Cara Membuat CV ATS Friendly yang Mudah dan Benar Terbaru

cv-ats-friendly

CV ATS friendly adalah CV atau Curriculum Vitae yang bisa terbaca pada sistem ATS (Applicant Tracking System), yaitu sebuah software yang digunakan oleh HR/HRD untuk membantu proses screening CV para pelamar.

CV ATS friendly penting untuk disiapkan dan bahkan sudah sering dijadikan sebagai persyaratan untuk para pelamar kerja agar berpeluang besar lolos screening software ATS. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang pentingnya dan bagaimana cara membuat CV ATS friendly berikut ini.

Apa itu CV ATS Friendly?

CV ATS friendly adalah CV yang dibuat dengan mengikuti format sesuai standar ATS, sehingga lebih mudah dibaca oleh aplikasi ATS. Namun, sudahkah Sobat Cakap mengetahui apa itu ATS?

ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System yang merupakan sistem atau perangkat lunak yang dapat membantu perekrut dalam proses lamaran, yaitu melakukan proses screening CV. Dalam hal ini, ATS akan mencatat, memilah, merekap, hingga memberikan nilai terhadap setiap CV pelamar kerja.

Semakin tinggi skor yang ditunjukkan oleh ATS, maka HRD perusahaan akan melihat CV tersebut sebagai CV yang direkomendasikan. Sebaliknya, jika skornya rendah, maka CV itu secara otomatis akan ditolak oleh sistem.

Pentingnya Menggunakan CV ATS Friendly

Salah satu pentingnya membuat CV ATS adalah membuat format CV-mu lebih sesuai dan dapat dibaca oleh ATS. Sehingga, peluangmu untuk melaju ke tahap interview terbuka lebar. Dan jangan salah, CV dengan format ATS friendly juga terkesan lebih profesional lho, karena tidak sulit dibaca dan mudah dipahami.

Tidak hanya itu, perlu diketahui bahwa banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan ATS, jadi kemungkinan besar beberapa perusahaan yang kamu lamar juga menggunakan software ATS untuk screening CV-mu. Saat kamu sudah memiliki CV yang ATS friendly, berarti kamu sudah selangkah lebih maju dari mereka yang belum menggunakannya.

Ciri-Ciri CV ATS Friendly

Sobat Cakap perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri CV ATS friendly yang diterima oleh sistem agar bisa membuat CV yang berpotensi lolos seleksi. Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-cirinya.

1. Desainnya Sederhana

Desain CV ATS friendly cenderung lebih sederhana, yaitu dominan berwarna hitam dan putih. Bahkan, penggunaan font-nya juga dibatasi, biasanya satu jenis huruf saja. Sebaliknya, CV yang tidak ATS friendly terlihat lebih berwarna dan bervariasi.

2. Pemilihan Font

Pemilihan huruf di CV yang ATS friendly biasanya menggunakan font standar, seperti Times New Roman atau Calibri.

3. Struktur Jelas dan Teratur

Hal yang terpenting dalam CV ATS adalah strukturnya yang jelas dan teratur. Mulai dari biografi, pengalaman, pendidikan, hingga kemampuan.

Belajar Berbagai Skill Baru bareng Expert di Upskill Sekarang

Cara Membuat CV ATS Friendly

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuatnya.

1. Cari Contoh CV dengan Template ATS Friendly

Ini adalah hal pertama yang tidak boleh dilewatkan. Saat kamu akan mengubah format CV biasa atau CV kreatif dengan CV ATS friendly, maka kamu juga harus memiliki template CV yang tepat untuk menghindari kesalahan format.

Kamu bisa mencari template CV ATS friendly di berbagai aplikasi, salah satunya adalah Canva. Jika ingin lebih praktis, kamu dapat memanfaatkan website membuat CV ATS friendly, seperti Novoresume, ResumeGenius, atau Indeed.

2. Pasang Keyword yang Tepat di CV-mu

Memasang keyword pada format CV ATS friendly akan membantu perekrut menemukan kesesuaian skill-mu dengan posisi yang dibutuhkan. Jadi, misalnya kamu akan memasukkan lamaran sebagai Supervisor Digital Marketing, maka kamu harus mencari keyword yang berhubungan erat dengan pekerjaan tersebut. 

3. Perhatikan Penulisan dan Informasi dalam CV

CV harus dapat dipercaya, sehingga dalam proses membuatnya harus sangat diperhatikan keakuratan data dan informasi.  CV merupakan first impression tentang skill, pengalaman kerja, dan pendidikan yang dimiliki pelamar.

So, dalam membuat CV ATS friendly kamu harus memperhatikan detail penulisannya. Dan pastikan juga bahwa keahlian yang kamu miliki memang apa yang dicari oleh perekrut.

