Rekomendasi Pekerjaan Online untuk Pelajar yang Mudah dan Tipsnya

rekomendasi pekerjaan online untuk pelajar dari rumah

Kesempatan kerja secara online kini sudah mulai kian banyak tersedia di Indonesia. Tidak hanya untuk pekerja, daftar kerja online untuk pelajar juga banyak dibutuhkan akhir-akhir ini. Menariknya kerja online tidak hanya berlaku untuk para lulusan S1 saja lho, karena ada juga banyak kerja sampingan online untuk pelajar lulusan SMP atau SMA.

Bagi para pelajar lulusan SMP/SMA atau yang sedang ambil gap year, pantengin beberapa contoh kerja online tanpa modal untuk pelajar, lengkap dengan tips-tips kerja, dan website pencarian kerja terpercaya yang bisa kalian coba!

Table of Contents

Kerja Online

Apa itu kerja online? Kerja online adalah sebuah aktivitas kerja yang dilakukan secara daring. Para pekerja saling terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih, kerja sampingan online kini menjadi semakin mudah dijalani, terutama di kota-kota yang sudah memiliki fasilitas internet yang memadai.

Keuntungan Bekerja Secara Online

Meskipun memiliki nilai plus minus tersendiri, tapi kerja online dari rumah untuk pelajar memiliki banyak keuntungan. Berikut keuntungan bekerja secara online!

Fleksibilitas

Nilai fleksibilitas tentu adalah poin pertama yang didapat oleh para pekerja yang melakukan pekerjaan secara online. Pasalnya, mereka bisa bekerja dari mana saja. Untuk anak rumahan, kalian bisa bekerja secara nyaman di rumah. Atau buat kalian yang gampang bosen, bisa juga lho cobain kerja sambil santai di kedai kopi atau kafe-kafe terdekat. 

Lebih Hemat Biaya

Keuntungan bekerja online juga dapat dirasakan dari segi hemat biaya. Dengan bekerja online, kamu tidak perlu menghabiskan uang untuk ongkos pulang-pergi dari rumah ke kantor. Dan bagi kalian yang bekerja dari luar kota, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sewa kontrakan/kostan. 

Ada Banyak Waktu Berkualitas

Aspek waktu yang berkualitas bisa dirasakan oleh pekerja online. Mereka tidak perlu membuang waktu di perjalanan. So, waktu pulang-pergi ngantor bisa dijadiin waktu berkualitas untuk istirahat atau quality time bareng keluarga.

Tips Bekerja Online untuk Pelajar

Sebelum dan selama melakukan pekerjaan online dari rumah, kalian wajib banget ikutin tips-tips berikut. Biar apa sih emangnya? Biar kamu memperoleh banyak manfaat dan pembelajaran berharga selama masa bekerja.

Jangan Berhenti untuk Belajar dan Ingin Tahu Banyak Hal

Bagi pelajar yang baru pertama kali melangkahkan kaki di dunia kerja, wajib hukumnya untuk terus belajar dan merasa haus ilmu untuk mengetahui banyak hal. Jadikan momen bekerja online ini sebagai pintu pertama kalian sebelum nanti masuk ke dunia pekerjaan sesungguhnya setelah selesai kuliah.

Belajar untuk Bersikap dan Bekerja Secara Profesional

Meskipun bekerja secara online dan jauh dari jangkauan atasan, kamu harus tetap bekerja secara profesional. Usahakan selalu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Boleh sedikit bersantai, asal jangan lupa tanggung jawab utama.

Lebih Mengutamakan Pengalaman daripada Penghasilan

Tujuan utama bagi para pekerja online maupun offline pastinya adalah untuk mendapatkan penghasilan dan pengalaman. Namun bagi para pelajar yang ingin merasakan pengalaman bekerja, bisa lebih mengutamakan pengalaman daripada penghasilan. Kalian bisa menganggap pekerjaan kalian seperti sedang magang.

Daftar Kerja Online yang Cocok untuk Pelajar

Apa saja daftar kerja sampingan online untuk pelajar? Berikut penjelasannya!

(1) Dropshipper atau Reseller

Menjadi dropshipper atau reseller bisa menjadi pilihan kerja online untuk pelajar. Pekerjaan ini cukup efisien bagi para pelajar, terutama yang masih aktif bersekolah. Dengan menjadi dropshipper dan reseller kalian bisa belajar mempromosikan barang dagangan kalian, secara tidak langsung kalian juga belajar ilmu-ilmu marketing sambil jualin dagangan di rumah. That’s way dropship atau reseller shop bisa jadi kerja online di rumah yang cocok untuk pelajar. Apalagi kalau kamu ingin menjelajahi dunia bisnis online nantinya.

(2) Membuka Jastip (Jasa Titip)

Istilah jastip belakangan ini menjadi kian populer. Kamu bisa lho bekerja sebagai seorang jastip secara online. Misalnya, kamu sedang berada di luar kota, katakanlah Jepara, kamu bisa membuka jasa titip bagi para pelanggan yang ingin membeli barang-barang hiasan rumah yang terbuat dari kayu. Kamu bisa membelikan barang tersebut untuk pelangganmu, lalu kamu mengatur ulang harga barang plus harga jasa titip yang kamu tetapkan.

(3) Admin Online Shop

Seiring menjamurnya E-commerce di Indonesia, pekerjaan sebagai admin online shop pasti banyak dibutuhkan. Kamu bisa melamar pekerjaan di salah satu online shop dengan tingkat penjualan yang cukup tinggi. Menjadi admin akan membantumu belajar bagaimana cara mengatur pesanan dengan baik, di sana kamu juga bisa belajar untuk lebih teliti. 

(4) Mengisi Survey Online

Meskipun pekerjaan yang satu ini lebih umum ditemukan dalam sistem project, tapi lumayan banget lho buat pelajar yang ingin menambah uang jajan dan menambah ilmu pengetahuan. Pekerjaan sebagai survey online ini mengharuskanmu mengisi pertanyaan-pertanyaan survei dari responden dengan tema yang berbeda-beda.

(5) Entry Data

Entry data juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi kerja online untuk pelajar. Bekerja sebagai entry data kamu bertugas untuk menginput data-data perusahaan. Kamu bisa mengambil pekerjaan ini sebagai freelancer. Untuk bisa menggeluti pekerjaan ini, setidaknya kamu sudah akrab dengan aplikasi Excel atau Spreadsheet.

(6) Tutor Online

Satu lagi nih kerja online tanpa modal untuk pelajar, yaitu bekerja sebagai tutor online. Kalian yang merasa memiliki dan menguasai satu atau beberapa bidang ilmu tertentu, bisa banget nih jadi tutor online. Bagi anak SMA yang ingin menjadi tutor online, kalian bisa mengajar teman sejawat, siswa SMP, atau siswa SD.

Website Pencarian Kerja Terpercaya untuk Pelajar

Gimana sih cara kerja online untuk pelajar? Langkah pertama tentunya kamu perlu tahu lowongan pekerjaan mana saja yang bisa di-apply. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa mencari informasi dari teman, kenalan, atau website pencarian kerja.

Sangat penting bagi para pemula dalam dunia kerja untuk mengetahui website pencarian kerja terpercaya. Berikut ini ada beberapa website yang bisa terus kalian pantau untuk mencari lowongan pekerjaan bagi pelajar.

(1) Indeed

Indeed adalah website pencari pekerjaan yang cukup banyak penggunanya. Kamu bisa mendownload aplikasinya atau bisa juga hanya mendaftar lewat email saja. Indeed membantu mencari pekerjaan online untuk pelajar dengan cara mengirimkan lowongan-lowongan yang sekiranya cocok dengan pelamar, setiap harinya.

(2) Jobstreet

Kamu juga pasti udah tahu dong ya dengan platform pencarian pekerjaan yang satu ini. Jobstreet menjadi salah satu platform pencarian kerja terpercaya yang menyediakan ribuan lowongan kerja yang cocok bagi berbagai kalangan. So, para pelajar juga bisa coba ya cari kerjaan di Jobstreet.

(3) Linkedin

Aplikasi yang identik dengan warna biru ini, telah berhasil membantu ratusan ribu orang mendapatkan pekerjaan. Di sana ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia bagi berbagai kategori pekerjaan.

Aplikasi ini bisa di-download di Play Store. Setelah mendownload aplikasi, kamu bisa mengisi data pribadi, pendidikan, dan pengalaman yang dimiliki. Lalu, jangan lupa unggah CV terbaikmu ya!

Demikianlah penjelasan lengkap tentang kerja online untuk pelajar yang bisa dilakukan di rumah dan dijalankan tanpa modal. Bagi kamu yang baru mulai bekerja dan ingin mengambil pekerjaan sebagai freelance, yuk coba ikutan kursus menjadi freelance untuk pemula!

Referensi:
-grabjobs.co
-app.kinobi.asia

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap