Ingin Kerja ke Korea? Kenalan Dulu dengan EPS-TOPIK!

eps topik
Ingin Kerja ke Korea? Kenalan Dulu dengan EPS-TOPIK!

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia yang terdepan dalam berbagai industri. Negara ini juga membuka kesempatan bagi warga negara asing untuk bekerja sebagai profesional di negaranya termasuk dari Indonesia. Pemerintah Korea Selatan pun memiliki program Employment Permit System yang bekerjasama dengan BP2MI. 

Salah satu syarat agar kamu bisa mengikuti program ini adalah telah lulus dari EPS-TOPIK. Nah, lalu apa itu EPS-TOPIK dan apa bedanya dengan TOPIK biasa? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini! 

Mengenal EPS-TOPIK

EPS-TOPIK merupakan merupakan singkatan dari Employment Permit System Test of Proficiency in Korean. Ujian ini adalah tes keterampilan bahasa Korea yang secara khusus diperuntukkan bagi kamu yang ingin bekerja di Korea Selatan melalui program pemerintah. 

Tes EPS-TOPIK berbeda dengan tes TOPIK biasa yang hanya menguji bahasa Korea umum, bukan untuk kepentingan bekerja. Jadi, jika saat ini kamu sudah memiliki sertifikat lulus tes TOPIK, kamu tidak bisa menggunakannya untuk program EPS. 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Jenis dan Waktu Ujian

Ada dua jenis ujian EPS-TOPIK yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Ujian ini biasanya diadakan satu kali setahun untuk jenis PBT dan empat kali setahun untuk jenis CBT. Selama pandemi EPS-TOPIK dilakukan dengan jenis CBT saja, jumlah ujiannya pun dikurangi.

Pada tahun 2022 ini EPS-TOPIK yang diadakan hanya jenis CBT saja yang akan dilaksanakan pada 27 Juli hingga 26 Agustus. Periode pendaftarannya pun sudah selesai yaitu pada 8 hingga 19 April 2022 lalu. Hasil ujian ini akan diumumkan pada 23 September 2022. 

Persyaratan dan Pendaftaran

Pendaftarannya dan pelaksanaan EPS-TOPIK dikelola oleh BNP2TKI yang akan mengumumkan jadwal dan lokasi ujian di website mereka.  Agar dapat mendaftar dan mengikuti ujian EPS-TOPIK, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu: 

  • Berusia 18-39 tahun
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat
  • Tidak sedang dicekal bepergian keluar negeri
  • Tidak pernah dihukum atau dipenjara
  • Tidak pernah dideportasi dari Korea Selatan. 

Raih Mimpi Kerja di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Struktur Tes

Ujian EPS TOPIK terbilang singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Ujiannya sendiri terdiri dari dua bagian yaitu membaca dan mendengarkan yang masing-masingnya membutuhkan waktu 25 menit. 

Tata bahasa, informasi data praktikal, serta pemahaman dalam sesi membacanya. Sementara dalam sesi mendengarkan, kamu akan diuji mengenai penanda suara, data visual, dan percakapan. Kedua sesi ini berupa pilihan ganda dengan jumlah soal masing-masing 20 soal. 

Nah, itu lah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai EPS-TOPIK yang cukup berbeda dengan tes TOPIK biasa. Jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu sebelum mendaftar dan mengikuti ujian ini, ya! 

Merasa kesulitan belajar sendiri? Kamu bisa mengambil program persiapan yang tersedia di kelas bahasa Korea Cakap, lho! Materi akan disesuaikan dengan tingkat kemampuanmu dan kamu bisa pilih sendiri jadwal belajarnya! Yuk, daftar! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.