Supervisor: Memahami Arti, Tugas yang Diemban, & Jenisnya

supervisor-adalah

Tentu, sebelumnya kamu pernah mendengar kata supervisor, bukan? Supervisor adalah salah satu jabatan yang eksistensinya cukup kuat dalam lingkungan tim sebuah perusahaan.

Kehadiran seoran supervisor dalam sebuah team sangatlah penting guna menjembatani komunikasi antara bawahan dan manajer. Bagi kamu yang akan atau sudah memasuki dunia pekerjaan, yuk lebih mengenal apa itu supervisor, tugas, dan jenis-jenisnya!

Table of Contents

Pengertian Supervisor

pengertian-supervisor

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, supervisor adalah pengawas utama, pengontrol utama, atau penyelia. Atau secara gamblang dapat diartikan bahwa supervisor adalah seseorang yang diberi tugas dan wewenang untuk mengeluarkan perintah terhadap bawahannya dalam suatu perusahaan.

Tentunya, tidak hanya memerintah, seorang supervisor juga bertanggung jawab atas kebijakan, terobosan, dan mencetuskan ide-ide atau rencana kerja pada bawahannya. Meskipun bukan pemimpin tertinggi dalam lingkup perusahaan, namun peranan supervisor dan perintah yang dikeluarkan merupakan suara penting bagi rekan kerja bawahannya.

Apa perbedaan PIC dan Supervisor?

PIC atau Person in Charge seringkali dianggap sama dengan posisi supervisor. Tetapi, jika dilihat dari pengertian di atas, seorang supervisor dapat mengeluarkan perintah dan memberi arahan kepada timnya. Selain itu, seorang supervisor juga merupakan orang yang ditunjuk atasan secara langsung. 

Sedangkan seorang PIC, ia juga memilki tanggung jawab untuk menyelesaikan sebuah project dengan baik. PIC perlu membuat rencana dan tidak jarang mendapat peran dan tugas dalam kegiatan project tersebut. 

Sehingga jika dilansir dari penjelasan di atas, perbedaan PIC dan supervisor adalah pada tugas, peran dan lingkup tanggung jawab yang diemban. Namun, hal ini juga bisa berubah sesuai dengan keadaan atau job description di sebuah perusahaan, ya. 

Apa Perbedaan Supervisor dan Manajer?

Manager vs supervisor, what’s the difference? Perlu digaris bawahi, selain berbeda dengan PIC, jabatan supervisor juga berbeda dengan manajer.

Meskipun sama-sama mengawasi atau mengontrol, namun manajer merupakan pemimpin dengan tingkatan yang lebih tinggi daripada supervisor. Manajer bertanggung jawab atas perencanaan strategis, penetapan tujuan, dan manajemen tim. Sedangkan supervisor biasanya lebih pada mengawasi tugas sehari-hari tim atau staf dan memastikan mereka mencapai tujuannya.

Lebih jelasnya, perhatikan poin perbedaan supervisor dan manajer berikut:

  • Tingkat otoritas → manajer memiliki pangkat yang lebih tinggi di perusahaan. Seorang supervisor melapor pada manajer, sedangkan manajer melapor pada direktur departemen.
  • Tanggung jawab → supervisor mengerjakan daily task dan mengatur kegiatan karyawan sedangkan manajer menginstruksikan supervisor untuk memberikan tinjauan kinerja pada karyawan atas kinerja mereka.
  • Objectives → manajer dan supervisor memiliki perbedaan dalam tujuan yang harus dicapai. Sasaran supervisor internal (berkoordinasi dengan karyawan dalam timnya), sedangkan sasaran manajer adalah eksternal (berkoordinasi dengan tim-tim dari departemen lain).
  • Gaji → karena memiliki tingkat yang lebih tinggi, maka dari segi gaji, manajer memiliki gaji yang lebih tinggi daripada supervisor.


Tanggung Jawab Umum yang Diemban Supervisor

Secara umum atau general, seorang supervisor bertanggung jawab dalam hal planning, staffing, organizing, directing, dan controlling. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, cek ulasan berikut:

1. Planning 

Planning berarti merencanakan. Supervisor memiliki tanggung jawab untuk membuat rencana bagi karyawan atau bawahannya. Baik rencana mengenai kegiatan maupun tugas-tugas yang harus dikerjakan karyawannya.

2. Staffing 

Staffing berarti menempatkan. Ketika kamu menjadi supervisor artinya kamu harus mampu menempatkan setiap orang dalam pekerjaan dan deskripsi pekerjaan yang tepat dan sesuai.

3. Organizing

Agar setiap tugas berjalan dengan lancar, supervisor bertanggung jawab untuk mengatur ruang lingkupnya dengan cara melakukan koordinasi dalam kegiatan dan tugas-tugas mereka.

4. Directing

Sebagai supervisor, kamu juga bertanggung jawab untuk mengarahkan seluruh karyawan yang berada dalam naunganmu tentang bagaimana agar pekerjaan mereka berjalan dengan lancar.

5. Controlling

Controlling berarti melakukan pengawasan. Secara konsisten, supervisor bertanggung jawab untuk mengontrol atau mengawasi kinerja staf atau karyawannya.

Tugas Utama Supervisor

tugas-supervisor

Berikut ini beberapa tugas utama bagi supervisor dalam sebuah perusahaan.

1. Membuat dan Mengatur Schedule Karyawan

Tugas supervisor yang pertama adalah membuat dan mengatur jadwal kerja bagi karyawannya. Tugas tersebut biasanya berupa sistem giliran kerja atau shifting. Biasanya, sistem shifting ini berlaku pada perusahaan atau divisi tertentu yang mengharuskan karyawan standby 24 jam, sehingga perlu adanya pembagian jadwal kerja agar para pekerja dapat bekerja secara bergantian.

2. Membuat Workflow yang Jelas

Dalam sebuah perusahaan, workflow sangatlah penting. Supervisor bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi workflow atau alur kerja sebuah tim atau individu secara konsisten. Hal tersebut bertujuan agar pekerjaan yang dikerjakan berjalan secara efektif.

3. Menerapkan Aturan bagi Karyawan

Aturan diberlakukan untuk menjadi sebuah pembatas apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh karyawan. Seorang supervisor harus tegas menerapkan aturan dan memberlakukannya dengan sebijak-bijaknya.

4. Mengevaluasi Kinerja Karyawan Sekaligus Memberi Solusi

Adanya evaluasi akan membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas kinerja karyawan. Dengan begitu, supervisor juga akan menemukan mana karyawan yang sudah kerja dengan baik dan mana yang kinerjanya kurang optimal.

Selanjutnya, apabila setelah melakukan evaluasi kerja, lalu ditemukan sebuah masalah, maka supervisor juga bertanggung jawab dalam memberikan solusi terbaik bagi tim atau karyawan yang bersangkutan.

5. Membuat Laporan ke Manajemen

Sebagai atasan dari sebuah tim atau individu, supervisor berkewajiban untuk melaporkan kinerja timnya dan setiap individu yang ada di dalamnya kepada manajemen. Laporan tersebut dapat berupa hasil pekerjaan, kinerja, profesionalitas, disiplin, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Supervisor

jenis-supervisor

Di dalam sebuah perusahaan tentu tidak hanya memiliki satu supervisor. Ada beberapa supervisor yang ditempatkan sesuai keahliannya. Berikut beberapa jenis supervisor dalam sebuah perusahaan:

Store Supervisor

Tugas utama store supervisor adalah memberikan arahan bagaimana melakukan pekerjaan dan apa saja yang harus dilakukan.

Store supervisor akan memastikan bahwa karyawannya telah melayani konsumen dengan baik. Selain itu, store supervisor juga bertanggung jawab untuk mengatur sales dan mengatur sistem toko.

Sales Supervisor

Selanjutnya ada sales supervisor. Sales supervisor sendiri adalah orang yang bertanggung jawab terhadap para sales dalam sebuah perusahaan.

Beberapa tugas penting sales supervisor adalah mengatur strategi penjualan, mengkoordinir sales, memberikan pelatihan, melakukan monitoring, dan lain-lain.

Supervisor Trainee

Sesuai dengan namanya, supervisor trainee adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap karyawan baru. Tanggung jawab tersebut dapat meliputi, pembekalan, perkenalan, dan penempatan kerja untuk masing-masing bidang keahlian. 

Supervisor trainee juga bertugas untuk memastikan karyawan dapat mengemban tugas dengan baik serta melakukan kegiatan pengontrolan terhadap karyawan.

Gaji Supervisor

Jika ditanya soal penghasilan atau gaji supervisor, hal tersebut tentu bergantung pada jabatan dan perusahaan tempat mereka bernaung. Mengutip dari laman indeed.com, rata-rata gaji supervisor berada pada kisaran angka Rp5,7 juta per bulan.

Itu dia penjelasan lengkap seputar profesi supervisor. Buat kamu yang ingin menjadi supervisor di usia muda, yuk secara konsisten tunjukan bakat dan keterampilan kerjamu yang terbaik! Semoga selalu sukses dalam menapaki jalan kariermu!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.