Ini Alasan Sistem Pendidikan Inggris Terbaik di Dunia!

sistem pendidikan Inggris

Tahukah kamu bahwa sistem pendidikan Inggris memiliki empat tahapan belajar? Yup! Sistem pendidikan di sana memang berbeda dengan Indonesia yang mencanangkan wajib belajar 12 tahun. Seperti yang telah kamu ketahui, Inggris lebih menggunakan istilah “key stages” sebagai tahapan inti pendidikan dasar yang mencakup pendidikan dasar dan menengah.

Sistem pendidikan di Inggris dibagi menjadi empat bagian utama, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi. Anak-anak di Inggris harus secara hukum menghadiri pendidikan dasar dan menengah yang berlangsung dari sekitar 5 tahun hingga siswa berusia 16 tahun.

Sistem pendidikan di Inggris juga dibagi menjadi “Key Stages (tahapan kunci)” yang dirinci sebagai berikut:

  • Key Stage 1: 5 hingga 7 tahun
  • Key Stage 2: 7 hingga 11 tahun
  • Key Stage 3: 11 hingga 14 tahun
  • Key Stage 4: 14 hingga 16 tahun

Umumnya key stage 1 dan 2 akan dilakukan di sekolah dasar dan pada usia 11 tahun seorang siswa akan pindah ke sekolah menengah dan menyelesaikan key stage 3 dan 4.

Siswa dinilai di akhir setiap tahap. Penilaian paling penting terjadi pada usia 16 tahun ketika siswa mengejar Sertifikat Pendidikan Menengah GCSE atau Umum mereka. Setelah siswa menyelesaikan GCSE mereka, mereka memiliki pilihan untuk melanjutkan ke pendidikan lebih lanjut dan kemudian potensi pendidikan tinggi, atau menyelesaikan sekolah dan pergi ke dunia kerja.

Lima Bagian Sistem Pendidikan Inggris

Primary Education (Pendidikan Dasar)

source: giphy.com

Pendidikan dasar dimulai di Inggris pada usia 5 dan berlanjut sampai usia 11 yang terdiri dari key stage satu dan dua di bawah sistem pendidikan Inggris. Anak-anak meninggalkan sekolah dasar pada usia sebelas tahun, pindah ke sekolah menengah. Orang tua dapat memilih untuk mendidik anak-anak mereka di sekolah negeri atau swasta. Semua anak di Inggris yang berusia antara lima dan enam belas tahun berhak mendapatkan tempat gratis di sekolah negeri, berbeda dengan sektor pendidikan swasta, di mana pajaknya cukup mahal.

Secondary Education (Pendidikan Menengah)

source: giphy.com

Dari usia 11 hingga 16 tahun, siswa akan memasuki sekolah menengah untuk key stage tiga dan empat, dan untuk memulai langkah mereka menuju mengambil GCSE (General Certificate of Secondary Education—Sertifikat Umum Pendidikan Menengah). Pendidikan dasar dan menengah adalah wajib di Inggris; setelah usia 16 tahun, pendidikan bersifat opsional.

Further Education (Pendidikan Lanjutan)

source: giphy.com

Setelah siswa menyelesaikan pendidikan menengah, mereka memiliki pilihan untuk memperluas ke pendidikan lebih lanjut untuk mengambil A-Level (Advance Level), BTEC (Business and Technology Education Council) atau kualifikasi lainnya. Siswa yang berencana untuk kuliah atau universitas harus menyelesaikan pendidikan lebih lanjut.

Higher Education (Pendidikan Tinggi)

source: giphy.com

Pendidikan tinggi di Inggris disediakan oleh perguruan tinggi, universitas, dan perguruan tinggi swasta. Siswa biasanya memasuki pendidikan tinggi sebagai diploma dari usia 18 dan seterusnya, dan dapat belajar untuk berbagai kualifikasi kejuruan dan akademik, termasuk sertifikat pendidikan tinggi dan sertifikat nasional yang lebih tinggi, diploma pendidikan tinggi, diploma nasional lebih tinggi dan gelar dasar, gelar sarjana (biasanya dengan pujian), dan gelar master dan gelar terintegrasi dalam kedokteran, kedokteran gigi, dan ilmu kedokteran hewan.

Entry Requirements (Persyaratan Masuk)

source: giphy.com

Setiap tingkat pendidikan di Inggris memiliki persyaratan yang berbeda-beda yang harus dipenuhi untuk mendapatkan entri di tingkat tersebut. Tergantung pada program apa yang kamu inginkan, persyaratan masuk akan bervariasi untuk siswa internasional.

Biasanya kamu akan diminta sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, dan/atau UCLES. Jadi, jika kamu memang bercita-cita untuk sekolah di Inggris, pastikan kamu sudah mempersiapkan sertifikat tersebut.

Kamu bisa mengikuti kelas persiapan TOEFL untuk meminimalisir kemungkinan mendapatkan nilai yang tidak sesuai harapan. Selain itu, jangan lupa untuk memiliki ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat