Jangan Ragu, Ini Keuntungan Kuliah di Luar Negeri beserta Alasannya!

keuntungan-kuliah-di-luar-negeri

Study abroad? Kenapa tidak! Ada banyak sekali keuntungan kuliah di luar negeri yang bisa didapat. Mulai dari keuntungan di aspek ilmu pengetahuan dan teknologi yang signifikan, sampai keuntungan di aspek budaya juga bisa didapatkan. So, buat kamu yang punya rencana studi di luar negeri, jangan ragu! Yuk, langsung saja cek keuntungan kuliah di luar negeri berikut ini!

Table of Contents

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Menempuh studi di luar negeri mungkin menjadi salah satu pengalaman bermanfaat dan bisa mengubah hidup para mahasiswa. Dengan study abroad, kalian bisa mendapatkan kesempatan belajar di negeri asing dan menyerap budaya baru yang ada di sana. So, let’s check the benefits of studying abroad!

(1) Mengasah Kemampuan Bahasa

Keuntungan kuliah di luar negeri yang pertama adalah mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa asing. Study abroad memberikanmu kesempatan untuk mempraktekkan bahasa Inggris/bahasa asing lainnya secara langsung bersama native speakers. Mempraktikkan bahasa asing di dunia nyata adalah pengalaman yang sama sekali berbeda daripada belajar bahasa di kelas. Dengan study abroad, kamu bisa mengasah kemampuan bahasa secara teratur dan lebih cepat. 

(2) Menambah Warna Pengalaman Hidup 

Life experience adalah sesuatu yang mahal dan tidak semua orang bisa mendapatkan banyak warna dalam pengalaman hidupnya. Menempuh kuliah di luar negeri bisa menjadi jalan untuk kamu membuat dan mengukir pengalaman hidup yang luar biasa dan berbeda dari yang lain. Kuliah di luar negeri adalah kesempatan untuk mengeksplor tempat baru dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, bisa jadi pada akhirnya, kamu tidak hanya menemukan pengalaman kuliah, tetapi juga pengalaman pekerjaan.

(3) See the World

Melihat dunia adalah salah satu keuntungan kuliah di luar negeri terbesar yang bisa kamu dapat. Kamu bisa tinggal dan menjelajahi pemandangan baru, orang-orang baru, pandangan baru, kebiasaan-kebiasaan baru, dan landmark di negara tempat tujuan kuliahmu. 

Bahkan, one day kamu juga berkesempatan menjelajahi negara-negara tetangga. Contohnya, jika kamu kuliah di Belanda, kamu bisa melakukan perjalanan di berbagai negara Eropa, seperti Jerman, Praha, dll.

(4) Memperluas Networking

Belajar di luar negeri akan membantumu memperluas networking/membangun hubungan dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Ketika kamu memiliki koneksi internasional, tidak menutup kemungkinan kamu tidak hanya menemukan teman belajar, tetapi bisa juga menemukan teman hidup hingga koneksi bisnis. 

Nah, untuk mendapatkan koneksi dan pertemanan yang luas, maka sebisa mungkin jangan menutup diri dan cobalah untuk mengikuti komunitas-komunitas mahasiswa lokal dan internasional. 

(5) Bisa Belajar Budaya dan Perspektif Baru

Ada pepatah yang mengatakan “Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”. Pepatah tersebut mengingatkan bahwa di tempat mana pun kamu berada, wajib hukumnya untuk menghargai budaya, tradisi, atau kebiasaan tempat itu. Menempati tempat/negara baru dan bertemu orang-orang baru dengan latar belakang budaya yang berbeda, bisa membuatmu belajar lintas budaya yang mungkin akan menarik minatmu. Pengalamanmu dengan budaya yang berbeda dapat memungkinkan kamu memperluas sudut pandang dan perspektifmu. 

Belajar budaya baru dapat membantumu memperluas wawasan dan pola pikirmu. Namun, perlu diingat bahwa berapa pun banyaknya budaya lain yang kamu pelajari, latar belakang budaya kita sendiri jangan sampai dilupakan, ya!

