9 Rekomendasi Kerja di Korea untuk Lulusan S1 & Gajinya

pekerjaan-di-korea

Semakin berkembangnya industri di negeri ginseng, semakin besar pula kesempatan kamu untuk kerja di Korea. Sama seperti di Indonesia, beberapa perusahaan menjadikan pendidikan sarjana menjadi syarat yang harus dipenuhi. Yuk cek dulu rekomendasi kerja di Korea untuk lulusan S1 dengan informasi gaji dan persyaratannya berikut ini!

Table of Contents

Jenis Pekerjaan di Korea Selatan untuk Lulusan S1 

Tidak semua bidang pekerjaan di Korea cocok untuk warga asing atau WNI. Nah, berikut ini beberapa pekerjaan yang cocok untuk Sobat Cakap lulusan S1!

1. Pengajar Bahasa Inggris 

Pekerjaan satu ini merupakan salah satu yang paling digandrungi warga asing di Korea, lho! Sobat Cakap bisa mengajar bahasa Inggris di sekolah umum, akademi swasta (hagwon), bahkan di lingkungan korporat atau perusahaan. 

Gaji yang bisa Sobat Cakap dapatkan per tahunnya sebagai pengajar bahasa Inggris berkisar 300 – 700 juta rupiah, angka yang fantastis bukan? Tidak heran banyak sekali lulusan S1 yang ingin bekerja menjadi pengajar di Korea Selatan. 

2. Translator/Interpreter 

Sobat Cakap yang multilingual bisa banget nih menjadi translator atau interpreter di Korea! Untuk translator biasanya bertanggung jawab untuk menerjemahkan dokumen, sedangkan interpreter adalah profesi yang memfasilitasi komunikasi secara langsung dengan memastikan penyampaian makna, nuansa budaya, dan konteks secara akurat. 

Gaji yang didapatkan translator atau interpreter biasanya berkisar 300 – 700 juta per tahunnya! 

3. Spesialis Marketing

Mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan jasa. Spesialis marketing juga bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar, mengidentifikasi audiens target, membuat campaign, serta menganalisis perilaku konsumen. 

Buat Sobat Cakap yang tertarik dengan job description seperti di atas, mungkin kamu bisa mulai mencari info lowongan kerja marketing di Korea sekarang! Gaji yang bisa Sobat Cakap dapatkan per tahunnya berkisar 400 – 900 juta rupiah, lho!

4. Akuntan 

Beralih ke bidang ekonomi, Sobat Cakap yang tertarik dalam bidang ekonomi bisa berkarier menjadi akuntan di Korea Selatan. Biasanya tanggung jawab seorang akuntan mencakup penganggaran dan audit, menganalisis data keuangan dan menyiapkan laporan, serta memberikan insights untuk perusahaan dalam mengambil keputusan.

Gaji yang didapatkan oleh seorang akuntan per tahunnya berkisar 600 juta – 1 miliar rupiah. 

5. Konsultan

Sobat Cakap ada yang bercita-cita menjadi konsultan? Seorang konsultan biasanya bertugas untuk memberi nasihat kepada bisnis tentang berbagai aspek, seperti manajemen, strategi, operations, atau tantangan industri tertentu. Konsultan juga bertanggung jawab untuk membantu menerapkan solusi dan menganalisis data. 

Gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi konsultan di Korea Selatan berkisar 600 juta – 1.5 miliar rupiah, tergantung dari perusahaan dan juga bonus dari proyek. 

6. Programmer

Korea Selatan terkenal dengan kemajuannya dalam bidang teknologi. Menjadi programmer adalah salah satu impian Sobat Cakap yang tech savvy, bukan? Apalagi bekerja di perusahaan di Korea. Merancang, coding, dan menerapkan aplikasi perangkat lunak atau sistem. Biasanya programmer juga bertanggung jawab untuk troubleshooting, debugging, dan berkolaborasi dengan tim lain. 

Gaji yang didapatkan per tahunnya sebagai seorang programmer berkisar 400 juta – 1 miliar rupiah, tergantung dari tingkat kemahiran dan juga bidang perusahaan. 

7. Graphic Designer 

Desainer grafis adalah salah satu pekerjaan yang digandrungi Gen Z dengan gaji yang lumayan menjanjikan, lho! Desainer grafis biasanya bertanggung jawab untuk membuat konsep visual menggunakan perangkat lunak untuk mengkomunikasikan ide, merancang tata letak, logo, ilustrasi, serta berkolaborasi dengan klien atau tim. 

Gaji yang biasanya didapatkan oleh seorang desainer grafis di Korea Selatan per tahunnya berkisar antara 300 – 700 juta rupiah. 

8. Bidang Teknik 

Di bidang teknik, ada beberapa peran yang tersedia bagi pemegang gelar sarjana. Ada software engineer, teknik elektro, teknik mekanik, teknik kimia, teknik lingkungan, dan teknik sipil. Gaji tahunan biasanya berkisar antara 500 juta – 1 miliar rupiah per tahun, bergantung pada spesialisasi, pengalaman, dan industri tertentu.

