Customer Service: Pengertian, Job Desc, Skill Wajib, Prospek Kerja

apa-itu-customer-service

Ada begitu banyak job-job atau pekerjaan-pekerjaan baru yang bermunculan di tengah kemajuan industri, dan customer service adalah salah satunya. Perannya sangatlah penting sebagai narahubung antara perusahaan dengan customer. Buat kamu yang belum banyak tahu tentang profesi satu ini, yuk kenali lebih jauh dalam artikel berikut

Table of Contents

Apa Itu Customer Service

CS adalah singkatan dari customer service yang merupakan suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada para customer, baik sebelum maupun sesudah membeli produk/jasa.

Secara garis besar, customer service memerankan dua fungsi dalam perusahaan, yaitu sebagai humas terdepan dan sebagai pencipta kultur perusahaan yang positif. Istilah kerennya adalah “membawa positive vibes bagi perusahaan dan customer”.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, bentuk dari pelayanan CS semakin beragam. Baik melalui, telepon, chat, SMS, email, media sosial, atau bahkan melalui website.

Job Desc Customer Service

Setelah memahami apa itu customer service officer, kamu juga perlu mengetahui apa saja job desc atau tugas customer service online. Berikut rangkumannya!

Memberikan Pelayanan

Tugas utama seorang customer service adalah memberikan pelayanan kepada para customer. Kamu tentu harus selalu siap melayani dan menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para pelanggan. Menjelaskan bagaimana sistem atau ketentuan yang berjalan dan diberlakukan oleh perusahaan.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tim CS bisa membawa brand perusahaan semakin dikenal. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menghasilkan customer yang bahagia dan loyal.

Public Relations

Sejatinya divisi ini adalah garda terdepan dalam membangun dan memperkuat hubungan perusahaan dengan pihak eksternal. Para CS menjadi wakil perusahaan sebagai jalur kontak utama dengan pihak luar.

Sebagai Salah Satu Media Penjualan

Tidak jarang seorang customer service di perusahaan tertentu diberikan tugas untuk melakukan penjualan kepada pelanggan. Seorang CS harus pandai membaca momen. Seperti halnya jika ada pelanggan yang bertanya mengenai produk, maka di situlah CS bisa mempromosikan dan menjelaskan detail produk atau jasa pada pelanggan. 

Data Entry

Selain memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para konsumen, CS juga memiliki job desc lain, lho. Customer service juga bertugas memasukkan data ke dalam komputer. Hal tersebut mutlak diperlukan karena jika ada pelanggan yang membuat pesanan, para CS diharuskan mencatat informasi pesanan ke dalam sistem komputer.

Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

apa-itu-customer-service-office
Photo by Yan from Pexels

Untuk memulai karier sebagai seorang CS, kamu perlu bekal skill apa saja ya kira-kira? Yuk, catat skill-skill yang harus dimiliki customer service.

Komunikasi

Seperti penjelasan tugas customer service di atas, bahwa salah satu peran CS adalah sebagai public relations. Maka sudah tentu, kemampuan komunikasi merupakan hal basic yang harus dimiliki.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, tentu akan terhindar dari miskomunikasi yang dapat membuat pelanggan kecewa.  

Empati

Kemampuan yang satu ini harus dimiliki oleh semua orang sebagai makhluk sosial. Kemampuan empati dibutuhkan agar kalian dapat memahami dan mengerti kebutuhan serta perasaan seseorang atau pelanggan dengan tepat.  

Product Knowledge

Sebagai pemegang peran terdepan dalam menyampaikan informasi kepada customer atau pelanggan, CS harus benar-benar tahu tentang product-product yang akan ditawarkan. Jika customer service tidak memahami produk, maka mereka tidak dapat menjelaskannya dengan baik. Mereka juga akan kesulitan dalam membantu pelanggan yang memiliki masalah.

Time Management yang Baik

Time management atau kemampuan mengelola waktu merupakan skill penting yang harus dimiliki. Para CS harus bisa membantu memecahkan masalah pelanggan dengan cara dan waktu yang efisien.

Kemampuan yang satu ini juga termasuk mengenali kapasitas waktu yang dimiliki, di mana CS memahami saat mereka mampu atau tidak mampu membantu pelanggan. Jika para CS sedang tidak mampu meng-handle pelanggan, maka bisa langsung mengarahkan kepada pihak lain yang dapat membantu. 

Respect

Respect atau rasa hormat harus menjadi bagian dari skill yang harus dimiliki. Mungkin dalam bekerja, seringkali menemukan customer-customer yang membuat mood swing. Jika hal tersebut terjadi pada customer service, maka mereka harus dapat menanganinya dengan profesional.

Secara sederhana, pengertian dari respect sendiri juga berkaitan dengan penggunaan tiga kata ajaib, yaitu maaf, tolong, dan terima kasih.

Dari skill-skill di atas, sudah berapa skill yang kamu kuasai? Yuk, gali lagi potensi dan skill-mu melalui Cakap Upskill.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Prospek Kerja Customer Service

Kira-kira apa saja ya prospek kerja yang bisa diraih? Yuk, jelajahi prospek kerja customer service dari entry level hingga executive level! Check it out!

Entry – Mid Level

Pada prospek kerja yang pertama, kamu bisa memulai karier di entry level sebagai seorang customer service representative. Pada bagian ini, biasanya para CS memiliki tugas sebagai garda terdepan yang berkomunikasi dan merespons konsumen melalui, chat, telepon, dsb.

Di level menengah atau mid level, ada beberapa pilihan karier yang bisa jadi pertimbangan, yaitu sebagai customer service specialist, product expert, atau implementation specialist. 

Level Managerial

Managerial adalah level karier di mana mereka berperan sebagai pembuat trainning dan goals yang dapat meningkatkan efisiensi operasional.

Profesi-profesi yang termasuk dalam tingkatan managerial ini adalah sebagai customer success manager, customer service manager, dan customer service operations manager. Wah, semakin menarik dan menggiurkan bukan prospek karier satu ini?

Executive Level

Executive level atau bisa dibilang level paling atas dari pencapaian karier sebagai seorang customer service. Semakin tinggi level dari profesi yang digeluti, maka akan semakin banyak pula tanggung jawab yang diemban. Tingkatan executive biasanya bertugas untuk menjalankan visi, misi, dan memiliki tanggung jawab untuk membuat strategi, mengerti hal penting dalam berkomunikasi, dan experience-nya.

Di level executive ini, profesi yang bisa diraih adalah chief customer officer (CCO) dan director of customer experience.

Setelah mengetahui apa itu customer service, tugas, skill yang harus dimiliki, dan prospek kerjanya, pasti kamu makin tertarik dengan profesi satu ini bukan? Jika kamu merasa tertarik dan memiliki kemampuan untuk profesi CS, kamu bisa mengikuti kelas bahasa Inggris untuk customer service bersama profesional agar memiliki bekal yang bagus untukmu. Yuk, mulai belajar karena #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • indeed.com
  • glints.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.