Intip Peluang dan Persiapan Bekerja di Korea Selatan

kerja di korea

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan hingga meniti karier di Negeri Gingseng, Korea Selatan. Terlebih lagi reputasi Korea Selatan sebagai salah satu negara maju yang juga terdepan dalam banyak industri, terutama industri manufaktur. 

Nah, bagi kamu yang sempat berpikir untuk bekerja dan meniti karier di Korea Selatan, ada hal-hal yang sebaiknya perlu kamu ketahui, lho. Mulai dari peluang kerja, tips bekerja, hingga biaya hidup di Korea Selatan. Yuk, bahasa satu per satu! 

Peluang Kerja di Korea Selatan

peluang kerja di korea
Photo by Kindel Media from Pexel

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa peluang kerja di Korea Selatan cukup besar, salah satunya melalui program Government to Government (G to G). Program kerjasama antar-pemerintah ini dikelola secara langsung oleh BPN2TKI yang informasinya dapat diakses melalui website g2g.bpn2tki.go.id.

Pendaftaran program G to G tersedia setiap tahunnya untuk Warga Negara Indonesia yang ingin bekerja di Korea Selatan. Pelamar akan diseleksi melalui serangkaian ujian kemampuan dan juga tes bahasa Korea khusus yang dikenal dengan EPS TOPIK. Beberapa sektor industri yang biasanya dibutuhkan adalah: 

  • Manufaktur (Pabrik suku cadang, elektronik, alat transportasi, produksi produk makanan dan minuman)
  • Perikanan (Tambak perikanan, penangkapan ikan laut, budidaya dan pengolahan hasil laut)
  • Konstruksi (Pembuatan jalan dan jembatan, pembangunan fasilitas listrik, dan pembangunan fasilitas umum)
  • Pertanian (Pemanenan buah dan sayur, penanaman dan perawatan hasil tani, dan pengolahan hasil tani)
  • Jasa (Pelayanan perhotelan dan pariwisata).

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Persiapan Bekerja di Korea

persiapan kerja di korea
Photo by ANTONI SHKRABA production from Pexel

Nah, bagi kamu yang ingin bekerja di Korea, ada beberapa hal yang harus telah kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Persiapan ini akan membantu kamu baik dalam proses seleksi maupun ketika hidup di Korea nantinya. Check it out!

1. Kursus Bahasa Korea

Syarat utama bekerja di Korea adalah menguasai bahasa Korea dan dapat berkomunikasi dengan baik. Salah satu persiapan yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi syarat ini adalah dengan mengikuti kursus bahasa Korea. 

2. Kenali Budaya dan Masyarakat Korea Selatan

Selain bisa berbahasa Korea, kamu juga harus mengetahui budaya Korea Selatan agar mengalami culture shock dan dapat beradaptasi dengan baik. Pemahaman budaya bisa kamu dapatkan salah satunya adalah dengan menonton K-Drama.

3. Rajin Mencari Peluang dan Lowongan Kerja

Kesempatan bekerja di Korea Selatan merupakan kesempatan yang dinantikan banyak orang. Oleh karena itu, selain menunggu informasinya sampai kepadamu, kamu sebaiknya juga aktif mencari informasi peluang dan lowongan kerja di Korea.

4. Persiapkan Syarat dan Berkas Pendaftaran

Setiap sektor industri dan posisi pekerja seringkali memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang tentunya harus kamu sesuaikan dan persiapkan. Selain berkas, pengalaman dalam sektor yang sama juga salah satu pertimbangan untuk diterima, lho. 

5. Lakukan Persiapan Fisik dan Mental

Perekrut atau pemberi kerja tentunya tidak ingin menerima pelamar dengan kondisi tubuh dan mental yang kurang baik. Jika kamu sudah yakin akan bekerja di Korea, maka mulailah untuk olahraga setiap hari dan jaga pola makan dengan baik. 

Raih Mimpi Kerja di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Biaya Hidup untuk Bekerja di Korea

biaya hidup di korea
Photo by okaybuild from Pixabay

Korea terkenal dengan gaji atau pendapatan yang tinggi, tetapi biaya hidupnya pun terbilang mahal. Perhitungannya terdiri dari beberapa bagian yaitu biaya tempat tinggal, utilitas, transportasi, komunikasi, belanja bulanan, dan biaya hiburan.

1. Tempat Tinggal

Bagi kamu yang ingin hunian yang nyaman, kamu bisa sewa apartemen tipe studio dengan harga deposit ₩1,000,000–5,000,000 di mana uang ini nanti akan dikembalikan jika masa sewa sudah berakhir. Harga sewa per bulannya sekitar ₩250,000–1,000,000. 

2. Biaya Utilitas

Selain biaya tempat tinggal ada yang namanya biaya utilitas, yang terdiri atas biaya gas dan listrik. Biaya listrik per bulan berkisar antara ₩8,000–20,000 dan biaya gas sekitar ₩10,000–20,000. 

3. Makan

Jika ingin berhemat, kamu bisa berbelanja makanan di convenience store dengan harga sekitar ₩5,000 atau street food dengan harga sekitar ₩3,500. Dengan demikian, pengeluaran untuk makan adalah sekitar ₩10,000–15,000 per hari atau sekitar ₩300,000 per bulan.

4. Transportasi

Transportasi umum di Korea terbilang nyaman digunakan untuk berpergian. Ada bus dan kereta yang tarif satu kali jalannya bisa sekitar ₩1,200–1,500. Jadi untuk satu bulan kamu mengeluarkan ₩90,000 untuk biaya transportasi.

5. Komunikasi

Biaya paket komunikasi di Korea adalah sekitar ₩36,000–69,000 per bulan. Meski demikian, kamu juga bisa menggunakan fasilitas wifi di tempat-tempat umum termasuk transportasi untuk meminimalisasi pengeluaran. 

6. Belanja Bulanan

Selanjutnya untuk cemilan, odol, peralatan mandi yang termasuk dalam pengeluaran belanja bulanan bisa berbeda bagi tiap-tiap orang. Rata-rata kamu bisa mengeluarkan ₩100,000 per bulannya untuk biaya ini.

7. Hiburan

Terakhir adalah biaya hiburan. Memang cara orang menghibur dirinya berbeda-beda, ada yang traveling, ada yang shopping atau lainnya. Mari kita ambil saja contohnya shopping, untuk membeli satu potong baju saja kamu membutuhkan ₩10,000–25,000.

Nah, ini lah sebagian gambaran buat kamu yang ingin bekerja di Korea. Disamping harus sering mencari info lowongan terpercaya, hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah tabungan. Jangan sampai kamu tidak bisa berangkat ke Korea karena terkendala keuangan. Mulailah menabung dari sekarang karena untuk kerja dan tinggal di Korea membutuhkan biaya yang banyak. 

Demikianlah beberapa gambaran tentang kerja di Korea untuk kamu yang tertarik untuk bekerja di Negeri Gingseng tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan dari sekarang, seperti tabungan untuk pengurusan dan keberangkatan. Selain itu, kamu juga dapat mulai belajar dan mencari tahu mengenai bahasa dan budaya Korea. 

Nah, bagi yang ingin segera terampil berbahasa Korea, nggak ada salahnya kamu mencoba untuk mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap. Selain bisa bebas menentukan jadwal belajarmu, kamu bisa bisa memilih sendiri pengajar favoritmu, lho! Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat