Customer Service: Memahami Pengertian, Tugas, Skill, & Prospek Kerjanya

apa-itu-customer-service

Ada begitu banyak job-job atau pekerjaan-pekerjaan baru yang bermunculan di tengah kemajuan industri. Salah satu profesi yang sudah tidak asing lagi adalah customer service. Setiap perusahaan pasti membutuhkan dan mempunyai customer service. Perannya sangatlah penting sebagai narahubung antara perusahaan dengan customer. Buat kamu yang belum banyak tahu tentang customer service, yuk, mengenal lebih dalam apa itu customer service!

Apa Itu Customer Service

 

apa-customer-service
Photo by Andrea from Pexels

Customer service atau sering juga disingkat menjadi CS, merupakan suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada para customer, baik sebelum maupun sesudah membeli produk/jasa.

Tahukah kamu bahwa dengan menawarkan customer service yang baik dapat menjadi kunci utama kemajuan bisnis, lho. Para customer service memerankan peran penting dalam proses pertahanan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Secara garis besar, customer service memerankan dua fungsi dalam perusahaan, yaitu sebagai humas terdepan dan sebagai pencipta kultur perusahaan yang positif. Istilah kerennya adalah “membawa positive vibes bagi perusahaan dan customer”.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, bentuk dari pelayanan CS semakin beragam. Baik melalui, telepon, chat, SMS, email, media sosial, atau bahkan melalui website.

Job Desc Customer Service

 

tugas-customer-service
Photo by Antoni from Pexels

Setelah memahami apa itu customer service officer, kamu juga perlu mengetahui apa saja job desc atau tugas customer service online. Berikut rangkumannya!

Memberikan Pelayanan


Tugas utama seorang customer service adalah memberikan pelayanan kepada para customer. Sebagai seorang customer service, tentu mereka harus selalu siap melayani dan menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para pelanggan. Menjelaskan bagaimana sistem atau ketentuan yang berjalan dan diberlakukan oleh perusahaan.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tim CS bisa membawa brand perusahaan semakin dikenal. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menghasilkan customer yang bahagia dan loyal.

Berperan sebagai Public Relations


Jika ditanya apa itu customer service? Sejatinya divisi ini adalah garda terdepan dalam membangun dan memperkuat hubungan perusahaan dengan pihak eksternal. Para CS menjadi wakil perusahaan sebagai jalur kontak utama dengan pihak luar.

Sebagai Salah Satu Media Penjualan


Tidak jarang seorang customer service di perusahaan tertentu diberikan tugas untuk melakukan penjualan kepada pelanggan. Seorang CS harus pandai membaca momen. Seperti halnya jika ada pelanggan yang bertanya mengenai produk, maka di situlah CS bisa mempromosikan dan menjelaskan detail produk atau jasa pada pelanggan. 

Data Entry


Selain memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para konsumen, CS juga memiliki job desc lain, lho. Customer service juga bertugas memasukkan data ke dalam komputer. Hal tersebut mutlak diperlukan karena jika ada pelanggan yang membuat pesanan, para CS diharuskan mencatat informasi pesanan ke dalam sistem komputer.

Siapkan Dirimu Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Skill yang Harus Dimiliki CS

 

apa-itu-customer-service-office
Photo by Yan from Pexels

Untuk memulai karier sebagai seorang customer service, kamu perlu bekal skill apa saja ya kira-kira? Yuk, catat skill-skill yang harus dimiliki seorang customer service.

Komunikasi


Ini adalah skill paling penting yang harus dimiliki seorang customer service. Seperti penjelasan tugas customer service di atas, bahwa salah satu peran CS adalah sebagai public relations. Maka sudah tentu, kemampuan komunikasi merupakan hal basic yang harus dimiliki.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, tentu akan terhindar dari miskomunikasi yang dapat membuat pelanggan kecewa.  

Empati

Sebenarnya, kemampuan empati ini tidak hanya harus dimiliki oleh customer service. Kemampuan yang satu ini harus dimiliki oleh semua orang sebagai makhluk sosial. Kemampuan empati dibutuhkan agar kalian dapat memahami dan mengerti kebutuhan serta perasaan seseorang atau pelanggan dengan tepat.  

Product Knowledge

Sebagai pemegang peran terdepan dalam menyampaikan informasi kepada customer atau pelanggan, CS harus benar-benar tahu tentang product-product yang akan ditawarkan. Jika customer service tidak memahami produk, maka mereka tidak dapat menjelaskannya dengan baik. Mereka juga akan kesulitan dalam membantu pelanggan yang memiliki masalah.

Time Management yang Baik

Time management atau kemampuan mengelola waktu merupakan skill penting yang harus dimiliki para customer service. Para CS harus bisa membantu memecahkan masalah pelanggan dengan cara dan waktu yang efisien. Kemampuan yang satu ini juga termasuk mengenali kapasitas waktu yang dimiliki, di mana CS memahami saat mereka mampu atau tidak mampu membantu pelanggan. Jika para CS sedang tidak mampu meng-handle pelanggan, maka bisa langsung mengarahkan kepada pihak lain yang dapat membantu. 

Respect


Respect
atau rasa hormat harus menjadi bagian dari customer service. Mungkin dalam bekerja, seringkali menemukan customer-customer yang membuat mood swing. Jika hal tersebut terjadi pada customer service, maka mereka harus dapat menanganinya dengan profesional.

Secara sederhana, pengertian dari respect sendiri juga berkaitan dengan penggunaan tiga kata ajaib, yaitu maaf, tolong, dan terima kasih.

Dari skill-skill di atas, sudah berapa skill yang kamu kuasai? Yuk, gali lagi potensi dan skill-mu melalui Cakap Upskill.

Prospek Kerja Customer Service

 

customer-service
Photo by Yan from Pexels

Berbicara mengenai customer service, maka prospek pekerjaan menjadi daya tarik tersendiri. Kira-kira apa saja ya prospek kerja yang bisa diraih para customer service? Yuk, jelajahi prospek kerja seorang customer service dari entry level hingga executive level! Check it out!

Entry – Mid Level


Pada prospek kerja yang pertama, seorang customer service akan memulai kariernya di entry level sebagai seorang customer service representative. Pada bagian ini, biasanya para CS memiliki tugas sebagai garda terdepan yang berkomunikasi dan merespons konsumen melalui, chat, telepon, dsb.

Di level menengah atau mid level, ada beberapa pilihan karier yang bisa jadi pertimbangan, yaitu sebagai customer service specialist, product expert, atau implementation specialist. 

Managerial


Managerial adalah level karier customer service di mana mereka berperan sebagai pembuat trainning dan goals yang dapat meningkatkan efisiensi operasional.

Profesi-profesi yang termasuk dalam tingkatan managerial ini adalah sebagai customer success manager, customer service manager, dan customer service operations manager. Wah, semakin menarik dan menggiurkan bukan prospek karier seorang customer service?

Executive Level


Executive level
atau bisa dibilang level paling atas dari pencapaian karier sebagai seorang customer service. Semakin tinggi level dari profesi yang digeluti, maka akan semakin banyak pula tanggung jawab yang diemban. Tingkatan executive biasanya bertugas untuk menjalankan visi, misi, dan memiliki tanggung jawab atas strategi customer service,
cara komunikasi, dan experience-nya.

Di level executive ini, profesi yang bisa diraih adalah chief customer officer (CCO) dan director of customer experience.

Setelah mengetahui apa itu customer service, tugas, skill yang harus dimiliki, dan prospek kerjanya, pasti kamu makin tertarik dengan profesi satu ini bukan? Jika kamu merasa tertarik dan memiliki kemampuan sebagai seorang customer service, kamu bisa memulai kariermu dari sekarang! Selamat menentukan.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.