Syarat dan Cara Membuat SKCK Online untuk Melamar Kerja Terbaru

cara-membuat-skck-online-untuk-melamar-kerja

Kamu pasti udah nggak asing dengan singkatan SKCK bukan? SKCK adalah kependekan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Surat ini memiliki banyak kegunaan, sehingga tidak jarang banyak perusahaan atau lembaga tertentu mengharuskan calon kandidatnya untuk melampirkan SKCK. Buat kamu yang ingin tahu lebih jauh apa itu SKCK dan cara membuat SKCK online untuk melamar kerja, yuk pantengin terus artikel ini sampai selesai!

Table of Contents

Apa Itu SKCK?

Seperti dijelaskan di atas, SKCK adlah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Surat ini merupakan surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam. SKCK berfungsi untuk menerangkan tentang ada atau tidaknya catatan seseorang mengenai tindakan kriminalitas atau kejahatan. Masa berlaku SKCK sendiri sekitar 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika melewati masa berlaku, kamu perlu memperpanjang SKCK-mu.

Untuk membuat SKCK, kamu perlu mengeluarkan biaya sejumlah Rp.30.000. Biaya tersebut telah resmi diubah dan ditetapkan sejak 6 Januari 2017.

Di mana sih tempat membuat SKCK untuk melamar kerja atau mendaftar di suatu lembaga tertentu? Tempat membuat SKCK pada umumnya ada di setiap kantor polisi, kamu bisa mendaftar di loket pelayanan SKCK. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu juga bisa lho membuat SKCK secara online. Tentunya, ada beberapa form yang harus diisi dan dokumen yang harus diunggah. Untuk lebih lengkapnya, cek section di bawah ya!

Syarat Membuat SKCK Online

Gimana sih syarat membuat SKCK online khususnya untuk melamar kerja? Syarat membuat SKCK ini dibagi menjadi dua, yaitu untuk WNI dan WNA. masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda. Nah, untuk WNI sendiri, berikut syarat membuat SKCK online yang harus dipenuhi.

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi akte lahir/ijazah terakhir
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Dokumen sidik jari dan rumus sidik jari
  • Fotokopi kartu identitas lain bagi pemohon yang belum memiliki KTP
  • Pas foto berwarna dengan background warna merah. Ukuran foto 4×6, sebanyak 6 lembar

Nah, karena membuat SKCK membutuhkan rekam dan rumus sidik jari, maka pembuatannya tidak bisa diwakilkan. Namun, jika kamu akan memperpanjang SKCK, permohonan perpanjangan SKCK bisa diwakilkan oleh kerabat (asal membawa seluruh dokumen yang diperlukan).  

Tempat Membuat SKCK

SKCK bisa dibuat secara offline maupun online. Nah, untuk pembuatan dan pengambilan SKCK offline biasanya bergantung pada keperluannya, kamu bisa membuat di Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek.

(1) Mabes Polri

Tempat membuat SKCK yang pertama adalah Mabes Polri. Biasanya SKCK yang diterbitkan di sini adalah SKCK untuk keperluan pencalonan presiden, wakil presiden, calon anggota legislatif, dan lembaga-lembaga negara lainnya yang ditujukan untuk lembaga pemerintah tingkat pusat.

(2) Polda

Polda adalah salah satu tempat membuat SKCK online untuk melamar kerja, mengurus paspor & visa, WNI yang akan bekerja di luar negeri serta kepala daerah yang akan mencalonkan diri.

(3) Polres

Polres atau Kepolisian Reosor adalah tempat pembuatan SKCK yang ditujukan untuk mereka yang hendak mendaftar PNS, melamar kerja di BUMN, mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tingkat kabupaten/kota, atau mencalonkan diri sebagai kepala desa.

(4) Polsek

Nah, kalau di polsek atau Polisi Sektor yang berkedudukan di tingkat kecamatan, kamu bisa membuat SKCK untuk keperluan pendaftaran kerja di tempat swasta (non-PNS dan non-BUMN).

cara-mendaftar-skck-online-untuk-melamar-kerja
Photo from Freepik

Cara Membuat SKCK Online untuk Melamar Kerja

Ketika kamu akan membuat SKCK online kamu pasti juga bertanya-tanya tentang berapa lama proses pembuatan SKCK online dan bagaimana cara mendaftarnya. SKCK online bisa dibuat di laman registrasi dengan proses yang cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Setelah melakukan proses registrasi, kamu bisa mengambil SKCK online-mu selambat-lambatnya 3 hari setelah melakukan pendaftaran. Jika lebih dari tiga hari, maka kamu harus melakukan pendaftaran ulang.