(6) Peluang Karier di Luar Negeri Terbuka Lebar

Menata dan membangun karier di luar negeri, tentunya lebih mudah bagi mereka yang sudah terlebih dahulu menetap dan menyelesaikan studinya di sana. Perusahaan multinasional juga akan lebih melirik kandidat yang dapat berkembang di lingkungan global. Sebagai mahasiswa internasional, lulusan kuliah luar negeri pasti memiliki beberapa keunggulan, terutama di bidang komunikasi lintas budaya dan pemahaman tentang kebijakan internasional.

(7) Lebih Mandiri dan Dapat Mengatasi Tantangan Sendiri

Hidup jauh dari orang tua dan keluarga mau tidak mau mengharuskan pelajar internasional untuk mandiri, mampu berdiri di atas kaki sendiri. Pindah jauh dari rumah ke negara baru, di mana tidak ada satu pun yang dikenal dan perlu beradaptasi dengan lingkungan baru tentu menjadi tantangan tersendiri

Menghadapi tantangan dan mengatasi setiap masalah sendiri di kehidupan sehari-hari, akan membuatmu menjadi individu yang lebih kuat dan mandiri. So, ini adalah poin keuntungan kuliah di luar negeri yang bisa memberikanmu rasa pencapaian pribadi untuk dirimu sendiri.

Kenapa Lebih Memilih Kuliah di Luar Negeri?

Kenapa lebih memilih kuliah di luar negeri? Memangnya universitas di dalam negeri kurang berkualitas, ya? Atau cuma untuk gaya-gayaan saja? 

Pertanyaan tersebut sepertinya cukup sering dilontarkan, ya. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah, ketika seseorang memilih kuliah di luar negeri, bukan berarti universitas di dalam negeri kurang berkualitas. Bisa jadi, ia sudah memiliki kampus impian di luar negeri sejak lama. Kuliah di luar negeri juga bukan hanya sekedar gaya-gayaan, karena seperti yang sudah kita lihat ada banyak sekali keuntungan kuliah di luar negeri yang bisa didapatkan.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan kenapa sih lebih memilih kuliah di luar negeri. Check it out!

(1) Ada Banyak Beasiswa yang Tersedia

Salah satu alasan kenapa lebih memilih kuliah di luar negeri adalah karena ada banyak beasiswa yang tersedia. Baik beasiswa dari pemerintah, swasta, maupun beasiswa dari kampus luar negeri tujuan.

Beasiswa kuliah di luar negeri juga sangat beragam, dari mulai beasiswa pendidikan, hingga beasiswa fully funded yang include dengan tempat tinggal dan biaya hidup sehari-hari. Wah, makin tertarik bukan?

(2) Pilihan Jurusan yang Beragam

Pilihan jurusan kuliah atau program studi yang sangat beragam juga menjadi hal menarik yang bisa menjadi alasan kalian mengambil study abroad.

Apalagi kalau kamu tertarik dengan jurusan kuliah yang masih jarang ditawarkan oleh kampus-kampus di dalam negeri, dan hanya ada di luar negeri. Seperti jurusan Ilmu Aktuaria, Horologi, dll.

(3) Kualitas Pendidikan yang Baik dan Berkualitas

Negara-negara maju, khususnya di Eropa dan Amerika tentunya memiliki kualitas pendidikan yang baik dan berkualitas. Hal tersebut tentu akan memberikan dampak baik bagi aktivitas belajarmu, kamu dapat merasakan metode pembelajaran dan kebiasaan belajar yang sama sekali berbeda dari sebelumnya.

That’s it! Gimana, setelah membaca keuntungan kuliah di luar negeri, kamu makin mantap dong buat lanjutin kuliah di luar negeri? Eits, tapi jangan lupa, sebelum lebih jauh merencanakan mimpimu untuk study abroad, pastikan kamu sudah melengkapi persiapan kuliah di luar negeri!

Referensi:
-northeastern.edu
-internationalstudent.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.