Kerja Remote: Arti, Manfaat, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

pekerjaan yang bisa remote
Photo by Antoni Shkraba from Pexels

Perkembangan teknologi membuat banyak jenis pekerjaan bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor atau yang biasa disebut remote working. Pekerjaan yang bisa remote ini memungkinkan pekerja untuk bekerja dari mana saja, sehingga lebih fleksibel sekaligus lebih efisien dalam melakukan pekerjaan. 

Lantas apa sih pekerjaan remote dan apa bedanya dengan WFH? Cari tahu pengertian, manfaat, jenis pekerjaan remote, dan cara mendapatkannya dalam artikel berikut ini, ya! Bagi Sobat Cakap yang tertarik untuk melakukan pekerjaan yang bisa online atau pekerjaan jarak jauh, simak sampai habis, ya!

Table of Contents

Apa Itu Kerja Remote

Kerja remote (remote working) adalah bekerja dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor. Kata remote dalam kerja remote sendiri berarti “terhubung dari jarak jauh”. Dengan kata lain, pekerjaan tersebut dapat dilakukan meskipun dari jarak yang jauh. 

Karyawan yang melakukan pekerjaan jarak jauh ini dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan menggunakan komputer atau laptop serta koneksi internet. Mereka juga dapat berkomunikasi karyawan lainnya melalui panggilan telepon, konferensi video, atau pesan. 

Dengan sepenuhnya mengandalkan teknologi pekerjaan yang bisa bisa remote ini pun mengurangi kebutuhan karyawan untuk hadir secara fisik ke kantor. Mereka dapat menyelesaikan tugas tersebut di rumah atau di mana pun mereka sedang berada. 

Beda Kerja Remote (WFA) dan WFH

Sistem kerja jarak jauh juga kerap disebut WFA atau work from anywhere yang artinya “bekerja dari mana saja”, termasuk dari rumah. WFA sedikit berbeda dengan WFH atau work from home. Lantas apa itu bekerja secara WFH? 

WFH atau work from home adalah sistem bekerja yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah saja. Istilah WFH sendiri baru sering digunakan setelah pandemi Covid-19, di mana masyarakat disarankan untuk mengurangi aktivitas sosial di luar rumah. 

Jadi, remote working atau WFA itu adalah bekerja dari mana saja, sementara WFH adalah bekerja dari rumah terutama karena pandemi. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan yang bisa remote dan juga pekerjaan yang bisa WFH. 

Manfaat Bekerja secara Remote

Bekerja secara remote memiliki beberapa keuntungan atau manfaat, baik bagi karyawan, maupun bagi perusahaan. 

Keuntungan Kerja Remote bagi Karyawan

1. Kesehatan Karyawan Lebih Terjaga

Pekerjaan yang bisa dilakukan remote dapat menghindari karyawan dari stres, terutama yang berkaitan dengan perjalanan dan kemacetan lalu lintas. Terbebas dari stres akibat kelelahan dan situasi jalan raya tentunya akan berdampak baik pada kinerja karyawan tersebut. 

2. Gaya Hidup yang Fleksibel

Bekerja secara remote membuat hidup menjadi lebih fleksibel, karena kamu tidak perlu berada di kantor seharian. Setelah pekerjaan selesai, kamu bisa segera melakukan aktivitas lain tanpa harus kembali menempuh perjalanan. 

3. Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan

Kerja remote dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Hal ini dapat terjadi karena karyawan bisa menghindari gangguan kerja yang timbul di kantor. Dengan begitu karyawan dapat mencari inspirasi dan perspektif baru dalam kerja. 

pekerjaan-yang-bisa-remote
Photo by ROMAN ODINTSOV

Keuntungan Kerja Remote bagi Perusahaan:

1. Membuat Karyawan Lebih Proaktif

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hampir 74% pekerja lebih memilih resign dan beralih pada pekerjaan yang bisa remote. Selain itu, karyawan yang bekerja secara remote cenderung lebih proaktif terhadap pekerjaannya.

2. Produktivitas yang Lebih Tinggi

Selain menjadi lebih proaktif, karyawan yang bekerja secara remote akan menjadi lebih produktif karena tidak lelah di jalan. Peningkatan produktivitas tersebut tentunya menjadi kabar baik bagi perusahaan. 

3. Hemat Biaya Operasional

Perusahaan yang mengizinkan karyawan bekerja secara remote bisa menghemat biaya operasional seperti listrik, kertas, air galon, dan lain-lain. Uang operasional yang berhasil dihemat tersebut dapat dialihkan untuk kebutuhan lainnya di perusahaan. 

Jenis Pekerjaan Remote

Lantas apa saja jenis pekerjaan yang tidak harus ke kantor dengan remote working? Simak beberapa pekerjaan yang bisa online berikut ini! 

1. Web Designer

Seorang Web Designer bertugas untuk membangun halaman web yang menarik dan ramah pengguna. Meskipun bernama “designer”, tetapi Web designer tidak hanya bertugas merancang tampilan web yang menarik saja. Tanggung jawab umum bagi seorang Web Designer yaitu menggunakan bahasa pemrograman atau coding untuk membuat halaman web dan meningkatkan elemen desain.

2. Social Media Manager

Manajer media sosial atau social biasanya bekerja dalam tim pemasaran di sebuah perusahaan. Ia bertugas menyusun anggaran untuk menerbitkan iklan media sosial, mengikuti tren yang ada di media sosial, dan mengelola media sosial secara keseluruhan.

Baca juga : Apa itu Social Media Marketing? Ini Tugas, Tools & Strategi Populer

3. Customer Service Representative 

Pekerja customer service representative bekerja secara langsung dengan pelanggan, yaitu dengan menjawab panggilan telepon atau membalas pesan dalam platform messenger. Selain itu, juga bertugas dalam memproses pesanan produk dan menangani pengembalian barang.

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

4. Virtual Assistant 

Asisten virtual termasuk pekerjaan yang bisa remote karena bertugas untuk menyelesaikan tugas administratif. Mereka membuat jadwal janji temu, menjawab panggilan telepon, mengoreksi dokumen perusahaan, membuat materi pemasaran dasar, dan lain-lain. 

5. Desainer Grafis

Desainer grafis memiliki tugas membuat grafik visual untuk materi pemasaran digital atau media promosi cetak. Grafik visual yang dibuat bisa dalam berbagai bentuk, seperti video, infografis, hingga berbagai jenis gambar untuk postingan media sosial. 

6. Copy Editor

Copy editor bekerja dalam tim editorial untuk mengoreksi dan meningkatkan kualitas suatu tulisan dan memperbaiki kesalahan tata bahasa atau ejaan. Copy editor juga berkolaborasi dengan penulis dalam meningkatkan keterampilan menulis atau membuat konten.

7. Accounting

Akuntan memiliki tugas yaitu meningkatkan efisiensi organisasi dengan menggunakan dan menganalisis catatan keuangan yang ada. Akuntan bertanggung jawab dalam melakukan audit pada rekening bank dan anggaran perusahaan serta pendokumentasian transaksi. 

8. Recruiter

Recruiter atau perekrut biasanya bekerja dalam tim HRD untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan posisi yang terbuka. Selain itu perekrut juga bertugas menyeleksi dan mewawancarai kandidat, memberi offering, dan menegosiasikan gaji serta tunjangan.

Baca juga : Apa itu Offering Letter? Ini Contoh, Cara Membalas dan Isi Suratnya

9. Copywriter

Copywriter bertugas membuat konten unik untuk iklan, halaman web, postingan blog, media sosial, atau skrip video. Pekerjaaan ini termasuk pekerjaan yang bisa remote karena hanya membutuhkan kreativitas, komputer, dan koneksi internet. 

10. Sales Representative 

Pekerja bagian Sales bertugas untuk menegosiasikan kontrak penjualan, mendemonstrasikan produk, dan memenuhi target penjualan tertentu. Sales dapat menjadi pekerjaan yang tidak harus ke kantor, tergantung jenis perusahaan dan target marketnya. 

pekerjaan jarak jauh
Photo by olia danilevich

11. Marketing Manager

Manajer pemasaran bertugas dalam mengembangkan campaign dan strategi untuk mempromosikan perusahaan dan produknya. Mereka akan bekerja dengan anggota tim dengan fungsi berbeda, tetapi juga termasuk salah satu pekerjaan yang tidak harus ke kantor. 

12. Data Analyst

Analis data bertugas mengumpulkan dan menginterpretasikan data perusahaan untuk membantu karyawan dan pimpinan untuk memahaminya dengan lebih baik. Pekerjaan ini pun dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor. 

13. Project Manager

Manajer proyek bertugas merencanakan dan mengimplementasikan proyek-proyek penting perusahaan dari awal hingga akhir. Meski demikian, tugas-tugas mereka tersebut juga dapat dilakukan secara online sehingga termasuk pekerjaan yang bisa remote.  

14. Data Entry

Data entry bertugas untuk memasukkan data yang diperoleh dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer perusahaan. Posisi ini pun dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor, meskipun saat ini posisi ini sudah jarang karena sudah ada automasi. 

15. Software Engineer

Software engineer bertugas mengembangkan aplikasi bisnis, sistem operasi, atau sistem konsol jaringan untuk perusahaan. Meskipun membutuhkan perangkat komputer dengan kriteria tertentu, banyak dari mereka yang melakukan pekerjaan di rumah dengan peralatan pribadi. 

Baca juga : Apa itu Programmer? Ini Tugas, Skill, dan Range Gajinya!

Cara Mendapatkan Pekerjaan Remote

Untuk kamu yang tertarik dan penasaran, bagaimana sih cara mendapatkan pekerjaan yang bisa remote, berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Kenali karier yang mendukung pekerjaan remote

Untuk menemukan pekerjaan remote, kamu perlu mengenali jabatan dan keterampilan apa yang memenuhi kualifikasi agar dapat dikerjakan secara remote (jarak jauh). Selain itu kamu juga harus menyesuaikan rencana kariermu dengan jenis pekerjaan tersebut. 

2. Membuat portofolio yang menarik

Pembuatan portofolio merupakan salah satu tantangan besar jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan remote. Hal ini dikarenakan adanya kendala waktu dan jarak bagi pewawancara dan calon karyawan sehingga tidak bisa bertemu secara langsung. 

3. Cari tahu perusahaan yang membuka remote working

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini banyak sekali jenis pekerjaan remote yang dibuka oleh berbagai perusahaan. Kamu dapat mencarinya di job portal yang menyediakan filter untuk jenis pekerjaan yang bisa remote atau portal khusus remote work

4. Bergabung dengan Komunitas

Selain mencari tahu sendiri secara online, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan remote. Komunitas remote working biasanya banyak terdapat di media sosial atau grup seperti di Telegram. 

Demikian pembahasan tentang pekerjaan yang bisa remote atau yang juga disebut sebagai pekerjaan jarak jauh (remote working). Persiapkan dirimu untuk remote working dengan menambahkan berbagai skill penunjang seperti yang tersedia di Cakap Upskill. Pilih kursus sesuai jenis pekerjaan yang kamu inginkan, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • indeed.com
  • thebalancemoney.com
  • techtarget.com
  • ekrut.com
  • glints.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap