15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Semua Genre Ada

drama korea yang wajib ditonton

Salah satu cara supaya kita makin fasih ketika belajar bahasa asing adalah lewat entertainment. Kalau lagi belajar bahasa Mandarin, kita bisa nonton serial Netflix Mandarin. Nah, kalau lagi belajar bahasa Korea, bakal asyik banget belajar lewat drama Korea terbaik sepanjang masa!

Kenapa sih, kamu harus belajar bahasa Korea lewat seri dramanya? Salah satu tips belajar bahasa Korea supaya kamu makin lancar listening dan makin kaya kosakata bahasa Korea adalah dengan nonton dari drama. Ini drama Korea terbaik yang bisa kamu tonton, Check it out!

Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

1. Hospital Playlist

hospital playlist poster

Rating: 8.8/10 (IMDb) 86/100 (AsianWiki)
Pemain: Jo Jungsuk, Jung Kyungho, Jeon Mido, Yoo Yeonseok, dan Kim Daemyung 

Drama Korea biasanya identik dengan kisah-kisah romantis, tapi yang ini anti-mainstream!

Hospital Playlist menceritakan tentang kehidupan 5 sahabat yang sudah kenal sejak masih kuliah kedokteran tahun 1999 hingga sekarang. 

Lewat drama Hospital Playlist, kamu akan diajak untuk ngeliat kehidupan sehari-hari dokter di rumah sakit, mulai dari operasi mendadak, pasien yang nggak bisa diselamatkan, sampai emosionalnya keluarga pasien yang ditangani. Bisa dibilang, rasanya rollercoaster banget!

Karena jalan ceritanya yang friendly, Hospital Playlist bisa jadi ajang binge watching bareng keluarga nih.  Drama ini jadi drama Korea yang wajib ditonton dan udah bisa kamu tonton di Netflix!

2. Itaewon Class

itaewon class poster

Rating: 8.2/10 (IMDb) 85/100 (AsianWiki)
Pemain: Park Seojoon, Kim Dami, Kim Donghee, Ryoo Kyungsoo, Lee Jooyoung, dan Chris Lyon.

Mau nonton drama Korea soal susahnya hidup jadi pengusaha? Tengok cerita Park Saeroyi di Itaewon Class!

Drama Korea terbaik 2020 ini menceritakan tentang Park Saeroyi, seorang mantan napi yang masuk penjara karena memukul temannya yang menabrak ayahnya hingga meninggal. Saeroyi akhirnya merencanakan balas dendam terhadap perusahaan makanan Jangga, perusahaan milik CEO Jang Daehee yang juga merupakan ayah dari teman Saeroyi yang menabrak ayahnya.

Saeroyi balas dendam dengan membuka restoran sendiri dengan ambisi mengalahkan Jangga. Disinilah perjalanannya bermulai, dari dia ketemu dengan Jo Yi Seo si influencer, sampai dikhianati oleh teman dekatnya sendiri. Duh, challenging banget ceritanya

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

3. Crash Landing on You

crash landing on you poster

Rating: 8.7/10 (IMDb) 88/100 (AsianWiki)
Pemain: Hyun Bin, Son Yejin, Seo Jihye, dan Kim Junghyun

Cerita cinta beda agama sudah sering, kalau beda kewarganegaraan, dan kewarganegaraannya Korea Utara dengan Korea Selatan? Gimana ya jadinya?

Kamu mungkin sudah tahu bahwa Korea Utara dan Korea Selatan belum damai satu sama lain. Keadaan dua negara bisa dibilang tense. Walaupun tetanggaan, nggak gampang buat warga negaranya main ke negara satu sama lain.

Itulah yang melatarbelakangi drama Crash Landing On You. Drama ini menceritakan kisah Yoon Seri, pengusaha terkenal dari Korea Selatan, dengan Ri Jeonghyeok, tentara dari Korea Utara. Kondisi politik Korea Utara dan Selatan membuat kedatangan Seri yang tiba-tiba banget di Korea Utara harus disembunyikan dan dilindungi oleh Jeonghyeok. 

Kok Seri bisa tiba-tiba datang ke Korea Utara? Sudah, langsung aja nonton dramanya di Netflix!

4. Hi Bye Mama

hi bye mama poster

Rating: 7.9/10 (IMDb) 81/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Taehee, Lee Kyuhyung, Go Bogyol, dan Kim Junghyun

Kalau nonton drama ini, harus sedia tisu sebelum hujan, hujan air mata ya maksudnya!

“Hi Bye Mama” menceritakan soal Cha Yuri yang sudah meninggal 5 tahun lalu. Yuri meninggalkan anaknya yang masih bayi dan suaminya. Suatu hari, Yuri dapat kesempatan untuk reinkarnasi selama 49 hari. Kalau Yuri mau kembali jadi manusia, ia harus bisa mengembalikan keadaan hidup keluarganya seperti semula. Sayangnya, suami Yuri sudah menikah lagi. 

Drama yang satu ini bakal bikin kamu ngerasa nano-nano alias campur aduk. Mulai dari sedih karena Yuri sebagai ibu yang harus meninggalkan anak dan suaminya, sampai gemas sendiri melihat Seowoo, anak perempuan Yuri yang cute banget!

5. It’s Okay Not to be Okay

its okay not to be okay poster

Rating: 8.6/10 (IMDb) 90/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Soohyung, Seo Yeaji, dan Oh Jungse

Siapa yang nggak kenal sama Kim Soohyun? Setelah sukses main drama “My Love From The Star”, Soohyun is back with another hit!

Salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa ini diperankan Soohyun sebagai Moon Gangtae, laki-laki yang kerja di komunitas kesehatan di bidang psikiatrik. Ia bertemu dengan Go Moonyoung (diperankan oleh Seo Yeji), penulis buku anak-anak terkenal yang memiliki kelainan antisosial. 

Kalau biasanya Soohyun memerankan peran romantis, kali ini ia memerankan Moon Gangtae yang sibuk banget dan nggak punya waktu untuk cinta. Serunya, Moonyoung justru suka dengan karakter Gangtae ini. Kira-kira gimana ya kelanjutannya? Nggak usah kepikiran, tonton yuk di Netflix!

6. The King: Eternal Monarch

king of monarch poster

Rating: 8.1/10 (IMDb) 86/100 (AsianWiki)
Pemain: Lee Minho dan Kim Goeun

Penggemar drama Korea nggak mungkin nggak kenal aktor yang satu ini. Yup, Lee Minho kembali lagi ke layar kaca nih!

Peran Lee Minho di drama Korea memang nggak lepas dari cowok kaya atau pejabat. Hal ini terbukti dengan perannya di “The King: Eternal Monarch” sebagai Lee Gon, raja dari Kerajaan Korea, suatu kerajaan di parallel universe yang saat ini kita kenal dengan negara Korea Selatan. Ketika ia mengunjungi ke universe saat ini, ia bertemu dengan detektif Jung Taeeul.

Pertanyaannya, ada urusan apa Lee Gon sampai pindah universe? Temuin jawabannya sendiri ya di drama yang satu ini!

7. Kingdom Season 2

kingdom season 2 poster

Rating: 8.3/10 (IMDb) 86/100 (AsianWiki)
Pemain: Ju Jihoon, Bae Doona, Ryu Seungryong, Kim Hyejun, Kim Sangho, dan lain-lain.

Setelah sukses dengan season 1 di tahun 2019, “Kingdom” balik lagi!

“Kingdom” bisa dibilang beda dari drama Korea biasanya karena tema yang diangkat adalah thriller, lebih tepatnya tentang zombie. Uniknya lagi, setting drama yang satu ini bukan di era modern, tapi di era Joseon sekitar tahun 1592.

Drama Korea kerajaan ini melanjutkan cerita Lee Chang untuk menyelamatkan kerajaannya dari zombie. Jangan salah, drama ini nggak cuma soal berantem dengan zombie ya! It is also about betrayal, backstabbing, and  all of them in the middle of trying to survive from zombie apocalypse.

Kalau nonton drama ini, disarankan jangan sendirian ya. Ngeri!

Registrasi Cakap Sekarang, Bisa Belajar Bahasa Asing Gratis 14 Hari!

8. The World of the Married

the world of married poster

Rating: 8.0/10 (IMDb) 81/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Heeae, Park Haejoon, Han Sohee, dan lain-lain

Nonton drama yang satu bisa-bisa bawaannya emosi. Lho, kenapa ya?

Dari judulnya aja sudah ketahuan kan, drama korea ini tentang pernikahan. Tapi, pernikahan yang dimaksud adalah pernikahan Ji Sunwoo dengan Lee Taeoh, dan Taeoh selingkuh dengan perempuan lain dari Sunwoo. 

Cerita pernikahan mereka nggak sampai disitu. Sunwoo nggak hanya harus menghadapi suami dan perempuan selingkuhan suaminya, tapi juga pengkhianatan oleh orang-orang terdekatnya sendiri. Yes, termasuk anak remaja mereka, Lee Joonyoung.

Saking bikin greget publik Korea, drama yang satu ini berhasil menjadi drama dengan rating tertinggi di TV kabel Korea. Respon publik pun juga positif banget. Nah, dibanding sudah kesal duluan, coba dulu nih ditonton dramanya.

9. Start-Up

start-up poster

Rating: 8.0/10 (IMDb) 84/100 (AsianWiki)
Pemain: Bae Suzy, Nam Joohyuk, Kim Sonho, dan Kang Hana

Berbicara mengenai drama Korea terbaik sepanjang masa akan terasa kurang tanpa adanya drama Korea Start-Up. Drama Korea yang baru saja selesai ditayangkan pada bulan Desember 2020 ini meninggalkan kesan yang cukup berarti bagi para penontonnya. Dengan euforia yang sangat tinggi di kalangan pecinta drakor, drama ini sukses mewarnai daftar drama korea terbaik yang pernah ada.

Drama Korea Start-Up ini menceritakan mengenai perjuangan dalam membangun perusahaan start-up, dengan banyak motivasi bagi para remaja untuk senantiasa mengejar mimpi mereka hingga tercapai. Drama ini juga dibumbui oleh kisah percintaan segitiga antar pemainnya dan membuat banyak penonton menderita Second Lead Syndrome.

10. Extracurricular

extracurricuar poster

Rating: 7.6/10 (IMDb) 84/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Donghee, Park Juhyun, Jung Dabin, dan Nam Yoonsoo

Punya nilai bagus, disayang guru, dan pintar banget, kedengarannya sempurna kan?

Itu terjadi sama Oh Jisoo (diperankan oleh Kim Donghee). Tapi, di balik itu semua, ternyata Jisoo punya bisnis ilegal untuk menyokong hidupnya yang sebatang kara. Suatu hari, bisnis ilegalnya diketahui oleh Bae Gyuri (diperankan oleh Park Joohyun), teman sekelasnya. Ketahuan sudah bahwa Jisoo memiliki bisnis perlindungan prostitusi.

Plot-twist, salah satu prostitusi yang memakai jasa perlindungan Jisoo adalah Seo Minhee (diperankan oleh Jung Dabin), teman sekelas Jisoo dan Gyuri. Yang awalnya hanya keisengan belaka, ketiga remaja ini malah jadi terjebak dalam kasus kejahatan.

11. Train

train kdrama poster

Rating: 7.8/10 (IMDb) 89/100 (AsianWiki)
Pemain: Yoon Siyoon, Kyung Soojin, Shin Soyul, dan Lee Hangna

This drama is for you guys who like mystery! Drama yang dimainkan olen Yoon Shiyoon ini menceritakan tentang Seo Dowon, detektif yang terjebak kasus pembunuhan karena cewek yang dia suka menjadi korban. Nggak cuma sampai disitu, ternyata Dowon bisa traveling ke dua universe. Di universe lainnya, cewek yang ia suka ternyata masih hidup.

Buat menangkap pembunuhnya, Dowon dibantu oleh Han Seokyung (diperankan oleh Kyung Soojin), jaksa yang memiliki dua sikap berbeda di dua dunia yang berbeda pula. Sounds interesting, isn’t it?

12. Dr. Romantic 2

dr roamntic 2 poster

Rating: 8.4/10 (IMDb) 83/100 (AsianWiki)
Pemain: Han Sukkyu, Ahn Hyoseop, Lee Sungkyung, dan Kim Joohun

Dari judulnya sudah ketahuan kan, drama ini memang tentang kehidupan para dokter. Dr. Romantic 2 merupakan sekuel dari seri sebelumnya dengan judul yang sama di tahun 2017.

