8 Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

cara memulai bisnis online dari nol

Banyaknya orang yang berminat menggeluti bisnis online karena bisnis ini sangat menggiurkan. Selain lebih hemat tanpa harus menyewa toko atau outlet, bisnis online juga dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. 

Bahkan tak jarang kita jumpai banyak pengusaha yang sukses menjalankan bisnis online tanpa perlu memiliki toko secara fisik. Inilah hal yang membuat sebagian besar masyarakat tertarik dengan cara memulai bisnis online.

Namun mengingat mulai populernya bisnis online di masyarakat, tentu saja tidak mudah mencoba cara memulai bisnis online dari nol. Hal tersebut tentu saja membuat bisnis online menawarkan banyak pesaing. Sehingga Anda perlu cara memulai bisnis online yang jitu.

Ada banyak peluang usaha bisnis online yang bisa Anda coba demi mendapatkan penghasilan sampingan. Namun tentu saja, Anda harus memilih peluang yang benar-benar sesuai dengan passion atau minat Anda. 

Agar usaha yang dijalankan nantinya lebih bisa dinikmati. Selain itu, Anda perlu cara memulai bisnis online yang tepat sesuai dengan bisnis yang diambil.

Tips Memulai Bisnis Online dari Nol

Berjualan online memang tidaklah mudah bagi pemula, terutama jika belum menguasai bagaimana cara kerjanya. Namun Anda jangan khawatir, karena ada cara memulai bisnis online dari nol yang wajib Anda ikuti berikut!

1. Cari Tahu Produk yang Dibutuhkan Pasar

Cara memulai bisnis yang pertama ini sebenarnya berlaku bagi semua bisnis. Karena setiap kita memulai sebuah bisnis, Anda harus tahu dulu mana produk yang dibutuhkan oleh pasar. Karena produk tersebut akan selalu dicari. Dengan demikian, Anda tak perlu repot-repot lagi memaksimalkan promosi penjualan produk, karena konsumen akan datanag dengan sendirinya. 

Bagaimana cara mencari tahunya? Anda bisa mencari apa saja persoalan yang kini dihadapi oleh pesar. Cara memulai bisnis online selanjutnya, Anda bisa menentukan solusi yang tepat yang diperlukan masyarakat untuk membuat usaha Anda lebih berkembanag. Karena pasar akan merasa terbantu lewat bisnis yang Anda tawarkan.

Dengan kata lain, bisnis Anda harus bisa menjadi solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat selaku calon konsumen. Sehingga kemungkinan bisnis Anda dapat berkembang, peluangnya lebih besar.

2. Lakukan Kompetitor Research

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya, Anda tetap harus tahu siapa saja kompetitor Anda. Ketahui mulai dari melakukan riset tentang bagaimana kompetitor tersebut menawarkan produk jualan mereka dengan cara online. Silahkan cek di marketplace-marketplace terkemuka, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia atau yang lainnya.

Dalam cara memulai bisnis online ini, pastikan untuk mengetahui produk yang ditawarkan kompetitor sehingga banyak konsumen yang membelinya. Testimoni dan rating di marketplace sangat berpengaruh dalam h al ini. Akan tetapi, diantara testimoni yang ada, tak jarang ada saja pembeli yang merasa kecewa dan akhirnya memberi ulasan dan rating yang buruk terhadap toko tersebut.

cara melakukan kompetitor analisis

Nah,kelemahan yang dimiliki oleh pesaing Anda inilah yang nantinya harus ditawarkan oleh bisnis Anda Contohnya saja, pengemasan produk yang dibuat asal-asalan atau respons yang lama. Jadikan bisnis Anda lebih dari kompetitor dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tentu saja pengemasan yang lebih baik. 

Atau mungkin Anda ingin mencoba cara memulai bisnis dengan menawarkan harga yang lebih murah. Bisa saja, kan? Tentu saja Anda harus tetap mengutamakan kualitas produk yang ditawarkan.

3. Pilih Produk yang Akan Dijual

Jika Anda sudah mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar dan mengetahui siapa saja kompetitor Anda, maka selanjutnya tinggal memilih produk yang ingin dipasarkan lewat berbagai channel internet. Untuk menemukan produk yang tepat dalam cara memulai bisnis online, Anda harus tahu plus minus produk yang Anda jual terlebih dahulu. 

