Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!

Setiap negara memiliki daftar universitas terbaiknya sendiri. Jika kamu pernah mendengan istilah “Ivy League” di Amerika Serikat, Inggris memiliki “Ancient Universities” atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Universitas Kuno. Ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut!

Apa itu Ancient Universities?

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: giphy

Universitas kuno atau Ancient Universities adalah sebutan untuk tujuh universitas yang didirikan di Inggris, Skotlandia, dan Irlandia pada zaman antara abad ke-12 dan ke-16. Universitas-universitas ini merupakan lembaga pendidikan tinggi paling prestisius dan terbaik di UK. Tidak hanya lembaga-lembaga ini penting untuk warisan sejarah mereka, tetapi juga kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan konteks modern dan tetap relevan dalam lingkungan global saat ini.

Lokasi universitas tersebut tersebar di tiga negara—empat berada di Skotlandia, dua di Inggris, dan satu di Irlandia. Universitas kuno di Inggris dan Irlandia adalah salah satu universitas tertua yang ada di dunia..

Apa saja anggota Ancient Universities?

University of Oxford (Inggris)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: indiantoday

Sejarah Universitas Oxford telah berlangsung hampir satu milenium: Meskipun tidak ada tanggal pendirian pasti yang diketahui, namun catatan pengajaran tertua di Oxford berasal dari tahun 1096. Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia yang berbahasa Inggris dan juga merupalam salah satu universitas terbaik di dunia yang sering berada di puncak peringkat nasional dan internasional.

Universitas ini didirikan oleh Kerajaan Inggris, sebagai universitas tertua di dunia berbahasa Inggris, ia telah memainkan peran utama dalam mengembangkan sejarah intelektual secara global. Universitas ini telah menjadi pusat perdebatan dan kontroversi dalam agama, sains, dan humaniora.

Terkenal karena keunggulan akademisnya, universitas ini juga merupakan salah satu lokasi pembuatan film Harry Potter. Arsitektur historis yang mengesankan dari gedung-gedung universitas menjadikannya lokasi syuting yang sempurna. Penggemar Harry Potter tidak boleh melewatkan tur ke Universitas Oxford.

University of Cambridge (Inggris)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: royce.ac.uk

Sejarah Universitas Cambridge terkait erat dengan saingan utamanya, Universitas Oxford. Waktu itu sejumlah sarjana Oxford dipaksa untuk pergi setelah terlibat dalam perselisihan dengan penduduk kota setempat, beberapa dari mereka pergi ke Cambridge dan mendirikan sekolah baru di sana pada tahun 1209. Cambridge kemudian menjadi salah satu salah satu universitas terbaik dan paling berpengaruh di dunia.

Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Gampang di Mana Saja Dengan Aplikasi Cakap. Yuk, Download Sekarang

Bertengger di puncak klasemen liga universitas, bersama-sama dengan Oxford, universitas ini juga berada di puncak lebih dari setengah dari 66 tabel subjek dan menempati peringkat lima besar di ketiga peringkat utama dunia. Setelah memiliki persyaratan masuk tertinggi dari universitas mana pun di Inggris, salah satu syarat utamanya adalah memiliki nilai  A * A * A * di A Level (untuk program sains sarjana (tidak termasuk Ilmu Psikologi dan Perilaku), dan A * AA untuk seni dan Ilmu Psikologi dan Perilaku.)

University of St. Andrews (Skotlandia)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: st, andrews

Didirikan oleh Kerajaan Skotlandia, Universitas St. Andrews didirikan pada antara tahun 1410-1413, dan menjadikan universitas ini sebagai yang tertua di Skotlandia. Hari ini, sekitar 11.000 siswa terdaftar di St Andrews. Universitas ini secara teratur masuk dalam 100 besar peringkat internasional, sesuai dengan moto-nya, “Ever to excel”. Di antara banyak tokoh terkenal lainnya, alumni St. Andrews termasuk orang-orang terkenal seperti B. C. Forbes (pendiri majalah Forbes) dan Pangeran William plus istrinya Kate Middleton.

St. Andrews adalah universitas tertua tertua ketiga di dunia berbahasa Inggris. Universitas ini juga merupakan salah satu yang termurah di kalangan Universitas Kuno. Kota St. Andrews juga dianggap sebagai “Rumah Golf” karena memiliki salah satu lapangan golf tertua di dunia, di mana permainan telah dimainkan sejak abad ke-15.

University of Glasgow (Skotlandia)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: independent.co.uk

Universitas Glasgow didirikan pada tahun 1451 sebagai tambahan untuk katedral kota. Saat ini, lebih dari 27.000 siswa menikmati hak istimewa untuk belajar di salah satu dari 100 universitas terbaik dunia. Selama berabad-abad, Universitas Glasgow telah menelurkan banyak alumni terkenal, seperti ekonom Adam Smith, penemu dan insinyur James Watt, dan baru-baru ini, aktor Gerard Butler, penulis terlaris John Niven, dan Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon.

University of Aberdeen (Skotlandia)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: abdn.ac.uk

Sejarah Universitas Aberdeen mencapai lebih dari 500 tahun. Awalnya didirikan pada 1495 sebagai King’s College dan dengan demikian universitas tertua ke-5 di Inggris ini bergabung pada tahun 1860 dengan Marischal College. Hari ini, University of Aberdeen secara teratur berada di peringkat antara 200 universitas terbaik di dunia. Alumni terkemuka termasuk aktor Iain Glen (Game of Thrones) dan penulis Ali Smith.

Berbasis di kota paling aman di Skotlandia, Aberdeen dikenal dengan sistem modular inovatif dalam jurusan lintas-disiplinnya. Siswa dapat menikmati fleksibilitas saat belajar, yang berarti mereka dapat mencoba tiga atau empat mata pelajaran sebelum berkomitmen pada akhir tahun pertama atau bahkan tahun kedua mereka. Alih-alih hanya mempelajari bidang studi pilihanmu, kamu akan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dalam konteks yang lebih luas, yang akan memengaruhi caramu mendekati masalah di dunia saat ini.

Karena fleksibilitas sistem yang memungkinkan siswa untuk mengubah arah ketika minat, bakat, dan ambisi mereka berkembang, sebagian besar siswa akhirnya mengubah gelar yang diinginkan sebelum lulus.

Mau Sekolah di UK? Ketahui Biaya Pelajar Asing di UK

University of Edinburgh (Skotlandia)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: google

University of Edinburgh secara resmi didirikan pada tahun 1582 tetapi dibuka pada 1583. Saat ini, dengan lebih dari 30.000 mahasiswa, Universitas Edinburgh adalah salah satu dari 10 universitas terbesar di Inggris. Edinburgh secara teratur menempati peringkat di antara 100 universitas terbaik dunia. Beberapa orang terpandai dalam sejarah ilmiah yang dipelajari di sini: bapak teori evolusi Charles Darwin, ahli statistik Thomas Bayes, ahli fisika James Clerk Maxwell, dan Sir Arthur Conan Doyle, seorang dokter yang belajar kedokteran di universitas ini dan menulis fiksi Sherlock Holmes.

University of Dublin (Irlandia)

Ingin Kuliah di UK? Cek Ancient Universities!
sumber: tcd.ie

University of Dublin (bahasa Irlandia: Ollscoil Átha Cliath) adalah sebuah universitas yang terletak di Dublin, Irlandia. Ini adalah badan pemberi gelar untuk Trinity College Dublin. Perguruan tinggi ini didirikan pada 1592 ketika Ratu Elizabeth I mengeluarkan piagam untuk Trinity College sebagai “ibu dari sebuah universitas”, sehingga menjadikannya universitas tertua di Irlandia. Dengan meniru model universitas perguruan tinggi di Oxford dan Cambridge, tetapi tidak seperti universitas kuno lainnya, hanya satu perguruan tinggi yang didirikan; dengan demikian, sebutan “Trinity College” dan “University of Dublin” biasanya identik untuk tujuan praktis.

University of Dublin adalah salah satu dari tujuh universitas kuno di Inggris dan Irlandia. Ini adalah anggota Asosiasi Universitas Irlandia dan Grup Coimbra.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google