Berikut ini cara membuat SKCK online untuk kamu yang akan melamar kerja:

(1) Mengunjungi Website Resmi Pembuatan SKCK

Hal yang pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat SKCK online untuk melamar kerja adalah mengunjungi laman resmi pembuatan SKCK online di website https://skck.polri.go.id/. Ingat, jangan sampai salah ya websitenya untuk menghindari penipuan dan sebagainya.

(2) Memilih Menu “Formulir Pendaftaran”

Setelah masuk pada beranda laman tersebut, pilihlah menu Formulir Pendaftaran yang terletak di pojok kanan atas. Jika kamu sudah memilih menu tersebut, nantinya akan muncul sebuah form yang harus diisi dan ada juga informasi keperluan pembuatan skck.

(3) Mengisi Bagian Alasan Mengajukan SKCK

Bagian pertama form yang harus diisi adalah “alasan mengajukan SKCK”. Pilih salah satu alasan mengapa kamu mengajukan SKCK (jika alasannya untuk melamar pekerjaan, kamu bisa pilih Melamar Pekerjaan di Tingkat Kabupaten/Kota).

(4) Melengkapi Alamat dan Cara Pembayaran

Selanjutnya, kamu perlu mengisi bagian “Satwil atau Kesatuan Wilayah”. Pilihlah Satwil untuk proses pembuatan dan pengambilan SKCK yang paling dekat dengan tempatmu. Setelah memilih Satwil, kamu bisa lanjut mengisi alamat lengkap rumah sesuai dengan data di KTP. di bagian akhir, kamu akan disuruh memilih cara pembayaran pembuatan SKCK online. Setelah semua data terisi, klik “Lanjut” di bagian kanan bawah.

(5) Mengisi Data Diri dan Informasi Pribadi

Setelah klik “Lanjut”, kamu akan dihadapkan dengan form berikutnya, yaitu pengisian tentang data diri dan informasi. Di sana, kamu akan disuruh melengkapi kolom data diri lengkap, seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, kewarganegaraan, agama, dan pekerjaan. Kamu juga diminta untuk mengisi nomor telepon, nomor identitas, dan nomor paspor (tentatif).

(6) Mengunggah File dan Dokumen

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pembuatan SKCK online bisa mulai diunggah. Kamu bisa mulai mengunggah foto ukuran 4×6, dan dokumen lainnya, berikut dengan lampiran dokumen rumus sidik jari.

(7) Lakukan Pembayaran & Cetak Bukti Pembayaran

Setelah mengisi lengkap formulir yang ada, kamu akan mendapatkan bukti pendaftaran dan nomor yang digunakan untuk membayar biaya SKCK online. So, kamu bisa melakukan pembayaran dan mencetak tanda bukti untuk mengambil SKCK nantinya.

Pentingnya SKCK untuk Melamar Pekerjaan

Apakah SKCK itu penting dalam melamar pekerjaan? Jawabannya, tentu. SKCK hampir selalu diperlukan dalam setiap melamar atau mendaftar pekerjaan, baik PNS, BUMN, Swasta, bahkan ketika akan bekerja di luar negeri, kamu juga perlu yang namanya SKCK. Beberapa perusahaan biasanya menyuruh kandidat atau calon pelamarnya untuk melampirkan SKCK bersama dengan dokumen lain, seperti CV, portofolio, dll.

Melampirkan SKCK saat melamar pekerjaan, berfungsi agar pihak ketiga (pihak perusahaan/pihak yang bersangkutan) tahu bahwa calon pelamar tidak pernah melakukan perbuatan yang melawan atau melanggar hukum.

So, untuk persiapan sebelum mendaftar pekerjaan, sebaiknya kamu mengetahui kebutuh dan keperluan SKCK yang tepat, agar kamu juga bisa memilih tempat pembuatan SKCK yang tepat.

Demikianlah materi seputar cara membuat SKCK untuk melamar kerja lengkap dengan syarat dan kegunaannya. Mudah bukan membuat SKCK secara online? Nah, untuk mempersiapkan karier dan melamar kerja, kamu nggak hanya butuh SKCK dong pastinya, kamu juga butuh bekal bernama skill. Yuk, upgrade skill-mu di Cakap Upskill! Biar nanti pas mau lamar kerja, kamu udah punya segudang kemampuan.

Referensi:
-skck.polri.go.id
-gramedia.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap