Cara Menjadi Moderator Presentasi yang Benar dan Contoh Teksnya

cara-menjadi-moderator-presentasi

Pernahkah kamu berperan menjadi seorang moderator dalam sebuah presentasi, seminar, atau diskusi lainnya? Moderator presentasi adalah orang yang menjembatani antara pengisi materi dengan audiens. 

Para moderator bertindak sebagai penengah dan menjadi pengarah saat acara atau presentasi berlangsung. Jika dalam waktu dekat kamu akan menjadi seorang moderator, segera persiapkan dirimu dan intip beberapa tips menjadi moderator presentasi yang baik sekaligus contoh teksnya berikut ini!

Apa itu Moderator Presentasi?

Moderator presentasi adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk seseorang yang memandu jalannya presentasi. Sebagai seorang pemandu, tentunya kamu memiliki tanggung jawab besar agar acara bisa berjalan lancar dari awal sampai akhir.

Keberadaan moderator itu cukup penting lho, karena moderator berperan sebagai pembuka jalannya kegiatan sekaligus penghubung antara pembicara dan audiens. Selain itu, seorang moderator presentasi juga harus memahami materi yang disampaikan, ya. Hal ini karena di akhir sesi, moderator akan menutupnya dengan suatu kesimpulan.

Moderator presentasi harus mampu berinteraksi dengan audiens supaya ada komunikasi dua arah, baik dari pembicara maupun audiens. Karena perannya sebagai penghubung antara pembicara dan audiens, moderator presentasi harus memastikan diskusi tetap kondusif dan tenang. 

Yang tak kalah penting lag, seorang moderator presentasi harus memiliki emosi yang stabil selama acara. Jangan sampai, kamu malah bersitegang, baik itu dengan pembicara atau audiens, apalagi sampai menjatuhkan pihak lain, ya.

Apa saja yang harus disampaikan moderator presentasi?

Lalu, apa saja yang harus disampaikan oleh seorang moderator presentasi? Berikut urutannya:

  • Pembukaan
  • Mengucapkan selamat datang kepada audiens
  • Menyampaikan uraian singkat mengenai acara presentasi
  • Memperkenalkan pembicara dan topik presentasi
  • Menjelaskan waktu serta mekanisme dalam sesi tanya jawab
  • Mengundang dan mempersilahkan pembicara menyampaikan materi presentasi
  • Merangkum materi presentasi
  • Mempersilahkan audiens untuk mengajukan pertanyaan
  • Mengucapkan terima kasih kepada pembicara dan audiens
  • Menutup kegiatan presentasi

Tugas Moderator dalam Presentasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, tugas utama moderator presentasi adalah memandu acara agar berjalan dengan lancar dan kondusif dari awal sampai akhir. Sebenarnya, peran moderator tidak jauh berbeda dengan MC, yaitu sama-sama memandu jalannya acara.

Tetapi yang membedakan secara umum adalah tipe acaranya. Biasanya moderator akan berada di acara formal seperti presentasi, seminar, atau meeting. Sementara, MC kebanyakan memandu acara-acara perayaan. Meski moderator harus bersikap interaktif, tetapi MC lebih membutuhkan banyak interaksi dengan audiens.

Baca juga : 6 Tips Presentasi Bahasa Inggris Biar Makin Lancar

Cara Menjadi Moderator Presentasi yang Interaktif

Ingin tahu bagaimana cara menjadi moderator presentasi interaktif? Selain memiliki skill public speaking, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut di antaranya.

1. Tampil dengan Rasa Percaya Diri

Selain pengisi acara atau materi, moderator juga menjadi salah satu sorotan atau pusat perhatian dalam presentasi atau acara lainnya. Sehubungan dengan itu, maka cara menjadi moderator presentasi yang pertama adalah tampil percaya diri. 

Tunjukkanlah kesan pertama yang baik pada audiens. Buat mereka terpukau agar makin semangat dan nggak sabar menyimak materi yang akan dibawakan.

2. Mencari Tahu Latar Pembicara & Mempelajari Materinya

Saat kamu akan bertindak sebagai moderator, jangan sampai kamu maju dengan tangan kosong tanpa mengetahui latar si Pembicara & materi yang akan dia bawakan. 

Cara jadi moderator dalam presentasi yang satu ini harus kamu persiapkan dengan baik. Sehingga, pada saat memimpin jalannya presentasi, kamu bisa berbincang dengan pembicara secara luwes dan responsif.

3. Pelajari Cara Bridging yang Baik

Cara menjadi moderator presentasi selanjutnya adalah mempelajari cara bridging yang baik dan mulus. Sebagai moderator, tentu kamu perlu melakukan bridging dari satu sesi ke sesi lainnya. 

Meskipun terlihat sederhana dan mudah, kamu tidak boleh meremehkan cara bridging dalam sebuah presentasi atau acara lainnya, lho. 

Pastikan kalau kamu sudah menyiapkan susunan kata yang akan menjembatani satu sesi ke sesi selanjutnya. Carilah kata-kata yang memiliki benang merah dari kedua sesi tersebut.

4. Menyimak Materi yang Dibawakan Pembicara saat Presentasi

Meskipun di awal kamu sudah mencari tahu materi yang akan dibawakan pembicara, kamu harus tetap menyimak saat pembicara melakukan presentasi. Mengapa demikian? Karena pada sesi inilah materi secara lengkap dari topik yang dibawakan akan dipaparkan. 

Kamu perlu menyimak lebih lanjut agar nantinya kamu bisa menanggapi dan dapat menyiapkan follow up question. So, cara menjadi moderator presentasi yang satu ini bener-bener nggak boleh di-skip, ya!

5. Menguasai Sesi Tanya Jawab & Menyampaikan Rangkuman Materi

Menguasai sesi tanya jawab adalah cara atau tips penting saat menjadi moderator presentasi kuliah, webinar, dan acara diskusi lainnya. Dalam sesi tanya jawab, kamu dituntut untuk interaktif dan proaktif. Kamu harus membangun suasana yang seru tapi tetap kondusif.

Nah, setelah semua sesi selesai, tugas moderator selanjutnya adalah menyampaikan rangkuman materi dari awal hingga akhir. Maka dari itu, saat kamu menjadi seorang moderator, kamu harus tetap fokus dan tidak melewatkan momen-momen pada setiap sesi.

Struktur Teks Moderator Presentasi

Untuk menjadi moderator presentasi yang baik, akan lebih baik jika kamu memiliki narasi atau teks sebagai pegangan. Mengingat bahwa seorang moderator akan lebih banyak ada di acara formal, maka pastikan kamu membuat narasi yang tepat, ya. Lalu, apa saja yang perlu ada dalam teks moderator presentasi? Berikut penjelasan mengenai strukturnya.

1. Salam dan Pembukaan

Pertama-tama, moderator akan menyampaikan salam sekaligus membuka acara. Contoh kata-kata moderator presentasi yang biasa digunakan dalam bagian ini seperti:

Selamat pagi saudara dan saudari sekalian… 

Sebelum memulai acara kita pada pagi hari ini, mari kita awali dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan YME sehingga kita semua bisa berkumpul dalam aula ini dalam acara (tema presentasi).

2. Penyampaian Materi

Setelah salam, moderator akan menjelaskan inti acara serta garis besar materi presentasi kemudian mempersilahkan pembicara atau narasumber untuk memulai presentasi. Adapun contoh teks moderator presentasi pada bagian ini, yaitu:

Perlu saudara ketahui sebelumnya, acara ini kita selenggarakan atas dasar keprihatinan kita terhadap kondisi… (misal: kesehatan mental remaja). Oleh sebab itu presentasi ini bertujuan untuk… (menjelaskan visi acara)

Untuk melangsungkan inti dari acara hari ini, saya akan mengundang.. (nama pembicara) untuk menuju tempat presentasi yang sudah tersedia guna menyampaikan materinya tentang.. (misal: kesehatan mental remaja). 

Dan sebagai moderator yang bertanggung jawab memandu jalannya acara, saya akan berusaha keras untuk memandu acara ini hingga selesai, sehingga saya meminta ketersediaan saudara-saudari untuk bekerja sama dalam kelancaran acara hari ini.

3. Sesi Tanya Jawab

Pada bagian ini, moderator presentasi akan membuka sesi tanya jawab setelah pembicaraan selesai menyampaikan materinya dan mempersilahkan audiens untuk mengajukan pertanyaan.

Baik, saya ucapkan terima kasih kepada.. (nama pembicara) attas pemaparannya..

Tentu banyak dari saudara dan saudari sekalian yang masih memiliki beberapa pertanyaan atau ingin membuka diskusi mengenai materi yang telah disampaikan. Untuk itu saya membuka sesi tanya jawab.

Dalam sesi tanya jawab, setiap pertanyaan akan diberikan waktu selama.. (misal: 5 menit). Baik apakah ada yang ingin mengajukan pertanyaan?

Setelah audiens mengajukan pertanyaan, moderator presentasi akan mempersilahkan pembicara untuk menjawab atau menampung beberapa pertanyaan terlebih dahulu, sesuai dengan regulasi acara.

4. Penutup

Pada bagian penutup, moderator presentasi akan menyampaikan terima kasih kepada pembicara sekaligus audiens, serta menyampaikan rangkuman dari acara hari ini. Berikut contoh teks moderator presentasi untuk menutup acara:

Baiklah kini kita sudah berada di penghujung acara..

Saya ucapkan terima kasih kepada.. (nama pembicara dan hadirin yang sudah menempatkan waktunya berbagi pikiran pada hari ini.

Melalui diskusi kita hari ini, banyak pengalaman dan wawasan baru yang kita dapatkan

seperti.. (menjelaskan inti materi dan harapan terhadap isu yang dibahas)

Mari kita tutup acara hari ini dengan mengucapkan syukur sekali lagi dan tepuk tangan untuk kita semua. Terima kasih, sampai bertemu lagi!

Itu dia cara-cara menjadi moderator presentasi yang baik dan interaktif sekaligus contoh teksnya yang bisa jadi referensi kamu. Jangan lupa catat cara-cara di atas ya, biar kalau kamu mau jadi moderator, kamu tinggal praktekin sendiri!

Tapi, rasanya kurang kalau kamu belum menguasai cara presentasi, terutama dalam bahasa Inggris dan hanya bergantung pada teks. Untuk itu, yuk ikuti Kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Presentasi di Cakap Upskill! Sudah siap menjadi menjadi moderator presentasi profesional?

Referensi

  • academics.umw.edu
  • slideshare
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap