Kenali Etika Profesi agar Kamu Sukses di Dunia Kerja

etika profesi

Memahami etika sangat diperlukan agar mengetahui apakah tindakan yang dilakukan adalah tindakan yang sesuai atau tidak. Begitu pula ketika masuk dunia kerja, ada etika profesi yang harus dipahami.

Namun, etika profesi tidak banyak diperkenalkan sehingga banyak orang yang tidak tahu apa itu etika profesi. Padahal, memahami etika profesi dapat membawamu ke puncak kariermu. Oleh karena itu, ayo simak pengertian etika profesi!

Pengertian Etika Profesi

Dilansir dari LinovHR, etika profesi adalah suatu pedoman hidup seorang karyawan untuk memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat.

Etika profesi pun berhubungan dengan kepercayaan dari masyarakat. Seorang karyawan yang mengindahkan etika profesi pada saat memberikan pelayanan akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Selain itu, etika profesi juga diperlukan untuk menjalin relasi dengan sesama karyawan. Memahami etika profesi dapat membantumu untuk menjalin relasi yang sehat dengan seluruh bagian di organisasi.

Prinsip Etika Profesi

Tiga prinsip dalam memahami etika profesi adalah:

1. Prinsip Tanggung Jawab

Prinsip etika profesi yang pertama adalah tanggung jawab. Maksudnya adalah tangugng jawab terhadapat pelaksanaan suatu pekerjaan serta hasilnya. Selain itu, bertanggung jawab atas dampak dari profesi untuk kehidupan orang lain atau masyarakat secara umum.

2. Pirinsip Keadilan

Maksud dari prinsip keadilan adalah seseorang dalam menjalani suatu profesi dituntut untuk memberikan keadilan sesuai kepada siapa saja yang menjadi haknya. Keadilan juga jadi bentuk dari profesionalitas.

3. Prinsip Otonomi

Dalam menyelesaikan pekerjaan, pasti kamu mau dong menyelesaikan dengan caramu sendiri. Nah, prinsip otonomi memiliki maksud yang sama dengan hal itu. Prinsip ini menuntut agar setiap profesi memiliki dan diberi kebebasan dalam menjalankan profesinya.

Ayo Tambah Skill Gratis di Cakap Upskill!

Manfaat Etika Profesi

Selain menjaga profesionalitas, etika profesi memiliki beberapa manfaat lainnya, diantaranya:

1. Meningkatkan Produktivitas

Menerapkan etika profesi maka meningkatkan kepercayaan terhadap sesama dalam suatu organisasi. Kepercayaan ini menciptakan budaya kerja yang nyaman sehingga meningkatkan kerjasama antar karyawan. Hal ini menyebabkan meningkatnya produktivitas suatu perusahaan.

2. Meningkatkan Kepercayaan dari Masyarakat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa etika profesi berhubungan dengan kepercayaan dari masyarakat. Setiap karyawan yang mengindahkan etika profesi saat memberikan pelayanan akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

3. Bebas Konflik Internal

Kepentingan yang berbeda terkadang menjadi penyebab konflik dalam suatu perusahaan. Dengan menerapkan etika profesi, kepentingan yang berbeda tidak akan ada lagi karena setiap karyawan menghargai satu sama lain. Hal ini menyebabkan suatu perusahaan bebas dari konflik internal.

Etika profesi dapat terwujud jika kamu memiliki keterampilan yang maksimal. Maka dari itu, asah keterampilanmu di Cakap Upskill. Dari marketing sampai parenting, asah keterampilanmu setiap hari secara gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks