Budaya Kerja Orang Korea Selatan yang Bisa Kamu Tiru

budaya kerja di korea

Kerja di Korea mungkin menjadi mimpi bagi kebanyakan orang, selain mendapat pengalaman kerja internasional di negara maju dengan gengsi yang tinggi, ada hal lain yang bisa jadi nilai tambah tersendiri, yaitu budaya kerja. Mengulik tentang budaya kerja ala orang Korea, banyak sisi menarik yang bisa dijadikan contoh dan panutan bagi masyarakat luas, loh. 

Negara yang menjadi salah satu negara maju di Asia ini, selalu menjunjung kegigihan dan etos kerja yang tinggi. Selain itu, ada banyak hal baik yang bisa diambil dari budaya kerja orang Korea. Apa sajakah yang bisa kamu teladani? Yuk simak penjelasannya!

On Time dan Disiplin

On time dan anti ngaret-ngaret club merupakan budaya kerja di Korea yang menjadi pondasi dasar. Orang Korea selalu menjunjung tinggi dan menghargai orang-orang yang tepat waktu. Kedisiplinan seseorang dapat dilihat dan dinilai dari ketepatan waktu, karena dengan begitu berarti mereka bertanggung jawab dan dapat menghargai waktu orang lain.

Hal ini sangat baik untuk diteladani, waktu adalah sesuatu yang tidak bisa terulang. Sehingga, dengan menepatinya, berarti kamu tidak membiarkan ia terbuang percuma.

Sistem Kerja yang Cepat

Pernahkah kamu mendengar kata “빨리빨리 (ppalli ppalli)”? Cepat! Cepat! Kata tersebut tidak lagi asing terdengar di tempat kerjaan. Korea dikenal memiliki ritme kerja yang cepat, namun tetap akurat dan maksimal hasilnya. 

Dalam waktu yang singkat, orang Korea bisa menyelesaikan pekerjaan atau target-target kerjaan mereka. Masyarakat Korea sudah terbiasa mendorong dirinya untuk melakukan pekerjaan dengan serba cepat, berbekal motivasi berupa list-list harian atau target mingguan yang harus terselesaikan. Maka tak heran ya perkembangan Negeri Gingseng yang juga terkenal dengan K-Dramanya ini sangat pesat.

Fokus saat Melakukan Pekerjaan

Budaya kerja di Korea selanjutnya adalah fokus. Saat mulai bekerja berarti titik fokus harus diberikan sepenuhnya pada pekerjaan saja. Saat di kantor, mereka akan benar-benar melakukan waktunya untuk bekerja dan mengesampingkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, seperti membuka media sosial, bermain games, atau bergosip. Jadi, fokus adalah kunci!

Anti Baper

Sedikit intro dan informasi, baper adalah singkatan gaul yang memiliki arti “bawa perasaan”. Istilah ini biasanya digunakan untuk seseorang yang mudah tersinggung. Namun, dalam budaya kerja di Korea, istilah baper tidak pernah mewarnai keseharian mereka.

Para atasan atau rekan kerja tidak segan menyampaikan pendapat atau teguran jika pekerja yang bersangkutan melakukan kesalahan. Hal tersebut sudah biasa, sehingga pekerja yang diberi teguran atau masukan tidak merasa tersinggung. Hebatnya, mereka justru menjadikan teguran tersebut sebagai pemacu semangat untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Menunda Pekerjaan? Big No!

Siapa di sini yang masih menunda pekerjaan dan sering mengatakan “besok aja deh ngerjainnya”. Sepertinya kamu harus belajar budaya kerja ala orang Korea yang satu ini! Budaya kerja di Korea sangat menjauhi yang namanya “menunda pekerjaan”, tidak ada kata “nanti dulu”, jika ada waktu mereka akan langsung melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya tepat waktu meskipun harus berbarengan dengan pekerjaan lainnya. Di sinilah nilai keproduktivitasan seseorang tidak perlu diragukan lagi.

Multitasking

Melanjutkan pada poin budaya kerja di Korea sebelumnya, multitasking merupakan skill yang harus dimiliki. Mereka mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus sehingga dalam masalah pekerjaan, tidak ada yang tertunda atau tertinggal. 

Melakukan pekerjaan sekaligus berarti juga memutar otak untuk mengatur atau manajemen waktu agar mereka dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik tanpa mengurangi kualitas kinerja mereka.

Jujur

Nah budaya kerja di Korea yang satu ini wajib banget ditiru! Kejujuran bukan lagi sekedar masalah moral dan prinsip, tapi juga harus dijadikan sebagai suatu kewajiban diri, agar kamu selalu ingat bahwa nilai-nilai dari kejujuran akan selalu dibutuhkan dan menolongmu di mana pun dan kapan pun.

Budaya kerja yang satu ini selalu diterapkan orang Korea untuk mencegah terjadinya korupsi dan pemalsuan data.

Budaya kerja di Korea sungguh menakjubkan bukan? Mereka selalu memfokuskan diri dan mengerjakan pekerjaan dengan sebaik dan secepat mungkin. Dari poin-poin di atas kamu bisa belajar bahwa budaya kerja yang baik akan memberikan hasil yang baik bagi individu dan perusahaan.

Gimana? Tertarik kerja di Korea? Sebelum mewujudkan mimpimu bekerja di Korea, kamu harus menyelesaikan satu misi terlebih dahulu, yaitu kendala berbahasa. Bagi masyarakat pendatang, bahasa Korea mungkin merupakan bahasa kedua atau bahkan bahasa ketiga mereka, sehingga harus dipelajari terlebih dahulu. Yuk mulai kursus bahasa Korea kamu sekarang di Cakap. Agar mimpimu kerja di Korea dapat terwujud secepatnya!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks