Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate Lengkap dengan Contohnya

cv-untuk-fresh-graduate

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen paling dasar yang akan selalu dibutuhkan saat akan melamar pekerjaan. Jika kamu baru lulus kuliah atau SMA/SMK dan berniat untuk mencari pekerjaan, maka kamu perlu mempersiapkan CV terlebih dahulu. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui dasar-dasar dalam membuat CV dan contoh CV yang cocok untuk fresh graduate.

Umumnya, dalam membuat CV ada beberapa hal yang harus dicantumkan. Beberapa yang paling basic adalah pengalaman dan riwayat pendidikan. Nah, langsung aja yuk cari tahu tips membuat cv untuk fresh graduate berikut!

Tips-tips Membuat CV yang Menarik untuk Fresh Graduate

 

cv-fresh-graduate
Photo by Anna from Pexels

Ada beberapa tips membuat CV untuk fresh graduate nih, Sobat Cakap. Tips-tips di bawah ini jangan sampai ada yang terlewat, ya! Karena semua tips adalah hal dasar yang harus kamu terapkan di CV kamu. Maka dari itu, kamu bisa mencantumkan dan mengaplikasikan tips-tips berikut pada CV-mu nanti!

Cantumkan Introduction yang Menarik


Introduction
adalah bagian awal dari CV yang bisa berperan untuk memberi kesan. Banyak orang yang sedikit abai pada bagian introduction. Padahal, salah satu tips utama membuat CV untuk fresh graduate adalah introduction yang menarik. 

Tuliskan kata-kata pada bagian introduction yang menggambarkan bahwa kamu adalah pribadi yang kompeten dan percaya diri. Meskipun baru lulus, tapi berilah kesan bahwa kamu dapat diandalkan dan bisa bekerja dengan optimal. Di bagian bawah atau samping introduction, kamu juga bisa mencantumkan kolom yang berisi alamat rumah, email, maupun nomor telepon. Kamu perlu mencantumkan alamat dan nomor yang bisa dihubungi agar jika CV kamu lolos, HR bisa dengan mudah menghubungimu. 

Riwayat Pendidikan


Riwayat pendidikan merupakan bagian yang penting. Karena hal tersebut menjadi acuan di bidang akademikmu. Pastikan kamu mengisi format riwayat pendidikanmu dengan benar di CV fresh graduate-mu. Kamu tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari TK-akhir. Cukup cantumkan saja riwayat pendidikan terakhir, seperti nama kampus, fakultas, jurusan, dan IPK-mu. Atau jika kamu pernah bersekolah di sekolah menengah atas internasional dan populer, kamu bisa mencantumkannya juga di CV-mu.

Tuliskan Pencapaian atau Prestasimu


Tips membuat CV untuk fresh graduate selanjutnya adalah mengisi bagian pencapaian dan prestasi. Kamu bisa mencantumkan pencapaian atau prestasi yang kamu dapatkan selama sekolah atau kuliah. 

Sebagai contoh, jika kamu mendapatkan beasiswa, maka kamu bisa menuliskannya di bagian ini. Kamu juga bisa menulis penghargaan-penghargaan yang kamu miliki, seperti penghargaan cumlaude, double degree, kejuaraan daerah & nasional, atau bisa juga menuliskan pencapaian sebagai student exchange. 

Bagikan Pengalamanmu


Meskipun kamu fresh graduate dan belum punya begitu banyak pengalaman bekerja, jangan khawatir. Di bagian ini, kamu bisa mengisinya dengan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti. Atau kamu juga bisa menambahkan pengalaman praktikum, KKN yang menarik, dan pengalaman magangmu.

Jika kamu menjadi anggota suatu komunitas, kamu juga bisa menuliskannya pada kolom pengalaman di CV fresh graduate-mu.

Tambahkan Kolom Skill yang Dimiliki


Lanjut pada tips membuat CV untuk fresh graduate selanjutnya, yaitu “skill”. Jangan lupa untuk mencantumkan skill-mu yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Jika kamu ingin mengajukan lamaran sebagai Engineer, maka cantumkan skill-skill yang kamu miliki di bidang itu.

Nah, jika kamu ingin melamar di bagian Copywriter, kamu bisa mencantumkan skill menulis dan skill tata bahasa yang kamu kuasai.

Tetap Jujur tentang Apa yang Kamu Tulis


Apa yang kamu tulis dalam CV-mu adalah tentang dirimu yang sebenarnya. Kejujuran adalah langkah awal yang baik bagi kariermu. Kamu tidak perlu menambahkan apa yang tidak diperlukan.

Perlu diketahui bahwa rekruter juga pasti akan tahu mana kandidat yang jujur dan mana yang tidak.

Buatlah CV yang ATS Friendly


Nah, tips membuat CV untuk fresh graduate ini paling penting! Banyak para fresh graduate yang asal membuat CV tanpa memperhatikan apakah CV yang mereka buat sudah ATS friendly atau belum. Padahal biasanya di website-website pencarian kerja diperlukan CV yang ATS friendly. Sehingga, CV kamu bisa lolos screening dan bisa mendapatkan kesempatan untuk ikut wawancara.

Lalu, jika kamu melamar pekerjaan melalui email pribadi HR atau email perusahaan, pastikan kamu menuliskan body email lamaran kerja dengan baik, ya!

Contoh CV untuk Fresh Graduate 1

 

contoh-cv-fresh-graduate
Photo by Sora from Pexels

Setelah mengetahui tips membuat CV untuk fresh graduate, saatnya eksekusi langsung yuk gimana contoh CV fresh graduate yang tepat.

Contoh CV untuk fresh graduate yang pertama ini cukup sederhana. Kamu bisa membuatnya melalui Word dengan mudah. Untuk template dan urutannya bisa kamu sesuaikan masing-masing, ya Sobat Cakap. 


                                                   

                                                     Foto


                                           ALEA BUNGA SORE

      Bandung, Jawa Barat | +6287705536747 | bungalea12@gmail.com                     www.linkedin.com/in/bunga-alea-sore-6926722a0 


Tentang Bunga

Saya Alea Bunga Sore, Fresh Graduate Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia. Saya sangat tertarik dalam bidang komunikasi dan kemanusiaan. Bagi saya, berkomunikasi, membaca, menulis, belajar, bekerja, bertualang, dan berbagi adalah caraku untuk menikmati dan menempuh kebahagiaan hidup. Tidak peduli seberapa muda dan seberapa tua, karena usia hanyalah angka, bagiku hidup harus bahagia dan bermanfaat


Skill

  • Communication
  • Public speaking
  • Linguistik
  • Jurnalis

Pendidikan 
Universitas Indonesia (2018-2022)
Ilmu Komunikasi
IPK: 3.9/4.00

Pengalaman Kerja dan Organisasi

  1. PT. Langit Fantasi (Tim Redaksi)  
  • Membuat perencanaan kerja tim  
  • Membuat dan menulis naskah pers 
  • Membuat laporan redaksi
  1. Bendahara BEM Fakultas
  • Mencatat pemasukan dan pengeluaran
  • Membuat laporan keuangan
  • Membuat buku keuangan tahunan
  • Mengalokasikan DAP

Prestasi dan Pencapaian

  • Mendapatkan beasiswa Dikti (2019 -2022)
  • Terpilih mengikuti student exchange di Jerman
  • Juara satu lomba public speaking nasional
  • Kandidat Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia
  • Menjadi anggota Mawapres UI 2020
    – Mengikuti tahap pemilihan anggota  
    – Mengikuti acara seminar keanggotaan.
    – Membuat penelitian dan artikel tentang komunikasi sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan kampus

Individual

  • Creative
  • Komunikatif
  • Inisiatif
  • Aktif
  • Cheerful

Siapkan Dirimu Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Contoh CV untuk Fresh Graduate 2 


Nah, untuk contoh CV fresh graduate yang kedua ini dibuat dengan versi yang sedikit creative. Kamu bisa membuatnya melalui aplikasi, seperti Canva. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memilih design di Canva atau aplikasi lainnya yang menurutmu cocok. Setelah itu, kamu bisa mengedit format design tersebut dengan mengisinya sesuai data diri kamu.

Kamu juga bisa memilih warna dan jenis tulisan yang kamu inginkan. Nah, di bawah ini adalah salah satu contoh CV untuk fresh graduate yang dibuat dan diambil dari Canva.

cv-fresh-fraduate
Template CV by Canva

Nah, sekarang kamu sudah belajar banyak tentang CV untuk fresh graduate. Dari mulai tips-tips membuatnya hingga contohnya sudah kamu pahami dengan baik. So, kamu bisa mulai membuat CV versimu sendiri. Seperti apa pun CV yang kamu buat, pastikan CV-mu termasuk ATS friendly, ya!

Ingin mengasah dan menambah skill? Di Cakap Upskill kamu bisa belajar banyak skill-skill baru. Ada banyak tema menarik yang selalu hadir di setiap minggunya. Buat kamu yang penasaran, yuk coba cek jadwal kelas Upskill terdekat!

Baca Juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.