Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!

Tahukah kamu bahwa sistem pendidikan Inggris memiliki empat tahapan belajar? Yup! Sistem pendidikan di sana memang berbeda dengan Indonesia yang mencanangkan wajib belajar 12 tahun. Seperti yang telah kamu ketahui, Inggris lebih menggunakan istilah “key stages” sebagai tahapan inti pendidikan dasar yang mencakup pendidikan dasar dan menengah.

Sistem pendidikan di Inggris dibagi menjadi empat bagian utama, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi. Anak-anak di Inggris harus secara hukum menghadiri pendidikan dasar dan menengah yang berlangsung dari sekitar 5 tahun hingga siswa berusia 16 tahun.

Sistem pendidikan di Inggris juga dibagi menjadi “Key Stages (tahapan kunci)” yang dirinci sebagai berikut:

  • Key Stage 1: 5 hingga 7 tahun
  • Key Stage 2: 7 hingga 11 tahun
  • Key Stage 3: 11 hingga 14 tahun
  • Key Stage 4: 14 hingga 16 tahun

Umumnya key stage 1 dan 2 akan dilakukan di sekolah dasar dan pada usia 11 tahun seorang siswa akan pindah ke sekolah menengah dan menyelesaikan key stage 3 dan 4.

Siswa dinilai di akhir setiap tahap. Penilaian paling penting terjadi pada usia 16 tahun ketika siswa mengejar Sertifikat Pendidikan Menengah GCSE atau Umum mereka. Setelah siswa menyelesaikan GCSE mereka, mereka memiliki pilihan untuk melanjutkan ke pendidikan lebih lanjut dan kemudian potensi pendidikan tinggi, atau menyelesaikan sekolah dan pergi ke dunia kerja.

Berikut lima bagian utama dalam sistem pendidikan di Inggris:

Primary Education (Pendidikan Dasar)

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!
sumber: telegraph.co.uk

Pendidikan dasar dimulai di Inggris pada usia 5 dan berlanjut sampai usia 11 yang terdiri dari key stage satu dan dua di bawah sistem pendidikan Inggris. Anak-anak meninggalkan sekolah dasar pada usia sebelas tahun, pindah ke sekolah menengah. Orang tua dapat memilih untuk mendidik anak-anak mereka di sekolah negeri atau swasta. Semua anak di Inggris yang berusia antara lima dan enam belas tahun berhak mendapatkan tempat gratis di sekolah negeri, berbeda dengan sektor pendidikan swasta, di mana pajaknya cukup mahal.

15 Teks Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris & Artinya

Secondary Education (Pendidikan Menengah)

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!
sumber: bbci.co.uk

Dari usia 11 hingga 16 tahun, siswa akan memasuki sekolah menengah untuk key stage tiga dan empat, dan untuk memulai langkah mereka menuju mengambil GCSE (General Certificate of Secondary Education—Sertifikat Umum Pendidikan Menengah). Pendidikan dasar dan menengah adalah wajib di Inggris; setelah usia 16 tahun, pendidikan bersifat opsional.

Further Education (Pendidikan Lanjutan)

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!
sumber: aoc.co.uk

Setelah siswa menyelesaikan pendidikan menengah, mereka memiliki pilihan untuk memperluas ke pendidikan lebih lanjut untuk mengambil A-Level (Advance Level), BTEC (Business and Technology Education Council) atau kualifikasi lainnya. Siswa yang berencana untuk kuliah atau universitas harus menyelesaikan pendidikan lebih lanjut.

Higher Education (Pendidikan Tinggi)

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!
sumber: guim.co.uk

Pendidikan tinggi di Inggris disediakan oleh perguruan tinggi, universitas, dan perguruan tinggi swasta. Siswa biasanya memasuki pendidikan tinggi sebagai diploma dari usia 18 dan seterusnya, dan dapat belajar untuk berbagai kualifikasi kejuruan dan akademik, termasuk sertifikat pendidikan tinggi dan sertifikat nasional yang lebih tinggi, diploma pendidikan tinggi, diploma nasional lebih tinggi dan gelar dasar, gelar sarjana (biasanya dengan pujian), dan gelar master dan gelar terintegrasi dalam kedokteran, kedokteran gigi, dan ilmu kedokteran hewan.

Entry Requirements (Persyaratan Masuk)

Ini Dia yang Bikin Sistem Pendidikan di Inggris itu Oke!
sumber: telegraph.co.uk

Setiap tingkat pendidikan di Inggris memiliki persyaratan yang berbeda-beda yang harus dipenuhi untuk mendapatkan entri di tingkat tersebut. Tergantung pada program apa yang kamu inginkan, persyaratan masuk akan bervariasi untuk siswa internasional.

Biasanya kamu akan diminta sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, dan/atau UCLES. Jadi, jika kamu memang bercita-cita untuk sekolah di Inggris, pastikan kamu sudah mempersiapkan sertifikat tersebut.

Sebagai tips anti-gagal, kamu bisa mengikuti kelas persiapan TOEFL atau IELTS untuk meminimalisisr kemungkinan mendapatkan nilai yang tidak sesuai harapan. Selain itu, jangan lupa untuk memiliki ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google