9 Kerja Sampingan Online yang Bisa Kamu Coba untuk Menambah Penghasilan

kerja-sampingan-online

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menambah sumber penghasilan. Di era yang serba canggih ini, peluang menambah pundi-pundi uang kian terbuka lebar. Bahkan, kamu bisa melakukannya lewat kerja sampingan online. Yap, online! Kamu bisa bekerja dari jarak jauh, tanpa harus datang ke kantor. Sangat menyenangkan, bukan?

Kalau kamu penasaran dan pengin coba kerja sampingan secara online, berikut beberapa list pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai keahlianmu. Kira-kira pekerjaan apa ya yang paling cocok untukmu? Langsung simak artikel berikut, yuk!

Rekomendasi Kerja Sampingan Online di Bidang Kreatif dan Marketing

Photo from Pexels

Industri kreatif akhir-akhir ini sedang naik daun. Banyak orang berlomba-lomba untuk terlibat sebagai pekerja di industri kreatif. Apakah kamu salah satunya? Mari lihat pekerjaan sampingan online di bidang kreatif apa yang bisa kamu coba!

Desain Grafis

Kamu suka bikin desain dan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membuatnya? Kalau iya, pekerjaan sampingan online ini bisa menjadi peruntunganmu. Biasanya, desain-desain yang dibuat oleh graphic designer adalah membuat konsep visual, seperti ilustrasi, tipografi, grafis motion, dll.

Content Creator

Siapa nih yang suka ngonten di mana-mana? Jaman sekarang, hidup tanpa ngonten kayaknya kurang sedap, ya. So, buat kamu yang anaknya “konten banget” dan memiliki banyak ide kreatif, kamu wajib banget nih cobain pekerjaan sampingan yang satu ini. Kamu bisa menuangkan ide konten orisinil yang kamu punya melalui berbagai platform media sosial. 

Penulis Lepas (Content Writer)

Menulis sejatinya merupakan hal dasar yang bisa dilakukan oleh setiap orang yang mau belajar. Jika kamu salah satu orang yang mencintai dunia baca tulis, salah satu kerja sampingan online yang bisa dicoba adalah menjadi penulis lepas. Kamu dapat menuangkan ide yang ada di dalam kepalamu dalam bentuk tulisan.

Influencer Media Social

Media sosial kini tidak hanya digunakan untuk menjalin hubungan dalam ranah online, tapi juga untuk unjuk bakat dan mengeksplorasi lebih dalam skill-skill yang dimiliki. Menjadi influencer di media sosial tidak hanya terpaku dengan jago bernyanyi atau berakting saja, lho. Kamu bisa menunjukkan bakat fashion, memasak, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari produk yang ingin membuat iklan di laman sosial mediamu.

Fotografer

Hobi jepret foto sana-sini dan mengabadikan momen lewat bidikan kamera? Jika hasil tangkapan gambarmu bagus dan unik, jangan segan-segan untuk dipublikasikan. Kamu bisa menjual foto-fotomu lewat situs online, seperti Shutterstock, Istockphoto, dan lainnya. Jadi, selain menjalankan hobi, kerja sampingan online ini juga bisa menjadi ladang untuk menambah penghasilan. 

Jasa Pembuat Website

Pekerjaan sampingan online ini bisa dicoba lulusan IT atau orang-orang yang ahli di bidangnya. Seperti kita tahu, bahwa beberapa tahun belakang ini banyak perusahaan yang membutuhkan situs website resmi sebagai tempat untuk menjual produk. So, yuk coba ambil andil dalam pekerjaan sampingan online ini!

Kerja Sampingan Online yang Cocok untuk Pendidik

Photo from Pexels

Para pendidik, guru, atau dosen juga bisa lho melakukan kerja sampingan online. Ada beberapa pekerjaan sampingan yang cocok banget dengan profesi mereka. Yuk, check it out!

Penerjemah

Untuk para pendidik yang merupakan pengajar bahasa asing atau fasih berbahasa asing, kerja sampingan online sebagai penerjemah menjadi kesempatan yang bisa diambil.

Pasalnya, ada banyak sekali orang atau instansi yang mencari jasa penerjemah bahasa asing terpercaya. Biasanya, bentuk terjemahan bervariasi, mulai dari artikel novel, website, atau bahkan berkas legal.

Tutor atau Guru Online

Di samping menjadi full-time di lembaga pendidikan formal, para pendidik atau guru bisa membuka peluang mendapatkan penghasilan dengan menjadi tutor online. Selain mendapatkan penghasilan, menjadi tutor online juga bisa menambah pengalaman karena bertemu dengan murid-murid baru.

Agar skill mengajar online semakin terasah dan mumpuni, para guru bisa mengambil program-program pelatihan. Salah satu program yang bisa diikuti oleh para guru dan masyarakat umum lainnya adalah Cakap Teacher Academy. Program tersebut dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan skill mengajar di era digital.

Editor atau Kontributor Artikel

Kerja sampingan online lainnya yang bisa dicoba oleh para guru atau pendidik adalah editor atau kontributor artikel/jurnal tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Sebagai seorang pendidik, tentunya memiliki ilmu dan wawasan yang cukup dalam, dapat dibagikan dalam wujud artikel. Jadi, selain berbagi ilmu, juga tentunya dapat menambah jumlah tabungan.

Wah, ternyata banyak juga ya kerja sampingan online yang bisa dicoba. Nah, untuk kamu yang ingin membuka peluang lewat pekerjaan sampingan, kamu bisa menambah skill-mu di berbagai bidang lewat kelas Prakerja Cakap. Yuk, cek sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.