Sebagai seorang dokter, melakukan operasi harusnya jadi hal yang wajar. Sayang, cerita Cha Eunjae (diperankan oleh Lee Sungkyung) nggak semulus itu. Karena trauma, ia selalu muntah saat harus mengoperasi. Ia akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Doldam yang ada di pedesaan.

Beda lagi dengan Seo Woojin (diperankan oleh Ahn Hyoseop), dokter bedah umum tahun kedua yang terampil. Sayangnya, karena ada senior yang nggak suka padanya, ia dipecat dan harus pindah ke Rumah Sakit Doldam.

Dr. Romantic 2 lebih menceritakan tentang kehidupan dua dokter muda di Doldam dalam mencari jati diri karir mereka. Be prepared, karena drama Korea yang satu ini bakal bawa perasaan kamu ke cerita mereka!

Belajar Bahasa Korea di K-Club, Gratis dan Praktis!

13. Hyena

hyena poster

Rating: 7.6/10 (IMDb) 80/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Hyesoo dan Ju Jihoon

Gimana ya rasanya jadi kelas masyarakat teratas?

Mungkin bisa ditanyain ke Yoon Heejae (diperankan oleh Ju Jihoon) dan Jung Geumja (diperankan oleh Kim Hyesoo) yang bekerja sebagai pengacara untuk masyarakat elit Korea. Jung Geumja adalah pengacara yang menangani semua kasus demi uang semata. Karena latar belakangnya yang nggak berada, ia ambisius banget dengan kekuasaan.

Di sisi lain, Yoon Heejae adalah pengacara yang cerdas. Ia bisa memainkan hukum agar kliennya menang. Ia percaya pada kemampuannya untuk mendukung orang-orang penting di Korea.

Bisa bayangkan ketika orang yang ambisius dengan kekuasaan dan orang yang pintar hukum bertemu? Who is going to win?

14. Nobody Knows

nobody knows poster

Rating: 7.9/10 (IMDb) 81/100 (AsianWiki)
Pemain: Kim Seohyung, Ryu Deokhwan, Park Hoon, dan Ahn Jiho

Another mystery drama, nih! Detektif Cha Youngjin (diperankan oleh Kim Seohyung) berusaha menangkap pembunuh berantai yang membunuh temannya 19 tahun silam. 19 tahun setelah kepergian temannya, pembunuh berantai itu kembali lagi. 

Yup, bisa dibayangkan drama ini pasti penuh dengan plot twist. Akan ada karakter yang kemunculannya misterius tapi ternyata berpengaruh dengan kasus yang ditangani oleh Youngjin. Nobody knows, siapa kawan dan siapa lawan.

15. The Cursed

the cursed poster

Rating: 7.1/10 (IMDb) 79/100 (AsianWiki)
Pemain: Uhm Jiwon, Jung Jiso, Sung Dong Il, dan Jo Minsoo

Nggak ada perusahaan yang sempurna, termasuk perusahaan IT terbesar di Korea Selatan, Forest.

Itulah yang berusaha diungkap oleh reporter Im Jinhee (diperankan oleh Uhm Jiwon). Ternyata, di balik megahnya Forest, pimpinan perusahaan tersebut percaya banget dengan dukun. Setelah Jinhee selidiki, ia menemukan adanya perusahaan konsultasi finansial yang berkaitan dengan Forest.

Kalau kamu pernah nonton film terkenal “Train to Busan”, kamu nggak usah khawatir dengan jalan cerita “The Cursed” karena Yeon Sangho, sutradara “Train to Busan” menulis naska drama yang satu ini! Yes, grab your popcorn and enjoy the ride ya!

Itu dia rekomendasi drama Korea terbaik sepanjang masa dari semua genre. Sudah siap buat binge watching? Selain bisa nikmatin jalan ceritanya yang out of the box, kamu juga bisa memperkaya kosakata bahasa Korea kamu lewat drama. Dibanding, hanya ditonton, dicatat juga ya kosakata yang sekiranya bisa kamu pelajari!

Sekarang, kamu juga bisa belajar bahasa Korea di Cakap K-Club bareng teman-teman secara gratis lho. dan kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Jangan sampai ketinggalan, daftar K-Club dan download e-book sekarang! See you, yeorobun!

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat