Syarat Kerja di Korea untuk Wanita dengan Contoh Pekerjaanya

syarat-kerja-di-korea-untuk-wanita

Girls, siapa nih di antara kalian yang punya keinginan besar buat kerja di Korea? Bekerja di Korea memang cukup menarik perhatian karena industrinya yang maju dan menjanjikan. Tak hanya para pria, para wanita juga tertarik untuk bisa meniti karir di negeri K-Pop ini. Untuk itu girls, kalau kamu ingin kerja di Korea Selatan, kamu perlu mencari tahu syarat kerja di Korea untuk wanita agar dapat dipersiapkan segera.

Yuk, cek apa saja persyaratan kerja di Korea Selatan untuk wanita di dalam artikel ini!

Table of Contents

Syarat Umum Kerja di Korea untuk Wanita

Syarat Kerja di Korea untuk Wanita

Kalian para wanita yang sedang membangun mimpi untuk mewujudkan kerja di Korea, pastikan syarat-syarat berikut ini terpenuhi, ya!

(1) Usia

Dari segi usia, Korea memberlakukan peraturan yang cukup berbeda dengan pemerintah Indonesia. Di Korea, kandidat pelamar wanita harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun. Peraturan usia ini tidak hanya berlaku bagi perempuan, tetapi juga untuk laki-laki.

(2) Pendidikan

Faktor pendidikan tentunya menyesuaikan bidang pekerjaan yang akan dilamar dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, sebagai persyaratan umum, bagi WNI yang ingin bekerja di Korea, mereka harus memiliki pendidikan minimal SLTP/sederajat.

(3) Kesehatan

Syarat kerja di Korea untuk wanita yang selanjutnya adalah syarat kesehatan. Persyaratan yang ditetapkan dari segi kesehatan meliputi, tidak memiliki cacat fisik, tidak buta warna, dan tidak memiliki riwayat penyakit serius, seperti TBC, Hepatitis, dan Syphilis. Semua keterangan tersebut harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

(4) Tidak Memiliki Catatan Deportasi

Kandidat yang ingin melamar kerja di Korea, tidak boleh memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari pemerintah Republik Korea. Serta tentunya tidak dicekal untuk bepergian ke luar negeri.

(5) Lulus Tes

Syarat kerja di Korea untuk wanita adalah lulus tes. Tes yang diajukan meliputi tes membaca, mendengar, kemampuan dasar, wawancara, hingga tes fisik. Masing-masing tes tersebut harus dilalui dengan baik. Jika kamu dinyatakan lulus, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan berkas-berkas persyaratan kerja yang harus dipenuhi.

Berkas Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Jika tadi telah membahas tentang kualifikasi utama bagi wanita yang ingin bekerja di Korea. Maka selanjutnya adalah berkas persyaratan yang harus disiapkan ketika akan bekerja di Korea. Berikut list-listnya!

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah di-scan
  • Pasfoto dengan ukuran yang telah ditetapkan
  • Paspor dan visa yang masih berlaku
  • Ijazah asli yang sudah di-scan
  • Scan buku tabungan atas nama yang bersangkutan
  • Sertifikat kemahiran berbahasa EPS TOPIK (jika diperlukan)

Mau Kerja di Korea? Yuk Ikut Kelas Persiapkan TOPIK di Cakap!

Pekerjaan di Korea Selatan yang Cocok untuk Wanita

pekerjaan-di-korea-selatan-untuk-wanita
Photo from Freepik

Setelah memahami syarat kerja di Korea untuk wanita, sekarang giliran mencari tahu dua jenis utama pekerjaan di Korea Selatan untuk wanita.

(1) Pekerjaan Kerah Biru

Istilah pekerjaan kerah biru ini digunakan untuk mereka yang bekerja di industri kerah biru. Apa saja sih industri kerah biru? Industri ini meliputi, industri otomotif, elektronik, kimia, dan baja. Pekerjaan kerah biru ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di Korea.

Jenis-jenis pekerjaan ini tidak terlalu mementingkan kemampuan berbahasa Korea. Hal tersebut tentu bisa menjadi keuntungan tersendiri, terlebih pekerjaan kerah biru ini juga menyediakan akomodasi bagi para pekerjanya, lho.

(2) Pekerjaan Professional

Pekerjaan di Korea Selatan untuk wanita selanjutnya adalah pekerjaan profesional. Sesuai namanya, jenis pekerjaan ini menuntut profesionalitas dalam bidang pekerjaan yang diemban. Pekerjaan-pekerjaan yang termasuk dalam ranah profesional, meliputi pekerjaan sebagai guru, akuntan, teknisi, dan bisa juga orang-orang yang bekerja di bidang pariwisata dan perhotelan.

Pekerjaan profesional ini mengharuskanmu untuk fasih berbahasa Korea. So, kalau kamu memiliki kemampuan bahasa Korea yang baik dan didukung oleh kualifikasi yang mumpuni, bisa banget nih pilih jenis pekerjaan yang satu ini.

