CV ATS Friendly Punya Banyak Keunggulan? Ini Cara Buatnya!

cv-ats-friendly

Bicara soal CV atau Curriculum Vitae, pasti nggak lepas juga kaitannya dengan satu dari beberapa kategori CV, yaitu CV ATS friendly.  CV ATS adalah CV yang bisa terbaca pada sistem ATS. ATS sendiri adalah singkatan dari Applicant Tracking System, sebuah software yang digunakan oleh HR/HRD untuk membantu proses screening CV para pelamar.

So, CV ATS friendly adalah sebuah CV yang disiapkan atau dibuat khusus agar dapat berpeluang besar lolos screening software Applicant Tracking System. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang pentingnya CV ATS friendly dan bagaimana cara membuat CV ATS friendly itu sendiri!

Pentingnya Menggunakan CV ATS Friendly

cv-ats-friendly-adalah
Photo from Pexels

Apa sih pentingnya beralih dari CV biasa ke CV yang ATS friendly? Salah satu hal yang tepat menjawab pertanyaan tersebut adalah membuat format CV-mu lebih sesuai dan dapat dibaca oleh ATS. Sehingga, peluangmu untuk melaju ke tahap interview terbuka lebar. Dan jangan salah, CV dengan format ATS friendly juga terkesan lebih profesional lho, karena tidak sulit dibaca dan mudah dipahami.

Tidak hanya itu, perlu diketahui bahwa banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan ATS, jadi kemungkinan besar beberapa perusahaan yang kamu lamar juga menggunakan software ATS untuk screening CV-mu. Saat kamu sudah memiliki CV yang ATS friendly, berarti kamu sudah selangkah lebih maju dari mereka yang belum menggunakannya.

Langkah-Langkah Membuat CV ATS Friendly

cara-membuat-cv-ats-friendly
Photo from Pexels

Buat kamu yang belum tahu gimana cara membuat CV yang ATS friendly, berikut sudah disiapkan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam membuat CV ATS friendly.

Cari Contoh CV dengan Template ATS Friendly

Ini adalah hal pertama yang nggak boleh di-skip. Saat kamu akan mengubah format CV biasa atau CV kreatif dengan CV ATS friendly, maka kamu juga harus memiliki template CV yang tepat. Karena, menggunakan format CV ATS friendly dapat menghindari kesalahan formatting. Kamu bisa mencari template CV ATS friendly di berbagai aplikasi, salah satunya adalah Canva.

Pasang Keyword yang Tepat di CV-mu

Apa maksudnya ya keyword yang tepat? Sebelum membuat CV ATS friendly, pastikan kamu memiliki keyword yang cocok dengan posisi yang hendak kamu lamar.

Memasang keyword pada format CV ATS friendly akan membantu perekrut menemukan kesesuaian skill-mu dengan posisi yang dibutuhkan. Jadi, misalnya kamu akan memasukkan lamaran sebagai Supervisor Digital Marketing, maka kamu harus mencari keyword yang berhubungan erat dengan pekerjaan tersebut. 

Perhatikan Penulisan dan Informasi dalam CV

CV harus dapat dipercaya, sehingga dalam proses membuatnya harus sangat diperhatikan kevalidan data dan informasi.  CV merupakan first impression tentang siapa pemiliknya, penting bagi para perekrut untuk mengetahui skill, pengalaman kerja, dan pendidikan yang dimiliki pelamar.

So, dalam membuat CV ATS friendly kamu harus memperhatikan detail penulisannya. Dan pastikan juga bahwa keahlian yang kamu miliki memang apa yang dicari oleh perekrut.

Perhatikan Format File

Biasanya kamu simpan dan membagikan CV dengan format Docs atau PDF? Sebenarnya, keduanya sah-sah saja digunakan. Namun, ATS lebih condong membaca CV dengan format Docs. Terlepas dari itu, format CV yang dikirim juga biasanya menyesuaikan request dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Hindari Hal Ini Saat Membuat CV ATS Friendly

cv-kateogir-ats-friendly
Photo from Pexels

Terlihat sederhana dan sepele, tetapi beberapa hal berikut harus dihindari saat membuat CV ATS friendly? Apa saja ya kira-kira?

Melamar Banyak Posisi dalam Satu perusahaan

Siapa nih yang kebiasaan melamar double position dalam satu perusahaan? Kayaknya harus dipertimbangkan ulang deh mulai sekarang. Karena, ATS mampu merekam dan merangkum data pelamar. Jadi kalau kamu melamar lebih dari satu posisi, nantinya HR akan melihat dan menilai kalau kamu asal memasukan lamaran, tanpa adanya minat yang kuat terhadap suatu posisi atau jabatan. 

Desain CV Terlalu Rumit dan Mencolok

Saat membuat CV ATS friendly, usahakan kamu menggunakan desain yang sederhana dan tidak terlalu mencolok. Karena software ATS sendiri lebih mudah menemukan dan membaca desain CV yang polos. So, cukup buat CV yang teratur dan tertata saja ya, Sobat Cakap.

Salah Menggunakan Font

Hal sesederhana memilih font juga perlu diperhatikan nih, Sobat Cakap. Beberapa font yang direkomendasikan untuk menulis di CV ATS friendly adalah Calibri, Arial, Helvetica, Verdana, dan Georgia.

Contoh CV ATS Friendly

Beberapa teori di atas, membantu menambah pengetahuanmu tentang CV ATS friendly. Lalu, contoh CV ATS friendly berikut akan melengkapi pemahamnmu. Perhatikan contohnya dengan detail, ya!

Contoh CV ATS Friendly untuk Marketing

contoh-cv-ats-friendly
Template from Canva

Berikut adalah contoh CV kategori ATS friendly buat kamu yang bergelut di dunia marketing atau social media.

Contoh CV ATS Friendly untuk Software Engineer

contoh-cv-ats
Template from Canva

CV ATS friendly ini bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang bekerja atau akan melamar di posisi Software Engineer.

Setelah membaca artikel di atas, kamu udah tahu dong gimana cara membuat CV-mu jadi CV yang ATS friendly? Sekarang saatnya cek dan susun ulang CV-mu agar dapat lolos seleksi pada lamaran pekerjaan berikutnya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.