Cara Mengetik 10 Jari bagi Pemula yang Mudah, Cepat Mahir!

cara-mengetik-10-jari

Di era serba modern ini kita semua dituntut untuk cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, termasuk dalam mengetik. Teknik mengetik 10 jari adalah salah satu metode mengetik dengan cepat pada keyboard komputer, yaitu kemampuan menggunakan kedua tangan dan kesepuluh jari, metode tersebut juga dikenal dengan keterampilan mengetik 10 jari. Dengan cara tersebut kamu bisa menggunakan keyboard komputer secara efisien, kamu bisa dengan mudah untuk menyelesaikan pekeraan, seperti membuat CV, Power Point, atau bahkan menulis kreatif. So, yuk cari tahu gimana cara mengetik 10 jari untuk pemula saat menggunakan keyboard-mu!

Table of Contents

Cara Mengetik 10 Jari

Untuk bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, kamu harus tahu bagaimana tips atau cara mengetik 10 jari untuk melatih kemampuan tangan kamu. Berikut merupakan tips atau cara mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah yang bisa kamu coba.

(1) Fokus pada Penempatan Jari 

Penempatan jari yang benar pada keyboard akan membantu kamu meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari, fokus dengan penempatan jari pada keyboard juga akan membantu kamu untuk meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam mengetik.

(2) Memperbaiki Postur Tubuh

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengetik adalah postur tubuh kamu ketika duduk. Usahakan punggung dan pergelangan tangan lurus agar jari-jari bisa menutupi papan keyboard. Dengan posisi tubuh yang benar kamu akan lebih mudah dalam mengetik nantinya.

(3) Berlatih dengan Rutin

Jika kamu ingin kemampuan mengetik kamu terus meningkat, tentunya kamu harus rutin berlatih. Semakin banyak kamu berlatih, maka kemampuan, kecepatan, keterampilan serta ketepatan mengetik 10 jari kamu juga akan semakin meningkat. Kamu bisa tentukan kapan waktu untuk berlatih, misalnya dengan membuat jadwal seminggu tiga kali atau menyesuaikan dengan waktu luang kamu. 

(4) Mencoba untuk Tidak Melihat Keyboard

Setelah rutin berlatih tentunya kamu akan semakin lancar. Agar lebih mahir, pada latihan berikutnya cobalah latihan dengan cara mengetik tidak melihat keyboard. Dengan latihan rutin dan waktu yang cukup kamu akan bisa lebih mudah untuk meningkatkan kecepatan, keterampilan serta ketepatan dalam mengetik.

(5) Pelajari Tombol Shortcut

Hal penting lainnya agar kamu lebih efisien dalam mengetik adalah dengan memahami kegunaan tombol shortcut. Dengan mempraktekan kegunaan tombol shortcut akan sangat membantu kamu dalam mengetik lebih cepat.

Bagaimana Pembagian Posisi Tangan dan Jari?

Bagaimana pembagian posisi tangan dalam mengetik 10 jari? Sesuai dengan namanya, cara mengetik 10 jari tentunya harus benar-benar menggunakan 10 jari. Agar lebih mudah kamu harus mengetahui beberapa kunci untuk dijadikan acuan peletakan jari pada keyboard. 

Secara umum, kamu bisa menempatkan jari kiri pada kunci A,S,D dan F. Sedangkan untuk jari kanan pada kunci J, K, L dan titik koma. Sementara itu, kedua jempol akan diposisikan pada tombol spasi. Penempatan jari telunjuk pada tombol F dan J, yang terdapat tonjolan kecil yang dapat membantu kamu untuk mempermudah meletakkan jari telunjuk pada tombol kunci. 

So, agar lebih jelas, yuk coba cari tahu satu persatu letak jari tangan pada keyboard yang baik dan benar!