4. Tentukan Model Bisnis

Dalam cara memulai bisnis selanjutnya, pastikan Anda memilih model bisnis yang tepat. Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam bisnis online, Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan model bisnis, apakah menjadi dropshipper atau reseller. Atau jika memungkinkan, Anda bisa menjadi supplier jika memang Anda memiliki produk yang bisa Anda produksi sendiri. 

Semua pilihan tersebut bisa disesuaikan tergantung dari kondisi, misalnya saja jika Anda tidak memiliki modal yang besar, bisa pilih model bisnis dropshipper terlebih dahulu. Jika sudah memiliki modal yang cukup dan peluang bisnisnya banyak diminati konsumen, barulah bisa menjadi reseller. Cara memulai bisnis online dari nol ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Tingkatkan Skill Bisnismu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

5.Tentukan Target Pasar

Jika sudah memantapkan model bisnis dan jenis produk jualan, cara memulai bisnis online berikutnya adalah mengetahui dan menentukan target pasar Anda. Silahkan lakukan analisa bagaimana jenis pasar yang ideal untuk produk yang Anda jual. Anda juga bisa membuat target pembeli lebih spesifik lagi.

Pertimbangkan beberapa hal dalam cara memulai bisnis online ini, mulai dari usia, gender, kemampuan finansial atau ekonomi, dan lainnya. Jika Anda mampu mengerucutkan target konsumen, tentu untuk menyasar konsumen yang dituju akan lebih mudah.

6. Membuat Brand Bisnis Online

Jika Anda sudah mencoba cara memulai bisnis online dari nol di atas, kemudian Anda sudah melihat antusiasme masyarakat atau konsumen terhadap produk tersebut, maka selanjutnya Anda bisa membuat brand bisnis. Kenapa sih harus buat brand bisnis? Alasannya adalah untuk membuat konsumen lebih percaya bahwa Anda serius dengan bisnis yang dijalankan. 

Namun tentu saja, buat brand yang benar-benar terkonsep. Seperti pemberian nama merek dan logonya. Untuk memperkuat pentingnya branding ini, Anda bisa melihat contoh brand-brand populer sebelumnya, sebut saja nama Adidas atau Nike yang sudah melekat sebagai brand produk sepatu. Cara memulai bisnis online yang satu ini penting sekali demi meningkatkan kredibilitas sekaligus menumbuhkan rasa loyal kepada konsumen akan produk Anda.

7. Membuat Sosial Media dan Website

Mengingat disini kita membahas cara memulai bisnis online, maka dari itu metode penjualan bisnis ini harus dilakukan lewat platform atau media online. Ada beberapa pilihan platform yang dapat membantu Anda memasarkan produk lebih efektif, yakni sosial media dan website. 

Untuk memulainya, bolehlah Anda menjajakan produk jualan Anda lewat sosial media. Mengingat membuat website akan cukup rumit dilakukan, bagi orang yang masih awam. Selain itu, bagi pengusaha online pemula rasanya cukup wajar jika menjual barangnya lewat media sosial yang lebih praktis. 

Tak hanya itu, dalam cara memulai bisnis Anda juga bisa memasarkan produk lewat marketplace-marketplace, seperti Shopee, Tokopedia atau Blibli.

8. Melakukan Evaluasi Rutin

Cara memulai bisnis online terakhir yaitu evaluasi rutin. Dengan mengevaluasi bisnis Anda secara rutin, tentu saja bisa membantu Anda untuk menembangkan usaha. Ingat, jangan terlena saat bisnis yang Anda jalankan berkembang atau mendapatkan untung banyak. Karena Anda harus tetap melakukan beberapa perbaikan demi meningkatkan kualitas bisnis supaya semakin berkembang.

Dengan belajar cara memulai bisnis online dari nol secara kontinu juga bisa membuat pemilik usaha dapat mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut pun memungkinkan pemilik usaha selalu mengetahui perkembangan tren.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Dengan Upskill Cakap

Apakah Anda pemain  baru dalam bisnis online? Jika ya, rasanya penting sekali untuk meningkatkan skill marketing Anda dengan bantuan Upskill Cakap. Upskill cakap adalah platform yang menyediakan kursus serta bimbingan untuk tingkatkan skill marketing Anda dengan baik.

Tak hanya mengetahui trik cara memulai bisnis, Anda juga akan mendapatkan wawasan dan rahasia untuk meningkatkan penjualan. Jika tertarik, kunjungi Upskill Cakap dan temukan informasi selengkapnya di sini!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.