9. Bidang Wisata

Di bidang pariwisata di Korea, ada beberapa peran yang tersedia bagi pemegang gelar sarjana. Ada pemandu wisata, marketing wisata, koordinator acara, hospitality manager, konsultan travel, dan interpreter wisata.

Gaji tahunan dalam bidang ini biasanya berkisar antara 300 juta – 1 miliar rupiah. Bisa kerja sambil jalan-jalan nih, Sobat Cakap!

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

pekerjaan-di-korea-selatan

Tips Sebelum Bekerja di Korea

1. Persiapkan fisik dan mental 

Budaya kerja fast-paced yang ketat dan berat di Korea menuntut kamu untuk memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Pastikan kamu dalam kondisi fisik yang optimal untuk menghadapi 4 musim di Korea ya, Sobat Cakap! Jangan lupa pastikan adakah vaksinasi atau medical check tertentu yang harus dilakukan sebelum terbang ke Korea. 

Selain itu, pahami bahwa akan banyak ada rintangan dan persaingan yang ketat di dunia kerja, jadi berlatihlah untuk lebih sabar dan berpikiran terbuka demi kesehatan mental kamu ya, Sobat Cakap! 

2. Cari lowongan di situs legal dan resmi

Cari lowongan kerja di situs yang legal dan resmi ya, Sobat Cakap! Hal ini dilakukan guna menghindari penipuan dan kerugian yang tidak diinginkan. Contoh situs yang bisa kamu gunakan :

3. Cermati syarat yang dibutuhkan

Perhatikan dan cermati syarat kerja di Korea Selatan. Pastikan kamu melengkapi dokumen dengan benar dan lengkap ya, Sobat Cakap. Berikut ini syarat-syarat umum untuk bekerja di Korea Selatan: 

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun
  • Minimal pendidikan terakhir SMA Sederajat atau S1
  • Tidak berstatus dicekal untuk bepergian ke luar negeri
  • Sehat jasmani 
  • Lulus seleksi EPS-TOPIK atau tes kompetensi bahasa Korea lainnya 
  • Tidak memiliki riwayat penyakit kronis
  • Memenuhi berkas pendukung identitas, ijazah, Kartu Pencari Kerja, SKCK, dan berkas pendukung lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Paspor yang masih berlaku
  • Buku rekening tabungan pribadi
  • Visa pekerja 

4. Mengikuti program G to G 

G to G atau Government to Government adalah program inisiatif kolaboratif antara pemerintah dari berbagai negara. Program ini dirancang untuk membina kerja sama dan kemitraan antar negara di berbagai bidang. 

Kamu bisa menemukan informasi lebih lengkap tentang program penyaluran tenaga kerja ini  di Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Kamu akan menemukan panduan tahapan pendaftaran sampai proses penerbangan menuju Korea Selatan.

5. Mengikuti program Preliminary Education

Preliminary Education adalah program belajar intensif selama 1-2 minggu yang berisi latihan bahasa, kedisiplinan, dan kesehatan. Program ini dilaksanakan untuk mempersiapkan tenaga kerja sebelum berangkat ke Korea Selatan.

pekerjaan-korea-selatan
Photo from Freepik

Tips Saat Bekerja di Korea sebagai Pendatang 

1. Pahami budaya

Korea Selatan memiliki budaya yang berbeda dengan Indonesia, penting untuk memahami perbedaan tersebut. Selain menguasai bahasa Korea, kamu juga harus memahami hirarki yang ada di Korea Selatan. 

Negara ini amat menghormati sistem hirarki, untuk itu kamu harus menunjukan hormat yang lebih ke senior dan mengikuti protokol yang ada. Biasakan juga untuk selalu tepat waktu, karena ketepatan waktu adalah sesuatu yang crucial dalam etika bisnis di Korea Selatan.

2. Membangun relasi

Libatkan diri kamu dalam acara kumpul-kumpul di luar jam kerja untuk membangun relasi. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam acara yang berkaitan dengan industri, seperti seminar atau klub. Relasi adalah hal yang penting untung mengembangkan kariermu di Korea. 

3. Prioritaskan kebutuhan personal

Usahakan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Tempat kerja di Korea bisa menjadi sangat menuntut, jadi penting untuk memprioritaskan perawatan diri dan rekreasi, ya Sobat Cakap!

Kamu juga bisa mengeksplor makanan, dan tradisi lokal Korea. Jadi, kamu tetap mendapatkan pengalaman bekerja yang menyenangkan di Korea!

Nah, jadi kamu mau kerja jadi apa nih di Korea Selatan, Sobat Cakap? Setelah mengetahui jenis-jenis pekerjaan di Korea untuk lulusan S1 beserta gajinya, Sobat Cakap jadi makin semangat nih pastinya. 

Mulailah persiapkan diri kamu sedini mungkin dan mulai belajar dan mendalami bahasa Korea. Kamu bisa belajar bahasa Korea di Cakap dengan ssaem profesional di kelas yang asyik, lho! Belajar bersama Cakap dan raih impianmu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat