sukses di pasar kerja lulusan Inggris. Mencari pekerjaan paruh waktu atau penempatan magang yang terkait dengan gelar kamu dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan kehidupan nyata dan kontak industri.

Keterampilan wirausaha

Pengetahuan bisnis tidak hanya berguna bagi calon pemilik bisnis: pengusaha juga menghargai mereka. Banyak universitas yang akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengambil pengalaman di bidang ini melalui berbagai program dan kamu dapat proaktif dengan menjadi yang terdepan dalam masyarakat universitas. Semuanya akan menjadi bacaan yang mengesankan di CV kamu.

Kemampuan bahasa

Sebagai siswa internasional, kamu mungkin sudah berbicara lebih dari satu bahasa dan ini akan membantu membedakan kamu dari kandidat lain. Namun, jika kamu tidak memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris seperti penutur asli, ketahuilah bahwa kamu akan membutuhkan standar bahasa Inggris yang tinggi untuk mendapat kesempatan mendapatkan pekerjaan di Inggris. Bekerja pada keterampilan kamu sambil belajar untuk gelar kamu dan mengambil kelas tambahan jika kamu merasa perlu.

Tier 1 (Graduate entrepreneur)

Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana
sumber: giphy

Kamu harus mencari sponsor yang dapat kamu peroleh baik dari universitas resmi Inggris atau dengan mengambil bagian dalam Program Sirius. Selain itu, kamu harus dapat membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang kuat.

Tier 5 Youth Mobility Scheme

Cara Bekerja di Inggris Setelah Kuliah di Sana
sumber: giphy

Jika kamu kembali ke negara asal setelah lulus, kamu mungkin memenuhi syarat untuk Skema Mobilitas Pemuda atau Youth Mobility Scheme, yang memungkinkan kamu untuk bekerja di Inggris hingga dua tahun.

Untuk memenuhi syarat, kamu harus berusia 18-30 dan berasal dari Australia, Kanada, Hong Kong, Jepang, Monako, Selandia Baru, Republik Korea atau Taiwan. Tempatnya terbatas dan kamu akan membutuhkan setidaknya £ 1.890 untuk melamar.

Tidak dapat disangkal bahwa tinggal dan bekerja di Inggris setelah kamu belajar merupakan tantangan yang berat. Tetapi dengan mengeksplorasi semua opsi kamu dan bekerja keras, adalah mungkin untuk melakukannya. Kantor karier universitas kamu adalah tempat yang baik untuk meminta nasihat lebih lanjut. Mereka akan memiliki pengetahuan tentang banyak orang yang telah melakukannya, bagaimana mereka melakukannya dan dapat memberikan saran khusus untuk situasi yang kamu alami.

Faktor penting untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah universitas yang kamu pilih. Inggris memiliki beberapa yang terbaik dalam hal ini.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google