Tangan Kiri

  • Jari Kelingking: letakkan jari kelingking kiri di antara deretan tombol huruf A, Q, Z, Angka 1, tombol Shift, Tab, dan CapsLock
  • Jari Manis: letakkan jari manis kiri di antara deretan tombol huruf W, S, X, dan Angka 2
  • Jari Tengah: letakkan jari tengah kiri di antara deretan tombol huruf E, D, C, dan Angka 3
  • Jari Telunjuk: letakkan jari telunjuk kiri di antara deretan tombol huruf R, F, T, V, G, B, Y, dan Angka 4, 5, 6
  • Jempol : Letakan jempol kiri pada tombol Space dan Alt


Tangan Kanan

  • Jari Telunjuk : letakkan jari telunjuk kanan di antara deretan tombol huruf Y, U, H, J, B, N, M, dan Angka 6, 7
  • Jari Tengah: letakkan jari tengah kanan di antara deretan tombol huruf I, K, tanda koma, dan Angka 8
  • Jari Manis: letakkan jari manis kanan di antara deretan tombol huruf L, O, tanda titik, dan angka 9
  • Jari Kelingking: letakan jari kelingking di antara deretan tombol huruf P, tanda titik koma, dan tanda miring
  • Jempol: letakkan jempol kanan tombol Space dan AltGr
mengetik-10-jari
Photo from Freepik


Manfaat Mengetik 10 Jari

Apa saja sih manfaat mengetik 10 jari? Jika kamu sudah terbiasa mengetik dengan metode 10 jari, semua pekerjaan yang berkaitan dengan mengetik dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Berikut merupakan manfaat mengetik 10 jari yang bisa kamu dapatkan:

(1) Menghemat Waktu

Mengetik menggunakan sistem 10 jari tentunya akan lebih cepat selesai sehingga akan lebih menghemat waktu kamu.

(2) Meningkat Konsentrasi Mengetik

Mengetik menggunakan sistem 10 jari akan menjadikan kamu lebih konsentrasi karena kamu akan fokus pada layar komputer sehingga perhatian kita tidak akan mudah teralihkan.

(3) Melatih Daya Pikir

Untuk bisa mengetik 10 jari kamu harus menghafal dan mengangkat posisi jari ketika mengetik, hal tersebut tentunya akan melatih daya pikir kamu.

(4) Meningkatkan Kecepatan Ketik

Dengan mengetik menggunakan metode 10 jari tentunya kamu akan lebih mahir, dan semakin meningkatkan kecepatan kamu dalam mengetik.

(5) Bisa Lebih Cepat Istirahat

Kemampuan mengetik cepat dan efisien tentunya akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga kamu juga akan bisa lebih cepat istirahat. 

Kerugian Jika Kamu Tidak Mengetik Menggunakan 10 Jari

Berikut merupakan kerugian jika kamu tidak mempelajari metode mengetik 10 jari

(1) Tidak efektif dan efisien

Mengetik dengan tidak menggunakan metode 10 jari akan lebih lambat sehingga tidak efektif dan efisien.

(2) Cepat Lelah

Mengetik tanpa menggunakan 10 jari akan lebih lama dan lebih menguras tenaga karena fokus kamu akan bergantian pada keyboard dan layar komputer, hal tersebut akan membuatmu lebih cepat Lelah. 

(3) Kurang Rapi

Fokus yang terbagi pada layar komputer dan keyboard akan akan mempengaruhi hasil ketikan kamu, mungkin akan lebih banyak typo jika dibandingkan dengan mengetik menggunakan 10 jari, sehingga tulisan kamu menjadi tidak rapi. 

Bagaimana? Menarik bukan jika kita mempelajari metode mengetik 10 jari, kamu akan lebih bisa menghemat waktu dengan tetap menghasilkan ketikan yang rapi. Yuk, belajar mengetik mengetik menggunakan 10 jari, tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa, itu tergantung dengan konsistensi kamu untuk berlatih yaa, semangat!

Nah, buat kamu yang ingin belajar seputar skill penunjang di bidang teknologi, bahasa, dan lainnya, yuk coba pantenting Cakap Upskill dan pilih kursus yang paling kamu butuhkan!

Referensi:
-glints.com
-orami.co.id
-gramedia.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap