Rincian Biaya yang Harus Disiapkan Jika Ingin Kerja ke Korea

Biaya kerja di korea

Saat ingin bekerja ke Korea, kamu pasti tahu betul bahwa apa pun jalur kerja yang kamu pilih, baik melalui LPK maupun jalur pribadi, ada biaya yang perlu dikeluarkan. Perkiraan biaya kerja di Korea dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, salah satu yang paling mempengaruhi adalah perusahaan perekrutan yang kamu pilih.

Untuk kamu yang ingin kerja ke Korea, yuk cari tahu dulu rincian kerja di Korea untuk TKI melalui artikel berikut.

Table of Contents

Kerja di Korea

Peluang kerja di Korea Selatan cukup besar. Ada banyak program dan perusahaan perekrutan yang membuka pendaftaran calon TKI Korea setiap tahunnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak uraian-uraian seputar cara dan syarat yang wajib diketahui jika ingin kerja di Korea.

Cara Kerja di Korea

Terdapat tiga cara kerja di Korea yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Melalui program G to G: ini adalah lembaga resmi pemerintah Indonesia yang menyalurkan WNI untuk bekerja di luar negeri. Program ini memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin bekerja di 5 bidang industri, yaitu bidang manufaktur, pertanian, jasa, perikanan, dan konstruksi.
  • LPK: LPK adalah singkatan dari Lembaga Pelatihan Kerja. LPK menyelenggarakan pelatihan kerja dan menyalurkan pekerja Indonesia ke berbagai negara di luar negeri. LPK bisa berasal dari instansi pemerintah, perusahaan, atau bahkan swasta.
  • Jalur Mandiri: kamu juga bisa mencari sendiri lowongan pekerjaan di Korea secara mandiri tanpa program pemerintah atau LPK. Kamu bisa mengunjungi situs pencarian kerja yang terpercaya untuk mencari lowongan pekerjaan di Korea.


Syarat Kerja ke Korea

Jika tadi sudah membahas cara kerja di Korea, selanjutnya kita perlu membahas berkas persyaratan kerja ke Korea yang harus disiapkan. Yuk, catat list-nya!

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah di-scan
  • Pasfoto dengan ukuran yang telah ditetapkan
  • Paspor dan visa yang masih berlaku
  • Ijazah asli yang sudah di-scan
  • Scan buku tabungan atas nama yang bersangkutan
  • Sertifikat kemahiran berbahasa EPS TOPIK (jika diperlukan)

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Biaya Kerja ke Korea Melalui Program
Go to Go

Jika kamu ingin kerja ke Korea dengan biaya yang paling terjangkau di antara lembaga atau program lainnya, maka pilihan pertama jatuh pada program G to G. 

Secara garis besar, biaya kerja ke Korea melalui program G to G meliputi biaya untuk ujian EPS-TOPIK, visa, passport, perlim. Berikut perinciannya:

(1) Biaya Ujian EPS-TOPIK

Dikutip dari laman resmi bp2mi.go.id, peserta yang ingin mendaftar kerja ke Korea melalui program G to G, wajib membayar biaya ujian EPS-TOPIK sebesar 28$, yang dibulatkan dalam rupiah menjadi Rp.439.660. Pembayaran dilakukan melalui Bank BNI, baik melalui atm, mobile banking, maupun teller BNI.

(2) Biaya Pembuatan Paspor

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, biaya paspor bergantung pada jenisnya.

Paspor biasa 48 halaman dikenai tarif atau biaya pembuatan sebesar Rp.350.000/permohonan. Sedangkan paspor elektronik 48 halaman, dikenai tarif atau biaya pembuatan sebesar Rp650.000/permohonan. 

(3) Biaya Pembuatan Visa

Dilansir dari Korea Visa Application Center, daftar biaya visa bergantung pada jenis dan lamanya proses.

Jika kamu ingin membuat visa pekerja, maka kamu bisa membuat single visa pekerja yang akan dikenai biaya Rp924.000 ditambah biaya admin sejumlah Rp240.000. Visa jenis ini akan selesai dalam kurun waktu lebih dari 91 hari.

(4) Biaya Pemberangkatan

Setelah melalui proses yang panjang, sebentar lagi mimpimu untuk kerja ke Korea akan jadi kenyataan. Namun, sebelum itu, kamu perlu menyiapkan biaya pemberangkatan terlebih dahulu. Kamu perlu menyiapkan biaya untuk membeli tiket ke Korea sejumlah kurang lebih 5 juta rupiah.

(5) Biaya Lainnya

Selain biaya-biaya di atas, kamu juga perlu mempersiapkan biaya lainnya, seperti biaya pembuatan SKCK, cetak foto, fotocopy berkas, keterangan surat sehat dari rumah sakit (MCU), asuransi, hingga uang saku yang perlu disiapkan untuk berjaga-jaga selama di Korea.

Nah di luar dari biaya yang harus dikeluarkan jika ingin bekerja ke Korea lewat program G to G, ada juga biaya untuk pelatihan bahasa. Untuk kamu yang perlu mengambil les bahasa Korea, kamu juga mungkin membutuhkan biaya untuk mengikuti les bahasa Korea selama beberapa bulan dengan biaya kurang lebih 3-5 juta rupiah.

Biaya Kerja ke Korea Melalui LPK

Seperti yang sudah sedikit di-spill di atas, LPK adalah Lembaga Pelatihan Kerja yang bisa dibilang menjadi perantara dan membantumu mewujudkan mimpi kerja di Korea.

Biaya kerja ke Korea lewat LPK cenderung lebih mahal daripada lewat program G to G. Di sini kamu akan melalui beberapa tahapan yang mana setiap tahapan tersebut juga membutuhkan biaya yang harus dibayar.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jumlah LPK. Dan tentunya setiap LPK menerapkan rincian biaya yang mungkin berbeda antar satu dengan yang lainnya.

Berikut ini rincian biaya kerja ke Korea Selatan lewat LPK yang bisa diperkirakan:

  • Biaya pendaftaran: setiap LPK memasang tarif pendaftaran yang berbeda, biasanya berkisar di angka 1-2 juta.
  • Pelatihan bahasa Korea: Rp.3.000.000- Rp.5.000.000
  • Pelatihan Tryout CBT (jika dibutuhkan): Rp.1.000.000
  • Biaya ujian EPS-TOPIK: Rp.400.000 – Rp.500.000
  • Biaya paspor, medikal, dan psikolog: Rp.2.000.000

Setelah peserta dinyatakan lolos, maka akan ada biaya tambahan yang akan disetorkan ke BP2MI berupa biaya tiket pesawat, MCU, visa, asuransi, dll kurang lebih sebesar Rp.10.000.000.

Itu dia informasi selengkapnya mengenai biaya kerja ke Korea yang mungkin akan kamu keluarkan. Kerja di Korea tidak hanya perlu bekal biaya, tetapi juga perlu bekal bahasa. Buat kamu yang ingin kerja di Korea, mulai dari sekarang persiapkan bekal bahasa Korea-mu yuk dengan mengikuti kelas bahasa Korea online Cakap! Di sana kamu bisa belajar dengan para ssaem profesional dengan harga yang terjangkau. Tunggu apa lagi, booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:

  • bp2mi.go.id
  • Imigrasi.go.id
  • Visaforkorea-in.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat