Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea? Tidak Sulit Kok!

seseorang melakukan perkenalan diri dalam bahasa korea

Adanya fenomena K-Pop yang melanda Indonesia tentunya membuat peningkatan pada peminatan belajar bahasa Korea. Hal paling mudah yang dipelajari duluan adalah perkenalan diri dalam bahasa Korea dengan memahami kosakata bahasa Korea.

Bagi kamu yang ingin menimba ilmu di Korea atau bahkan ingin tinggal di Korea, perkenalan diri itu sangat penting. Dalam percakapan bahasa Korea pasti ada perkenalan diri . Nah, perkenalan diri dalam bahasa Korea tidak sesulit itu lho. Yuk simak di bawah ini!

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea

Pada saat bertemu, kamu akan ditanyai pertanyaan pertama, yaitu 

이름이 무엇입니까? (Ireumi mueosimnikka?) atau 이름이 뭐예요? (Ireumi mwoyeyo?) yang artinya “siapa nama kamu?” dalam Bahasa Korea

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kamu harus tahu siapa lawan bicaramu, dari situ kamu akan tahu harus menggunakan bahasa yang formal atau semi formal.

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea secara Formal

source: giphy.com

Jika lawan bicara mu adalah mereka yang berusia lebih tua, orang yang baru dikenal, orang tua, atau mereka yang kamu berpangkat lebih tinggi dari mu maka kamu harus menggunakan bahasa yang formal, seperti:

HangeulBahasa Korea

Bahasa Indonesia

제 이름은 …. 입니다Je ireumeun…imnidaNama saya adalah  _______
저는….입니다Jeoneun…imnidaSaya adalah  _______

Kalimat diatas merupakan bentuk kalimat formal, bisa dilihat dari penggunaan kata akhirannya yaitu “imnida”.

Kedua kalimat tersebut memiliki arti yang sama namun dalam penggunaannya kalimat kedua adalah bentuk formal namun memiliki kesan tidak kaku.

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea secara Semi-Formal

source: giphy.com

Jika lawan bicaramu adalah mereka yang kamu sudah kenal dan setara dengan mu, maka kamu dapat menggunakan kalimat perkenalan nama yang semi informal.

Hangeul

Bahasa Korea

Bahasa Indonesia

제 이름은 … 이에요/예요Je ireumeun ….ieyo/yeyoSaya adalah  _______
저는 …. 이에요/예요Jeoneun … ieyo/yeyoSaya adalah  _______
저는 ….(이)라고합니다/(이)라고해요Jeoneun … (i)-ragohamnida/ (i)-ragohaeyoOrang memanggil saya _______

Meskipun dikategorikan sebagai kalimat perkenalan yang semi formal, namun ini tetap masih dengan kesan yang sopan ya. Hanya saja kalimat semi formal ini tidak sekaku kalimat yang formal.

Sebagai catatan, jika namamu memiliki akhiran hruuf konsonan pada akhir suku kata, maka kamu dapat menggunakan “이에요 (ieyo)” diakhir. Namun, jika diakhiri dengan huruf vokal, maka gunakan “예요 (ye-yo)” diakhirnya

Perkenalan Tempat Tinggal dan Umur

Selain memperkenalkan nama, yang biasanya disebutkan dalam sesi ‘perkenalan diri’  adalah tempat tinggal. Namun ada juga yang menyebutkan umur didalamnya. Berikut adalah kalimat yang digunakan untuk memberitahu tempat tinggal:

Hangeul

Bahasa Korea

Bahasa Indonesia

 

저는 (nama tempat) 에 살고있습니다

Jeoneun  (nama tempat) e salgoisseumnida

Saya tinggal di __________

저는 (nama tempat) 에 살고있어요

Jeoneun (nama tempat) e salgoisseoyo

Saya tinggal di __________

Untuk menjelaskan umur, maka kamu perlu paham dulu angka dalam bahasa Korea. Baru setelah itu kamu bisa ikutin contoh di bawah ini:

Hangeul

Bahasa Korea

Bahasa Indonesia

저는 ______ 살입니다

Jeoneun ______ sarimnida

Umur saya  ______ tahun

저는______살이

Jeoneun  ______  sarieyo

Umur saya  ______ tahun

Kamu bisa memilih ingin menggunakan kalimat yang mana diantara kedua kalimat diatas untuk memberitahu tentang tempat tinggal dan umurmu karena keduanya memiliki arti yang sama.

Jika ingin memberitahukan kepada lawan bicaramu dari negara mana kamu berasal, kamu bisa menggunakan kalimat ini :

저는 인도네시아 사람입니다 (Jeoneun indonesia saramimnida) atau 저는 인도네시아 사람이에요(Jeoneun indonesia saramieyo) yang berarti “Saya Orang Indonesia”.

Dan  저는 인도네시아에서 왔습니다 (Jeoneun indonesiaeseo wasseumnida) atau 저는 인도네시아에서 왔어요 (jeoneun indonesiaeseo was seoyo) yang berarti “Saya Berasal Dari Indonesia”.

Kalimat Penting Saat Perkenalan Diri

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus kamu ingat saat memperkenalkan dirimu kepada orang yang lebih tua atau kepada orang yang baru kamu kenal:

Hangeul

Bahasa Korea

Bahasa Indonesia

안녕하세요

Annyeonghaseyo

Halo

처음 뵙겠습니다

Cheoeum boepgesseumnida

Apa kabar?

만나서 반갑습니다

Mannasobangapseumnida

Senang bertemu denganmu!

다음에 또 봬요

Daeume tto bwaeyo

Sampai bertemu lagi!

Jangan lupa ya untuk selalu membungkuk ketika sedang memperkenalkan diri ya dan juga peringatan keras bagimu untuk tidak menggunakan bahasa informal ketika bicara dengan atasan atau orang yang lebih tua karena hal itu dianggap tidak sopan.

Nah, jika kamu ingin Makin Cakap Belajar dalam bahasa Korea ataupun mengenal tentang kebudayaan negeri ginseng itu, kamu bisa bisa banget loh gabung di live class Cakap K-Club.

Di K-Club kamu akan belajar mengenai bahasa dan kebudayaan negara Korea yang di kupas melalui berbagai topik menarik di setiap sesinya. Dan menariknya, sebelum kamu bergabung di K-Club,  kamu juga bisa mendapatkan ebook bahasa Korea secara gratis! Sampai ketemu di K-Club ya, Sobat Cakap!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat