Apa itu EPS TOPIK Korea? Yang Ingin Kerja di Korea Wajib Tahu!

eps topik
Ingin Kerja ke Korea? Kenalan Dulu dengan EPS-TOPIK!

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia yang terdepan dalam berbagai industri. Negara ini juga membuka kesempatan bagi warga negara asing untuk bekerja sebagai profesional di negaranya termasuk dari Indonesia. Salah satu syarat untuk dapat bekerja di Korea Selatan adalah memiliki sertifikat EPS-TOPIK.

Pemerintah Korea Selatan pun memiliki program Employment Permit System (EPS) yang bekerjasama dengan BP2MI. Salah satu syarat agar kamu bisa mengikuti program ini adalah telah lulus dari EPS-TOPIK.

Nah, lalu apa itu EPS-TOPIK dan apa bedanya dengan TOPIK biasa? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Mengenal EPS-TOPIK

EPS-TOPIK merupakan merupakan singkatan dari Employment Permit System Test of Proficiency in Korean. Ujian ini adalah tes keterampilan bahasa Korea yang secara khusus diperuntukkan bagi kamu yang ingin bekerja di Korea Selatan melalui program pemerintah. 

Tes EPS-TOPIK berbeda dengan tes TOPIK biasa yang hanya menguji bahasa Korea umum, bukan untuk kepentingan bekerja. Jadi, jika saat ini kamu sudah memiliki sertifikat lulus tes TOPIK, kamu tidak bisa menggunakannya untuk program EPS. 

Penyelenggaraan tes EPS TOPIK di Indonesia sendiri diatur oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Sebelumnya, lembaga ini bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). 

EPS TOPIK sendiri sebelumnya bernama Korean Language Test (KLT) yang juga masih di bawah sistem Employment Permit System. Jadi jika sebelumnya kamu mengenal istilah EPS KLT atau KLT saja, sekarang sudah berganti menjadi EPS-TOPIK. 

Jenis Ujian EPS-TOPIK

Sebelumnya, ada dua jenis ujian EPS-TOPIK yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Ujian ini biasanya diadakan satu kali setahun untuk jenis PBT dan empat kali setahun untuk jenis CBT. Meski demikian, sejak tahun 2016, ujian untuk PBT sudah ditiadakan sehingga peserta hanya akan mengikuti ujian CBT saja. 

EPS-TOPIK sendiri terdiri dari dua sektor yaitu Manufaktur dan Perikanan. Jika kamu ingin bekerja di dua sektor tersebut, selain mengikuti ujian EPS TOPIK kamu juga harus mengikuti ujian kompetensi keahlian sesuai bidang yang kamu ambil. 

eps topik 2022
Photo by Ketut Subiyanto

Mau Nilai TOPIK & EPS TOPIK tinggi?

Jadwal dan Pelaksanaan EPS-TOPIK 2023

Perlu diketahui bahwa ujian EPS-TOPIK diadakan beberapa kali dalam setahun. Untuk tahun 2023 ini, EPS TOPIK diadakan dalam tiga gelombang dalam periode waktu Februari-Juli 2023. Sementara untuk tanggal ujian, lokasi pendaftaran dan verifikasi berkas, serta lokasi ujian dapat berubah dan akan selalu di-update di website BP2MI

Pendaftaran EPS-TOPIK periode terakhir tahun 2023 ini, dimulai dengan pra pendaftaran online dalam periode 17 – 21 Juli 2023. Selanjutnya adalah pendaftaran dan verifikasi dokumen pendaftaran yang dalam periode 26 Juli – 2 Agustus 2023. 

Setelah rangkaian proses pendaftaran tersebut, pengumuman tanggal ujian dilakukan pada 31 Agustus 2023. Ujian EPS-TOPIK tahun 2023 ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 22 September 2023 dan hasilnya akan diumumkan pada Tanggal 13 Oktober 2023.

Pelaksanaan EPS TOPIK sendiri biasanya hanya diadakan di lokasi tertentu di kota Jakarta dan Semarang. Oleh karena itu, biasanya peserta dari kota lain akan diminta untuk lokasi sesuai yang diumumkan di website BP2MI. 

Persyaratan dan Pendaftaran

Pendaftarannya dan pelaksanaan EPS-TOPIK dikelola oleh BP2MI yang akan mengumumkan jadwal dan lokasi ujian di website bp2mi.go.id. Agar dapat mendaftar dan mengikuti ujian EPS-TOPIK, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu: 

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun (kelahiran antara 27 Juli 1983 s.d. 26 Juli 2005)
  • Tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang dikeluarkan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. 
  • Tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat perbuatan kriminal atau lainya. 
  • Tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korea oleh Pemerintah Korea.
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh Pemerintah Indonesia.
  • Tidak sedang mengidap penyakit paru-paru, TBC, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin.
  • Tidak pernah bekerja di Korea lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10. 

Tahapan awal pendaftaran adalah melakukan pra pendaftaran secara online di situs siskop2mi.bp2mi.go.id dengan menggunakan email pribadi yang aktif. Hanya peserta yang telah melakukan pra pendaftaran secara online ini yang dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran dan verifikasi dokumen pendaftaran. 

Sudah Yakin Dengan Bahasa Korea Kamu? Yuk Ikut Simulasi TES TOPIK di Cakap!

gtog korea eps topik
Photo by Liza Summer

Biaya Ujian EPS-TOPIK

Biayanya ujian EPS-TOPIK pada tahun 2023 berdasarkan update dari BP2MI adalah senilai 28 USD atau senulai Rp. 424.480 berdasarkan kurs dollar per tanggal 13 Juli 2023. Biaya ini dibayarkan melalui bank BNI setelah mencetak kode bayar setelah pra pendaftaran online. 

Batas pembayaran setelah mendapatkan kode bayar pada pra pendaftaran adalah pada hari terakhir periode pra pendaftaran. Tahun ini batas pembayaran biaya EPS-TOPIK adalah 21 Juli 2023. 

Struktur Tes EPS-TOPIK

Ujian EPS TOPIK terbilang singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Ujiannya sendiri terdiri dari dua bagian yaitu membaca dan mendengarkan yang masing-masingnya membutuhkan waktu 25 menit. 

Tata bahasa, informasi data praktikal, serta pemahaman dalam sesi membacanya. Sementara dalam sesi mendengarkan, kamu akan diuji mengenai penanda suara, data visual, dan percakapan. Kedua sesi ini berupa pilihan ganda dengan jumlah soal masing-masing 20 soal. 

Peserta EPS TOPIK sektor Manufaktur dinyatakan lulus dalam ujian ini jika mendapatkan skor 150. Sementara peserta yang mendaftar untuk untuk sektor Perikanan akan dinyatakan lulus jika mendapatkan skor minimal 60. 

Perlu diketahui bahwa lulus dalam ujian EPS-TOPIK berarti kamu baru saja memiliki salah satu syarat melamar pekerjaan di Korea. Selanjutnya kamu juga masih harus mengikuti ujian kompetensi sesuai sektor yang dipilih untuk dapat mengikuti program kerja ke Korea. 

Nah, itu lah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai EPS-TOPIK yang cukup berbeda dengan tes TOPIK biasa. Jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu sebelum mendaftar dan mengikuti ujian ini, ya! 

Merasa kesulitan belajar sendiri? Kamu bisa mengambil program persiapan yang tersedia di kelas bahasa Korea Cakap, lho! Materi akan disesuaikan dengan tingkat kemampuanmu dan kamu bisa pilih sendiri jadwal belajarnya! Yuk, daftar! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • www.bp2mi.go.id
  • koreanfirst.net

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.