Yuk, Ketahui Apa Bedanya Kuliah di Dalam & di Luar Negeri!

Image by benzoix on Freepik

Siapa di sini yang punya rencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri? Kamu pasti tentunya memiliki alasan kuliah ke luar negeri masing-masing yang tentunya yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pendidikan masing-masing. 

Namun, pengalaman kuliah di Indonesia tentunya sangat berbeda dengan pengalaman berkuliah di luar negeri. Oleh karena itu, penting banget bagi Sobat Cakap untuk mengetahui  apa bedanya kuliah di dalam negeri dan di luar negeri. Yuk, bahas satu per satu dari biaya sampai kesempatan kerja! 

Table of Contents

Biaya

Perbedaan yang paling mencolok antara kuliah di dalam negeri dan di luar negeri adalah terkait biaya. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di luar negeri bakalan jauh lebih mahal dibandingkan biaya kuliah di dalam negeri. 

Sobat Cakap harus memperhitungkan biaya kuliah, biaya tempat tinggal, biaya hidup, transportasi, dan sebagainya. Akan lebih baik jika Sobat Cakap juga mencari kesempatan beasiswa kuliah ke luar negeri untuk meringankan biaya yang diperlukan. 

Sistem Pendidikan

Di Indonesia sistem pendidikannya lebih cenderung ke arah teori dan analisis. Akibatnya sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan berfokus pada kegiatan menghitung, membaca dan menulis. Dengan demikian para siswa di Indonesia umumnya sangat pandai dalam menyelesaikan suatu kasus secara cepat dan detail. 

Sementara itu kebanyakan sistem pendidikan di luar negeri umumnya lebih berorientasi pada praktek. Sehingga para siswa kemudian didorong untuk belajar secara eksploratif dan saling berinteraksi satu sama lain. Akibat terbiasa dengan praktek langsung maka sistem pendidikan ini lebih memungkinkan banyaknya inovasi dan penemuan baru dihasilkan. 

Jurusan yang Tersedia

Menentukan jurusan yang akan diambil merupakan salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan jika ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri tersedia banyak jurusan kuliah yang dapat kamu ambil sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Sementara itu, di luar negeri kamu mungkin menemukan jurusan yang tidak ada di Indonesia dalam berbagai bidang. Hal ini akan tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesempatan kerja dengan penguasaan di bidang yang jarang ditemui di tanah air. 

Mau Studi ke Luar Negeri? Mulai Persiapannya Bersama Cakap Sejak Kini!

Kehadiran di Kelas

Banyak universitas di dalam negeri yang masih menjadikan kehadiran sebagai salah satu pertimbangan bahkan syarat kelulusan. Hal ini membuat mahasiswa hanya peduli untuk dihitung hadir di kelas, bahkan dengan melakukan kecurangan seperti “titip absen”. 

Sedangkan universitas-universitas di luar negeri lebih mengutamakan nilai sebagai syarat utama kelulusan. Dengan demikian, mahasiswa memiliki kesadaran untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas agar tidak ketinggalan pelajaran. 

Belajar Mandiri

Universitas-universitas kelas internasional biasanya memiliki fasilitas lengkap yang mendukung pembelajaran mandiri. Hal ini membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam belajar meskipun tanpa bimbingan pengajar ketika dosen tidak hadir dan kelas ditiadakan. 

Hal ini berbeda dengan banyak universitas di Indonesia yang cenderung masih sangat bergantung pada keberadaan dosen di kelas. Hal ini karena tidak banyak universitas yang memiliki fasilitas lengkap yang dapat menunjang pembelajaran mandiri untuk mahasiswa. 

Budaya dan Bahasa

Ketika kuliah di luar negeri, kamu pasti akan menemukan perbedaan budaya yang mencolok dengan budaya yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus bisa beradaptasi dengan sebaik mungkin agar dapat menjalani kehidupan perkuliahan di luar negeri dengan nyaman.

Selain itu, perbedaan bahasa juga perlu kamu perhatikan terutama jika kamu akan melanjutkan studi ke negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa utama. Kamu setidaknya harus bisa bahasa yang digunakan di negara tersebut, setidaknya untuk percakapan sehari-hari. 

Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil bekerja bisa dibilang tidak umum di Indonesia, karena biaya hidup dan kuliah yang rata-rata masih ditanggung orang tua. Oleh karena itu, sangat sedikit mahasiswa yang benar-benar membiayai hidupnya sendiri dan bekerja ketika sedang menempuh pendidikan. 

Hal ini sangat berbeda di luar negeri di mana kuliah sambil bekerja part-time sangat umum dilakukan karena tingginya biaya hidup. Oleh karena itu, tidak heran jika melihat mahasiswa bekerja sebagai barista, pelayan, kasir, dan sebagainya. 

Nah, demikianlah beberapa perbedaan kuliah di dalam negeri dan kuliah di luar negeri yang perlu kamu ketahui. Apakah Sobar Cakap sudah semakin yakin untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? 

Jika demikian, carilah sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan seputar kuliah di luar negeri kemudian persiapkan semuanya. Kamu juga bisa mengandalkan Cakap Study Abroad untuk persiapan studi ke luar negeri, lho! Yuk, persiapkan studimu bareng Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.