5 Cara Menjadi Moderator Presentasi yang Baik & Interaktif

cara-menjadi-moderator-presentasi

Pernahkah kamu berperan menjadi seorang moderator dalam sebuah presentasi, seminar, atau diskusi lainnya? Moderator sendiri adalah orang yang menjembatani antara pengisi materi dengan audiens. Para moderator bertindak sebagai penengah dan menjadi pengarah saat acara atau presentasi berlangsung. Jika dalam waktu dekat kamu akan menjadi seorang moderator, segera persiapkan dirimu dan intip cara menjadi moderator presentasi yang baik dan interaktif berikut ini!

Tampil dengan Rasa Percaya Diri

 

cara-jadi-moderator-dalam-presentasi
Photo from Pexels

Selain pengisi acara atau materi, moderator juga menjadi salah satu sorotan atau pusat perhatian dalam presentasi atau acara lainnya. Sehubungan dengan itu, maka cara menjadi moderator presentasi yang pertama adalah tampil percaya diri. Tunjukkanlah kesan pertama yang baik pada audiens. Buat mereka terpukau agar makin semangat dan nggak sabar menyimak materi yang akan dibawakan.

Mencari Tahu Latar Pembicara & Mempelajari Materinya

cara-menjadi-moderator
Photo by Henri from Pexels

Saat kamu akan bertindak sebagai moderator, jangan sampai kamu maju dengan tangan kosong tanpa mengetahui latar si Pembicara & materi yang akan dia bawakan. Cara jadi moderator dalam presentasi yang satu ini harus kamu persiapkan dengan baik. Sehingga, pada saat memimpin jalannya presentasi, kamu bisa berbincang dengan pembicara secara luwes dan responsif.

Pelajari Cara Bridging yang Baik

 

cara-jadi-moderator-presentasi
Photo by Fauxels from Pexels

Cara menjadi moderator presentasi selanjutnya adalah mempelajari cara bridging yang baik dan mulus. Sebagai moderator, tentu kamu perlu melakukan bridging dari satu sesi ke sesi lainnya. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, kamu tidak boleh meremehkan cara bridging dalam sebuah presentasi atau acara lainnya, lho. Pastikan kalau kamu sudah menyiapkan susunan kata yang akan menjembatani satu sesi ke sesi selanjutnya. Carilah kata-kata yang memiliki benang merah dari kedua sesi tersebut.

Menyimak Materi yang Dibawakan Pembicara saat Presentasi

cara-menjadi-moderator-presentasi-kuliah
Photo by Pavel from Pexels

Meskipun di awal kamu sudah mencari tahu materi yang akan dibawakan pembicara, kamu harus tetap menyimak saat pembicara melakukan presentasi. Mengapa demikian? Karena pada sesi inilah materi secara lengkap dari topik yang dibawakan akan dipaparkan. Kamu perlu menyimak lebih lanjut agar nantinya kamu bisa menanggapi dan dapat menyiapkan follow up question. So, cara menjadi moderator presentasi yang satu ini bener-bener nggak boleh di-skip, ya!

Menguasai Sesi Tanya Jawab & Menyampaikan Rangkuman Materi

moderator-presentasi
Photo by Pavel from Pexels

Menguasai sesi tanya jawab adalah cara atau tips penting saat menjadi moderator presentasi kuliah, webinar, dan acara diskusi lainnya. Dalam sesi tanya jawab, kamu dituntut untuk interaktif dan proaktif. Kamu harus membangun suasana yang seru tapi tetap kondusif.

Nah, setelah semua sesi selesai, tugas moderator selanjutnya adalah menyampaikan rangkuman materi dari awal hingga akhir. Maka dari itu, saat kamu menjadi seorang moderator, kamu harus tetap fokus dan tidak melewatkan momen-momen pada setiap sesi. 

Itu dia cara-cara menjadi moderator presentasi yang baik dan interaktif. Jangan lupa catat cara-cara di atas ya, biar kalau kamu mau jadi moderator, kamu tinggal praktekin sendiri!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.