Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!

Salah satu motivasi terbesar dalam memilih universitas adalah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah masa pembelajaran selesai. Dengan meningkatnya jumlah siswa yang memilih untuk belajar di luar negeri dan banyak pula yang berniat untuk bekerja di negara yang sama ketika mereka lulus.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih bekerja di negara tempat kamu belajar seperti visa, pasar lapangan kerja, biaya hidup, akomodasi, dan lainnya.

Berikut ini informasi utama yang kamu butuhkan jika kamu berpikir untuk tetap bekerja di luar negeri setelah masa belajarmu.

Belajar dan bekerja di Inggris

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!
sumber: giphy

Visa

Aturan baru yang kini berlaku membuat semakin sulit bagi lulusan internasional yang berharap bekerja di Inggris untuk tetap tinggal setelah masa belajar berakhir. Kamu biasanya membutuhkan bos atau atasan untuk mensponsori kamu dan mampu memberimu gaji lebih dari £ 20.800 per tahun.

Lapangan Kerja

Prospek pekerjaan mulai meningkat baru-baru ini di Inggris dan tingkat pekerjaan keseluruhan untuk lulusan universitas setelah 6 bulan sekarang telah mencapai sekitar 70%. Tetapi negara ini masih memiliki pasar kerja yang sangat kompetitif, yang sebagian disebabkan oleh jumlah lulusan yang melamar pekerjaan dengan jumlah terbatas.

Biaya Hidup

Inggris bisa menjadi tempat yang sangat mahal untuk tinggal, terutama di London, di mana harga sewa untuk tempat tinggal sangat tinggi. Mereka yang lulus dan mendapatkan gaji di ibukota harus mengantisipasi dengan tinggal di rumah bersama dengan profesional muda lainnya.

Baca Juga: Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!

 

Belajar dan bekerja di Amerika Serikat

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!
sumber: giphy

Visa

Mungkin sulit untuk menetap dan bekerja di AS setelah kamu belajar di sana. Tidak ada program visa liburan seperti di Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Yang terpenting, kamu harus memiliki tawaran pekerjaan sebelum mengajukan permohonan visa.

Lapangan Kerja

Tingkat pengangguran di AS saat ini rendah dan gaji rata-rata juga naik. Tetapi itu tidak berarti pekerjaan yang baik selalu mudah ditemukan, banyak lulusan yang masih melaporkan bahwa mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mencari pekerjaan pertama mereka.

Biaya Hidup

Biaya hidup di AS, terutama untuk akomodasi, sangat bervariasi, tergantung di mana kamu berada. Kamu dapat dengan mudah membayar lebih dari $ 3.000 per bulan untuk sebuah apartemen di New York, sedangkan apartemen yang serupa di Houston mungkin berharga sepertiga dari itu, misalnya.

Belajar dan bekerja di Jerman

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!
sumber: giphy

Visa

Untuk warga negara Uni Eropa, Jerman adalah pilihan yang bagus karena tidak ada batasan dan semua warga negara Uni Eropa memiliki hak untuk bekerja di sana. Bagi mereka yang berasal dari luar Eropa, akan lebih sulit, karena kamu biasanya hanya dapat bekerja di Jerman jika posisi tersebut tidak dapat diisi oleh pekerja dari Uni Eropa, atau jika kamu sangat terampil atau sangat berkualitas dalam bidang tertentu.

Lapangan Kerja

Jerman memiliki pasar lapangan kerja yang sehat bagi kaum muda yang berpendidikan, meskipun prospek kamu meningkat secara signifikan jika kamu dapat berbicara bahasa Jerman dengan lancar. Lulusan yang mencari pekerjaan berbahasa Inggris dapat menemukan posisi dalam permintaan yang sangat tinggi. Tingkat pengangguran pada umumnya rendah di Jerman, tetapi lulusan universitas mungkin lebih beruntung di Jerman bagian barat, karena tingkat pengangguran lebih tinggi di timur.

Biaya Hidup

Jerman bisa menjadi sangat murah untuk ditinggali, meskipun kurang begitu di Munich dan bagian barat negara tersebut. Jika kamu mencari apartemen sementara yang lengkap di Jerman, sewalah rumah bersama dengan beberapa temanmu dan berbagi tarif sewa.

Belajar dan bekerja di Prancis

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!
sumber: giphy

Visa

Seperti di Jerman, warga negara Uni Eropa biasanya dapat bekerja di Prancis tanpa visa. Mereka yang dari luar UE, EEA atau Swiss akan membutuhkan perusahaan untuk mensponsori aplikasi visa mereka. Pelamar biasanya perlu menunjukkan bahwa mereka dapat membuat ‘kontribusi yang signifikan’ bagi ekonomi Prancis, berdasarkan keterampilan atau pendidikan mereka.

Lapangan Kerja

Lapangan keja bisa sulit untuk ditembus jika kamu tidak fasih berbahasa Prancis. Namun, Paris menjadi surga utama bagi perusahaan pemula dari seluruh dunia karena dapat menawarkan kesempatan untuk masuk ke dasar tingkatan pekerja dan melihat karier kamu berkembang seiring pertumbuhan perusahaan.

Biaya Hidup

Harga di Prancis kira-kira setara dengan negara-negara lain di Eropa barat, seperti Jerman, Belgia, atau Inggris. Biaya lebih tinggi di kota-kota besar seperti Paris, Lyon dan Marseille.

Belajar dan bekerja di Tiongkok

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!
sumber: giphy

Visa

Kamu akan membutuhkan ‘isiin kerja bagi orang asing’ untuk bekerja di Cina, serta undangan resmi, dan pemberi kerja yang terakreditasi untuk mempekerjakan orang asing. Kamu juga harus membayar biaya aplikasi yang mungkin berjumlah lebih dari US $ 150 dolar.

Lapangan Kerja

Bagi penutur bahasa Inggris, peluang kerja sebagian besar akan ada di kota-kota seperti Beijing dan Shanghai yang merupakan pusat bisnis dan industri di Tiongkok. Banyak perusahaan multi-nasional memiliki kantor pusat Asia di salah satu lokasi pantai timur Tiongkok, serta di Hong Kong dan lokasi lain seperti Guangzhou, Shenzhen, dan Tianjin.

Di Hong Kong, pekerjaan dapat diakses secara luas oleh penutur bahasa Inggris. Pasar lapangan kerjanya kompetitif dengan penduduk lokal dan lulusan internasional lainnya. Penutur bahasa Inggris dengan beberapa pengalaman kerja memiliki peluang bagus untuk mendapatkan pekerjaan di media, akuntansi atau perbankan dan keuangan. Namun tetap lebih baik bila kamu fasih berbahasa Mandarin dan/atau Kanton.

Biaya Hidup

Biaya hidup di Cina umumnya jauh lebih murah daripada Barat, meskipun harga sewa bisa mahal di kota-kota besar dan khususnya, Hong Kong.

Nah sobat Cakap, jika kamu berhasil sekolah di luar negeri, apakah kamu ingin bekerja di sana juga?

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google