4. Perhatikan Format File

Biasanya kamu simpan dan membagikan CV dengan format Docs atau PDF? Sebenarnya, keduanya sah-sah saja digunakan. Namun, ATS lebih condong membaca CV dengan format Docs. Terlepas dari itu, format CV yang dikirim juga biasanya menyesuaikan ketentuan dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

5. Gunakan Simbol Poin atau Angka

Tampilan CV ATS harus rapi, sistematis, dan sederhana agar lebih mudah dibaca dalam sistem. Untuk menyebutkan list, sebaiknya kamu menggunakan simbol poin (bullet) atau angka agar mudah terbaca oleh sistem.

Website Membuat CV ATS Friendly Gratis

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kini sudah banyak tersedia website membuat CV ATS Friendly gratis yang tersebar di internet. Beberapa rekomendasi yang akan kami berikan untuk kamu diantaranya : 

  1. Simplyhired.com
  2. Novoresume
  3. Canva
  4. Kickresume
  5. Indeed
  6. Resume.io
  7. CV Maker
  8. Zety
  9. Standard Resume
  10. Coolfree CV

Kamu bisa mencari nama website tersebut melalui Google dan mengunjungi masing-masing situs, ya. 

Hindari Hal Ini Saat Membuat CV ATS Friendly

Terlihat sederhana dan sepele, tetapi beberapa hal berikut harus dihindari saat membuat CV ATS friendly.

1. Melamar Banyak Posisi dalam Satu perusahaan

Siapa nih yang kebiasaan melamar double position dalam satu perusahaan? Kayaknya harus dipertimbangkan ulang deh mulai sekarang. Karena, ATS mampu merekam dan merangkum data pelamar. Jadi kalau kamu melamar lebih dari satu posisi, nantinya HR akan melihat dan menilai kalau kamu asal memasukan lamaran, tanpa adanya minat yang kuat terhadap suatu posisi atau jabatan. 

2. Desain CV Terlalu Rumit dan Mencolok

Saat membuat CV ATS friendly, usahakan kamu menggunakan desain yang sederhana dan tidak terlalu mencolok. Karena software ATS sendiri lebih mudah menemukan dan membaca desain CV yang polos. So, cukup buat CV yang teratur dan tertata saja ya, Sobat Cakap.

3. Salah Menggunakan Font

Hal sesederhana memilih font juga perlu diperhatikan nih, Sobat Cakap. Beberapa font yang direkomendasikan untuk menulis di CV ATS friendly adalah Calibri, Arial, Helvetica, Verdana, dan Georgia.

Yakin sudah benar dalam melamar kerja? Yuk ikut kelas persiapan
bersama tim rekruter profesional di Upskill

Kelebihan CV ATS Friendly bagi Perusahaan

Perlu diketahui bahwa CV ATS tidak hanya menguntungkan pelamar, tetapi juga dapat membantu perusahaan lebih mudah dalam merekrut karyawan berkualitas. Beberapa kelebihan CV ATS bagi perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Proses Seleksi

Hadirnya sistem ATS dapat memudahkan proses seleksi karena perusahaan tidak lagi harus menyeleksi secara manual. Kini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan sistem ini.

2. Menekan Biaya Seleksi

Kebutuhan biaya selama proses seleksi bisa jauh lebih hemat karena sistem ATS telah mencakup all-in-one. Dengan adanya sistem ATS, perusahaan bisa mendapatkan kandidat berkualitas lebih cepat dan efisien.

Contoh CV ATS Friendly

Beberapa teori di atas, membantu menambah pengetahuanmu tentang CV ATS friendly. Lalu, contoh CV ATS friendly berikut akan melengkapi pemahamnmu. Perhatikan contohnya dengan detail, ya!

Contoh CV ATS Friendly Bahasa Indonesia

Berikut adalah contoh CV ATS yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar:

cv ats friendly bahasa indonesia

Contoh CV ATS Friendly Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh CV ATS menggunakan bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi:

contoh cv social media marketing dalam bahasa inggris

Contoh CV ATS Friendly Fresh Graduate

JIka kamu fresh graduate tanpa pengalaman, contoh CV berikut bisa menjadi referensi kamu:

contoh cv ats friendly fresh graduate

Lihat panduan : Tips Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja dan Contohnya

Contoh CV ATS Friendly untuk Marketing

Berikut adalah contoh CV kategori ATS friendly buat kamu yang bergelut di dunia marketing atau social media.

cv marketing ats friendly

Contoh CV ATS Friendly untuk Software Engineering

CV ATS friendly ini bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang bekerja atau akan melamar di posisi Software Engineer.

cv ats friendly software engineer

Sebenarnya membuat CV ATS friendly tidaklah sulit. Bahkan, kamu tidak perlu membuatnya secara manual karena sudah banyak template CV yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa membuat CV dengan mudah, praktis, dan cepat.

Namun, pastikan CV milikmu menarik agar mendapat perhatian dari HR. Salah satu caranya dengan mengikuti kursus online bersertifikat untuk untuk membuat CV yang keren di Cakap Upskill.

Yuk, cek kelasnya sekarang dan daftarkan dirimu karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.