Cara Mengatasi Kendala Komunikasi dengan Partner dari Luar Negeri

cakap for corporate
Cara Mengatasi Kendala Komunikasi dengan Partner dari Luar Negeri

Bisnis di era digital membuka peluang untuk memperluas pasar dan koneksi hingga ke luar negeri. Saat ini sudah tidak jarang ada bisnis yang memiliki pelanggan atau bekerjasama dengan pihak dari mancanegara. Apakah bisnis Anda termasuk salah satunya? 

Hal terpenting dari sebuah bisnis tentu saja adalah komunikasi dan negosiasi, baik itu dengan klien maupun partner. Menjalin kerjasama dengan pihak dari mancanegara tentu saja memiliki tantangan sendiri yang harus diatasi pemilik bisnis atau perusahaan. 

Kendala Komunikasi dengan Partner Bisnis dari Luar Negeri

Setidaknya, ada tiga hal utama yang dapat menjadi kendala dalam menjalin kerjasama bisnis dengan pihak dari luar negeri, yaitu:

Budaya

Tantangan yang pertama adalah perbedaan budaya, baik budaya masyarakat maupun budaya kerja, dan budaya bisnis. Jika Anda merupakan pemilik bisnis, mengetahui dengan baik budaya dan nilai-nilai yang dianut oleh partner dapat mempermudah komunikasi dan negosiasi.

Misalnya ada negara yang secara profesional masyarakatnya tidak menerima bentuk komunikasi bisnis dan pekerjaan di luar hari kerja. Hal ini tentunya harus dipahami dengan baik jika Anda ingin bekerjasama dengan mereka. 

Waktu

Berada di belahan dunia yang berbeda, perbedaan zona waktu tentu saja dapat menjadi kendala dalam berkomunikasi dan bernegosiasi. Apalagi jika partner bisnis atau perusahaan Anda berada di negara yang sangat jauh seperti di Eropa atau Amerika. 

Ditambah lagi perbedaan budaya kerja, di mana beberapa negara menerapkan jam kerja yang lebih singkat, misalnya. Dalam hal ini, Anda tentunya harus lebih jeli dalam mempertimbangkan waktu untuk berkunjung atau berkomunikasi dengan pihak mitra. 

Bahasa

Kendala yang tidak kalah penting dalam berkomunikasi dan bernegosiasi dengan partner dari luar negeri adalah kendala bahasa. Ada kalanya karyawan atau bahkan Anda sendiri perlu berkomunikasi secara langsung, tetapi terhalang penguasaan bahasa. 

Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan tentu saja dengan mempersiapkan bisnis Anda untuk situasi tersebut. Misalnya dengan memberikan pelatihan berbahasa asing untuk karyawan yang akan terlibat dengan partner dari luar negeri. 

Sesuaikan Program Bahasa Asing untuk Karyawan Perusahaan Anda Bersama Cakap

Cakap for Corporate

Cakap for Corporate merupakan kelas bahasa asing untuk kebutuhan profesional bagi karyawan perusahaan maupun pemilik bisnis. Saat ini kelas bahasa asing yang tersedia adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan bahasa Jepang. Selain itu, ada pula kelas bahasa Indonesia untuk warga negara asing yang bekerja di Indonesia. 

Menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, kelas bahasa asing Cakap for Corporate tersedia dalam pilihan kelas privat dan grup dengan keunggulan sebagai berikut: 

  • Ruang kelas virtual yang memungkinkan komunikasi dan interaksi pembelajaran dua arah. 
  • Penetapan waktu pembayaran yang fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan kebijakan internal perusahaan/bisnis Anda.
  • Program khusus yang dibuat berdasarkan kebutuhan bidang bisnis atau industri tertentu sesuai kebutuhan Anda. 
  • Pengajar merupakan guru bersertifikasi dan ahli dalam industri tertentu dengan pengalaman yang signifikan. 

Selain itu, pihak perusahaan akan diberikan akses untuk melihat proses pembelajaran karyawan yang diikutsertakan. Setiap peserta yang sudah menyelesaikan program akan mendapatkan evaluasi hasil pembelajaran dan sertifikat. 

Mempercakap bahasa asing, berarti membuka kesempatan lebih luas bagi karyawan dan perusahaan Anda untuk semakin berkembang. Daftar Cakap for Corporate sekarang dan tentukan program terbaik sesuai dengan bisnis Anda! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Karyawan lewat Cakap for Corporate