Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?

Mencari pekerjaan dapat menjadi tantangan yang sangat berat mengingat persaingan ketat untuk mendapatkan tempat di suatu perusahaan. Persaingan ini menuntut kamu untuk menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat yang lain.

Di situlah menjadi siswa internasional merupakan salah satu keuntungan bagi kamu. Sebuah studi tahun 2014 oleh Komisi Eropa tentang Dampak Skema Pertukaran Siswa Erasmus menemukan bahwa siswa yang telah mengambil bagian dalam program ini telah meningkatkan prospek pekerjaan mereka setelah lulus sekolah sebanyak sekitar 42% dan memiliki peluang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang belum pernah sekolah di luar negeri.

Mengembangkan keterampilan bahasa asing

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Bergantung pada tempat kamu memilih untuk belajar di luar negeri, kamu mungkin diharuskan untuk belajar bahasa asing tambahan selain bahasa Inggris. Selain untuk membantu kamu menjadi terbiasa dengan budaya baru dan berinteraksi dengan penduduk setempat dengan percaya diri, hal itu dapat membantu prospek pekerjaan kamu setelah studi.

Kamu bisa menjadi penerjemah dan guru bahasa hingga pramugari dan bekerja di kantor kedutaan besar, ada sejumlah pekerjaan di mana berbicara berbagai bahasa tidak hanya bermanfaat, tetapi juga menjadi sebuah keharusan.

Bahkan jika karir yang ingin dikejar tidak mementingkan keterampilan multibahasa, dapat berbicara lebih dari satu bahasa menunjukkan kualitas lain yang dicari oleh pemberi kerja, yaitu dedikasi dan kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru secara relatif cepat. Secara keseluruhan, ini bisa menjadi titik penjualan yang bagus untuk resume kamu.

Menunjukkan pola pikir internasional

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Saat pindah ke negara baru untuk belajar, pada dasarnya kamu memasuki wilayah asing. Dari budaya lokal ke lingkungan yang belum pernah terlihat sebelumnya, semua yang ditemui sejak saat itu adalah sesuatu yang harus kamu adaptasi. Dengan melakukan itu, kamu memperluas pandanganmu di luar lingkungan lokal dan melihat hal-hal dari perspektif yang lebih internasional.

Manfaat dari pendekatan yang baru ini bisa sangat besar dalam hal prospek karir kamu. Pikirkan saja pendekatan internasional yang dimiliki sebagian besar perusahaan saat ini, beberapa perusahaan dan organisasi besar hanya terbatas pada satu cabang atau kantor saja, sehingga mengetahui bahwa seorang calon karyawan yang nyaman bepergian ke luar negeri sering kali dapat dijadikan andalan bagus bagi perusahaan.

Mengasah keterampilan interpersonal

Selain dimensi internasional yang dapat mempercantik lamaran kerjamu, belajar di luar negeri dapat membantu secara signifikan meningkatkan keterampilan interpersonalmu. Dengan tinggal di luar negeri dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang kehidupan setiap hari, kamu pasti akan mendapatkan apresiasi terhadap budaya negara lain.

Kamu akan bersikap terbuka hingga merangkul tantangan baru, memiliki kepercayaan diri dan mampu menyelesaikan masalah dan membuat keputusan, hingga memiliki toleransi terhadap nilai-nilai dan perilaku orang lain.

Menunjukkan inisiatif

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Selain memperkuat keterampilan bahasa dan komunikasi, belajar di luar negeri menggarisbawahi fakta bahwa kamu tidak takut untuk mengambil inisiatif dan mengejar pengalaman baru.

Menurut survei Job Outlook 2016 oleh NACE (Asosiasi Nasional Perguruan Tinggi dan Pengusaha) menemukan bahwa 80% pengusaha mencari bukti keterampilan kepemimpinan ketika meninjau aplikasi kandidat, sementara hanya di bawah 66% mencari bukti bahwa kandidat bersedia untuk mengambil inisiatif.

Memperoleh pengalaman kerja internasional

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Belajar di luar negeri tidak diragukan lagi merupakan prestasi yang luar biasa, tetapi juga membuka banyak peluang baru yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang hanya belajar di satu negara. Pertama, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja jauh dari negara asalmu dan ini merupakan sesuatu yang pasti akan menambah lapisan yang mengesankan untuk resume dan lamaran kerja kamu.

Tidak hanya itu, mengingat bagaimana perusahaan beroperasi secara internasional, ada baiknya memikirkan jaringan yang kamu bisa mulai bangun di negara tempat kamu belajar dan juga mencari pengalaman bekerja di sana. Kamu bisa mengikuti program magang atau menjadi asisten dosen di sana.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google