Ini Perbedaan On Time dan In Time serta Contoh Penggunannya

on time

Kata on time dan in time sering sekali digunakan saat seseorang membuat janji temu dengan rekan, teman, ataupun keluarga. Keduanya biasa digunakan sebagai pengingat dan seruan agar mereka bisa datang tepat waktu. 

Namun begitu, kedua kosakata Bahasa Inggris tersebut memiliki arti yang berbeda loh. Lalu, tahukah kalian apa perbedaan antara on time dan in time? Yuk simak jawabanya dalam penjelasan singkat berikut ini. Check this out!

On Time dan In Time

source: giphy.com

On time memiliki arti tepat waktu yang berarti benar benar tepat pada waktunya. Saat kamu bilang akan datang pukul 10.00 pagi, maka kamu benar benar datang pukul sepuluh pagi, tidak kurang apalagi lebih. 

Kata in time juga memiliki arti yang sama yaitu tepat waktu. Perbedaanya terletak pada ketepatan waktunya. Jika on time digunakan saat seseorang datang tepat pada waktu yang sudah dijanjikan, maka kata in time digunakan saat seseorang datang tepat atau bahkan sebelum waktu yang ditentukan.

Jadi, ketika kamu membuat janji temu dengan rekan atau temanmu pada pukul 09.00, lalu kamu datang pukul 08.30 (untuk menghindari kemacetan, halangan di jalan dan lain sebagainya), maka kata yang tepat digunakan ialah kata in time.

Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club dengan Buat Akun Cakap

Contoh Penggunaan On Time

Simak contoh penggunaan kata On Time berikut:

  • The cooking class will start at 17.00 PM, please be on time. (Kelas memasakan akan dimulai pukul 17.00, tolong datang tepat waktu)
  • I will come to the Ed Sheeran Concert on time. (saya akan datang ke konser Ed Sheeran tepat waktu) 

Contoh Penggunaan In Time

Simak contoh penggunaan kata In Time berikut:

  • English seminar will start at 14.00 PM, the teacher asks the students to come in time. (Seminar Bahasa Inggris akan dimulai pukul 14.00, guru meminta para murid untuk datang tepat sebelum waktunya).
  • The opening of the graduation will start at 08.00 AM, please come to the graduation venue in time (Pembukaan wisuda akan dimulai pukul 08.00 pagi, tolong datang ke tempat wisuda sebelum waktunya).

Psttt, Ini Cara Cepat Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

FYI, Selain on time dan in time, Kalian juga bisa menggunakan ekspresi lain yang biasa digunakan saat melakukan sesuatu pada detik-detik terakhir, yaitu In the Nick of Time (hampir saja terlambat)dan Just in time (tepat waktu). 

Berikut contoh penggunaan In the Nick of Time dan Just in Time:

  • My friend took a flight from Jakarta to Surabaya at 07.00 AM, she arrived at the airport at 06.57 AM, in the nick of time. (Teman saya mengambil penerbangan dari Jakarta ke Surabaya pukul 7 pagi, dia tiba di bandara pada pukul 06.57, hampir saja terlambat).
  • I have a lot of events tomorrow, if you want to meet me, please just in time. (Aku memiliki banyak acara besok, jika kamu ingin bertemu dengan saya, tolong tepat waktu).

Itu dia penjelasaan singkat mengenai perbedaan penggunaan kata on time dan in time serta frasa pengingat waktu lainnya. Nah, kalau kamu lebih ke tipe yang mana nih, on time atau in time? Budayakan kebiasaan baik ya dengan selalu datang tepat waktu.

Untuk lebih memperkaya pemahaman bahasa Inggris, kalian bisa mengikuti Kelas Bahasa Inggris di Cakap. Hanya di Cakap, belajar bahasa Inggris tanpa ribet dan bisa di mana saja. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks