Apa itu Etos Kerja? Ini Pengertian, Cara Menumbuhkan dan Manfaatnya

etos kerja adalah
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Etos kerja adalah aspek yang harus dimiliki setiap orang, baik itu bagi supervisor, staff biasa atau pun pengusaha. Dengan adanya etos kerja tinggi, kamu akan bertanggung jawab sepenuh hati terhadap pekerjaanmu.

Mencintai pekerjaan dan menghasilkan prestasi adalah salah satu karakteristik seseorang yang memiliki etos kerja tinggi. Lantas, bagaimana cara membangunnya? Yuk, simak dalam pembahasan berikut ini!

Table of Contents

Apa itu Etos Kerja

Etos kerja adalah semangat atau keyakinan yang dimiliki seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Keyakinan ini didukung dengan tekad kuat serta bekerja keras untuk memberikan hasil terbaik dan maksimal.

Dalam KBBI, arti etos kerja adalah semangat kerja seseorang yang menjadi ciri khas atau karakteristiknya dalam suatu kelompok. Dalam dunia pekerjaan, kualitas diri seseorang bisa dilihat dari seberapa tinggi etos kerja mereka.

Ketika seseorang dikenal dengan etos kerja tinggi, Ia akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Dedikasinya yang tinggi terhadap pekerjaan juga membuat orang tersebut mempunyai nilai plus di mata orang lain.

Cara Menumbuhkan Etos Kerja

Fungsi etos kerja dalam dunia pekerjaan cukup krusial, bahkan diharapkan setiap orang memilikinya. Namun, jika kamu masih kurang merasa cukup memilikinya, lantas bagaimana cara menumbuhkannya? 

Pertama-tama, kamu harus mengenali diri sendiri, seberapa tinggi atau rendahnya etos kerja yang dimiliki. Setelah itu, tetapkan target spesifik mengenai perubahan yang ingin kamu capai tersebut. 

Cara lainnya bisa dengan melihat role model dan mengikutinya. Sehingga, kita sendiri bisa mengukur sejauh mana perubahan yang diinginkan. Selain itu, pastikan kamu memiliki motivasi kerja yang tinggi. Tanpa adanya motivasi, setiap orang akan sulit untuk melangkah, bukan?

Kamu juga bisa lho membangun motivasi etos kerja dengan menyesuaikan apa cita-cita jangka panjangmu. Misalnya ingin menjadi content writer, maka kamu harus mempelajari dan memiliki etos kerja seorang penulis dari sekarang.

etos kerja
Photo by Karolina Grabowska

Ciri-ciri Seseorang Memiliki Etos Kerja

Cici-ciri etos kerja yang tinggi dari seseorang bisa dilihat melalui kebiasaannya. Bagaimana dia menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari. Tidak hanya itu, hal ini juga ditunjukkan dalam berbagai sikap, berikut penjelasannya.

1. Memiliki Tanggung Jawab

Pertama dan paling mendasar, ciri-ciri etos kerja adalah adanya tanggung jawab dalam diri seseorang. Ketika kamu memiliki tanggung jawab dalam setiap pekerjaan, dapat menyelesaikan dengan baik dan bisa dipercaya oleh orang lain maka bisa dikatakan bawah kamu telah memiliki etos kerja.

2. Inisiatif dan Disiplin

Dalam dunia kerja, inisiatif adalah poin yang cukup penting. Ketika seseorang memiliki inisiatif, maka bisa dilihat bahwa dia ingin memberikan hasil terbaik dalam pekerjaannya dengan memberikan ide terbaru.

Selain inisiatif, disiplin juga merupakan ciri utama dari orang dengan etos kerja tinggi. Tanpa adanya kedisiplinan, maka pekerjaan seseorang tidak akan berjalan dengan baik dan berantakan.

3. Pandai Bekerja Sama

Di mana pun pekerjaan kita, pasti akan dibutuhkan adanya kerja sama. Baik bersama tim atau partner. Nah, seseorang dengan etos kerja adalah dia yang mampu melakukan kerja sama dengan baik dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

4. Menghargai Waktu

Salah satu contoh etos kerja adalah dengan menghargai waktu. Misalnya, tidak datang terlambat ke kantor atau mengerjakan tugas tepat waktu tanpa molor. Setiap waktu yang berjalan cukup berharga, dan orang dengan etos kerja tinggi pasti akan memahami itu.

5. Punya Dedikasi Tinggi

Orang dengan etos kerja adalah mereka yang sanggup memberikan kemampuan mereka secara penuh terhadap pekerjaannya. Sehingga hasilnya tidak pernah mengecewakan dan selalu memuaskan.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Prinsip Etos Kerja

Seseorang dengan etos kerja tinggi adalah mereka yang mampu menerapkan beberapa prinsip di bawah ini, berikut diantaranya.

1. Kerja Merupakan Panggilan dan Ibadah

Yang pertama, prinsip etos kerja adalah menganggap bahwa kerja adalah suatu panggilan dari Tuhan. Pekerjaan merupakan ibadah di mana ketika menjalankannya dengan maksimal sama halnya berjalan di jalan Tuhan.

2. Kerja Merupakan Amanah

Amanah adalah suatu hal yang harus dipenuhi. Maka dari itu, ketika seseorang menganggap kerja adalah suatu amanah, maka dia akan berusaha maksimal untuk menjalankan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

3. Kerja Merupakan Suatu Kehormatan

Menjalankan pekerjaan dengan sungguh-sungguh akan membuat orang lain memandang segan pada kita. Etos kerja yang baik akan mendorong kamu melakukan pekerjaan dengan baik adalah suatu kehormatan.

4. Kerja Merupakan Seni

Dunia pekerjaan bisa membuka peluang kita untuk berkreasi dan berinovasi dalam hal apa pun. Seseorang yang menerapkan prinsip ini akan lebih semangat melakukan pekerjaan karena ia bisa menumpahkan segala idenya di sana.

5. Kerja Merupakan Rahmat

Pekerjaan merupakan salah satu pintu rezeki dari Tuhan. Maka dari itu, pekerjaan juga sebuah rahmat Tuhan yang perlu disyukuri dan dijalankan sebaik mungkin.

Faktor yang Mempengaruhi Etos Kerja
Photo by Kindel Media

Faktor yang Mempengaruhi Etos Kerja

Tinggi rendahnya etos kerja adalah tolak ukur yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ini juga bisa menjadi evaluasi, apakah faktor-faktor di sekitarmu sudah mendukungmu untuk menumbuhkan etos kerja dengan baik.

1. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat seseorang lebih semangat untuk melakukan pekerjaan. Sementara, buruknya lingkungan kerja sangat berpengaruh pada mental seseorang dan bisa menyebabkan rasa malas.

2. Adanya Target yang Ingin Dicapai

Ketika kamu memiliki sebuah target yang ingin dicapai, maka kamu pasti akan melakukan pekerjaan secara maksimal agar target tersebut segera terwujud secara nyata. Hal ini akan mendorong seseorang mempunyai etos kerja tinggi.

3. Pendidikan

Faktor pendidikan juga cukup berpengaruh pada etos kerja seseorang. Peran pendidikan bisa membangun karakter seseorang memiliki integritas dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya.

4. Agama dan Budaya

Ketika seseorang menganut agamanya dengan sungguh-sungguh, tentu akan berpengaruh pada bagaimana ia akan bertindak, termasuk dalam hal pekerjaan. Selain itu, jika seseorang tumbuh di tengah budaya maju, maka etos kerjanya cenderung tinggi.

5. Karakter Pribadi

Selain dari beberapa faktor eksternal di atas, yang paling penting adalah dari diri kita sendiri. Etos kerja adalah sikap atau sifat yang harus muncul dari diri kamu sendiri, bukan dibentuk oleh orang lain.

Manfaat Etos Kerja bagi Seseorang

Manfaat etos kerja adalah hal yang tidak perlu diperdebatkan lagi, jelas etos kerja tinggi mampu memberikan banyak manfaat positif bagi seseorang. Di antaranya sebagai berikut.

1. Produktivitas Semakin Meningkat

Memiliki etos kerja adalah salah satu motivasi seseorang untuk meningkatkan produktivitasnya. Semakin tinggi etos kerja, maka hasil pekerjaannya semakin maksimal.

2. Kepuasan Kerja

Ketika kamu berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, tentu saja akan muncul rasa puas terhadap diri sendiri, bukan? Nah, itulah manfaat yang akan kamu rasakan saat mampu menumbuhkan etos kerja pada diri sendiri.

3. Memiliki Citra Diri yang Baik

Seseorang yang berhasil melakukan pekerjaan dengan baik tentu akan dipandang memiliki value lebih oleh orang lain. Dengan begitu, kamu bisa memiliki citra diri positif dan mampu dipercaya menangani hal penting.

Nah, itu dia ulasan mengenai apa itu etos kerja, prinsip, manfaat, faktor yang mempengaruhi dan bagaimana cara untuk menumbuhkannya. Penting bagi kamu untuk memiliki etos kerja tinggi, dengan begitu kamu bisa maksimal dalam melakukan pekerjaanmu.

Semoga dengan menerapkan cara di atas, kamu bisa meningkatkan etos kerja, ya. Dan apabila kamu ingin menambah pengetahuan dan meningkatkan skill dalam berbagai bidang pekerjaan, yuk ikuti kursus menetapkan target kerja di Cakap Upskill, kami akan membantu kamu lebih siap memasuki dunia kerja!

Tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat. 

Referensi:

  • Glints.com
  • Skillacademy.com

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.