 

Kerja di Korea Melalui Program G to G

Program GTG Korea

Kalian tahu nggak sih kalau di Indonesia sendiri ada program khusus yang bisa kamu ikuti kalau mau kerja di Korea? Program ini dibuat langsung oleh pemerintah. Nama dari program ini sendiri adalah program G to G atau G2G. 

Kamu pernah dengan program G to G sebelumnya? Program ini menyediakan pelayanan bagi calon TKI yang ingin bekerja di Korea atau Jepang dalam bidang manufaktur, pertanian, periklanan, dan bangunan. Kualifikasi umum bagi CTKI yang ingin mendaftar program G to G kurang lebih sama dengan persyaratan yang sudah dibahas di atas. 

Hanya saja ada tambahan untuk persyaratan dokumen, kalian perlu mencantumkan akta kelahiran, kartu kuning, surat izin orang tua, dan SKCK. 

Dalam program G to G ini, kamu akan dibekali dulu dengan pelatihan sebelum berangkat ke Korea Selatan. Pelatihan intensif ini biasanya dilakukan selama dua minggu. Tujuannya tentu agar kalian bisa lebih siap ketika nanti bekerja di Korea Selatan. Semoga program unggulan G to G ini bisa jadi jembatan untuk mimpimu kerja di Korea, ya!

Situs Pencarian Kerja di Korea

Buat kamu yang lebih tertarik mencari pekerjaan di Korea secara mandiri, kamu bisa menggunakan situs-situs pencarian kerja di Korea, namun tetap harus hati-hati dan melakukan riset terlebih dahulu, ya!

Berikut daftar situs pencarian kerja di Korea!

(1) PeopleNJob

Website ini adalah salah satu website terbaik dan ter-recommended buat kamu yang ingin mencari pekerjaan di Korea Selatan. Dalam website PeopleNJob, kamu bisa mencari pekerjaan dengan banyak kategori dan bidang industri. Bahkan, ada juga peluang pekerjaan di kedutaan internasional.

(2) LinkedIn

Kamu pasti sudah sedikit banyak tahu tentang situs yang satu ini. LinkedIn adalah situs pencarian kerja yang bisa dijangkau secara global. Tidak hanya Korea, kamu bahkan bisa mencari pekerjaan di luar Benua Asia. di LinkedIn ini ada banyak kategori pekerjaan yang bisa kamu cari. Kamu juga biasanya akan mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang cocok dengan skill dan resume-mu.

(3) Job Korea

Job Korea ini merupakan situs pencarian kerja terbesar dan cukup populer di berbagai kalangan. Situs ini memiliki tagline “All the things you need in one place”. Kamu bisa mencari pekerjaan di Korea dan memilih langsung kota mana yang akan menjadi tujuanmu. Job Korea termasuk dalam situs yang mudah digunakan dan sudah memiliki 100 situs komunitas yang beragam.

(4) Saramin

Ingat, Saramin ya bukan saranghaeyo! Situs ini membantumu mencari pekerjaan di wilayah tujuan berdasarkan dengan kualifikasi latar belakang pendidikan, jenis pekerjaan, dan industri perusahaan. Saramin sangat fleksibel dan direkomendasikan buat orang Indonesia yang ingin kerja di Korea, pasalnya situs ini menyediakan perekrutan dan wawancara berbasis AI berkualitas tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Korea

Setiap pekerjaan, di mana pun tempatnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini uraian tentang kelebihan dan kekurangan bekerja di Korea.

(1) Kelebihan Kerja di Korea:

  • Memiliki gaji yang tinggi. UMR di Korea berkisar antara 20 sampai 30 juta
  • Peluang kerja lebih besar
  • Mendapatkan hak tunjangan dan asuransi
  • Banyak pengalaman baru dan bermanfaat yang bisa didapat
  • Memperluas networking
  • Berkesempatan untuk hidup lebih sejahtera


(2) Kekurangan Kerja di Korea

  • Jam kerja yang cukup padat dan panjang
  • Kontrak kerja yang memungkinkanmu tidak bisa pulang selama bertahun-tahun
  • Homesick

Nah Sobat Cakap, itu dia penjelasan lengkap tentang syarat kerja di Korea untuk wanita. Dilengkapi juga dengan penjelasan mengenai pekerjaan di Korea Selatan untuk wanita dan beberapa situs pencarian kerja yang bisa kamu coba!

Biar kerja di Korea Selatan nggak cuma sekedar impian, yuk mulai belajar bahasa Korea dari sekarang! Menguasai bahasa Korea dengan fasih bisa menjadi bekal berharga buat kamu yang ingin kuliah atau kerja di Korea

Referensi:
-g2g.bnp2tki.go.id/
-koreanfirst.net
-90daykorean.com


Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat